Bumper Kobra Musik Multimedia

By August 07, 2016 , ,


Gue diberikan pekerjaan untuk membuat bumper opening yang akan digunakan untuk video promo dari Kobra Musik Multimedia ini. 

Salah satu tingkat kesulitan dari pengerjaan bumper ini adalah, kita harus bisa menyajikan visual dengan waktu yang minimal 10 detik kepada Audiens dan mudah dipahami. Sebuah  Perusahaan yang bergerak dibidang musik ini memberikan materi briefnya ke gue. 

Gue dikasih waktu untuk mempelajari briefnya itu sekitar 7 hari. Lalu gue mulai deh mencari refrensi dan mencoba membuat sebuah materi yang akan gue berikan kepada mereka. 

Lalu setelah dia suka dengan apa yang gue present (bukan dalam bentuk video dulu tentunya), akhirnya baru gue buat secara visualnya.

Hasilnya bisa dilihat diatas, dimana gue buat untuk visual seperti itu. Pengerjaan menggunakan software adobe after effect dan adobe Priemer, waktu pengerjaan kurang lebih 14 hari kerja.

Bumper ini memang semakin digemari untuk saat sekarang ini. Karena kita bisa lihat, trend materi visual sekarang ini tidak lagi berupa still image, melainkan sudah masuk keranah motion image. Dimana video dianggap merupakan konten yang sedang menarik, dan didepan video pasti akan diberikan bumper agar bisa mempublikasi logo, nama, ataupun apa saja yang ingin Anda sampaikan kepada Audiens Anda.

Kalau kisaran harga jasa untuk pembuatan bumper ini sendiri memang cukup relatif. Tergantung Anda memesannya dengan siapa, menggunakan jasa animator yang bagaimana. Hitungan detik sangat mempengaruhi dari nilai harga pembuatan bumper itu sendiri. Minimalnya waktunya diatas udah gue sebutkan, dimana 10 detik adalah waktu yang sangat minimal sekali.

Akan tetapi yang harus kita fikirkan untuk bumper ini sendiri, jangan terlalu panjang untuk merencanakan durasinya, karena akan membuat orang bosan melihatnya. Simple, tegas dan jelas apa yang akan disampaikan biasanya sih menjadi clue gue kepada orang yang ingin membuat sebuah bumper untuk kegiatan promosi mereka pada media Youtube atau media lainnya.

Jadi jika Anda memang ingin merencanakan untuk membuat bumper, maka hitunglah waktu yang efektif untuk memunculkan bumper tersebut didepan video Anda (Bumper Opening). Dan rencanakan apa yang memang ingin Anda sajikan kepada Audiens Anda, pastikan pesan visual yang Anda kirim dapat sampai kepada benak Audiens Anda atau minimal Bumper Anda bisa mewakili atas apa yang Anda kerjakan.



Salam Kreatif,
Arie fabian 

You Might Also Like

0 comments