The Invisible Man

By August 01, 2016 ,


Seniman yang lahir pada tahun 1973 di Shandong China ini bernama Liu Bolin. Dia membuat sebuah seni yang tak lazim yaitu Invisible Art, Ia menjadikan dirinya bagian dari kanvas dan mengecat dirinya sehingga menyatu dengan latar belakangnya. Liu ada namun tidak terlihat. 

Seniman memang memiliki berbagai cara untuk mengekspresikan karyanya. Dalam menciptakan karyanya Liu selalu dibantu oleh Asistennya dalam memilih latar belakang dimana tempat dia menghilang.

Seni yang dia buat ini dinamakan dengan Invisible Art, yang menandakan bahwa seni adalah sebuah kebebasan. Kegelisahan ini muncul ditengah penindasan seni rakyat di China. Liu sendiri sempat menjadi korban ketika studio seninya ditutup oleh Pemerintah China pada tahun 2005. Kejadian itu membuat dia menciptakan seri "Hidding The City". 

http://inspirationfeed.com/inspiration/artists/30-pictures-of-invisible-man-by-liu-bolin/
Liu berhasil meraih gelar Bachelor of Art dari Shandong College of Art dan gelar master of Fine Art dari Akademi Seni Rupa Pusat di Beijing. 


Karya - karyanya telah dipamerkan di seluruh dunia, termasuk di Museum Seni Beijing, Museum Seam di Israel, Bekshire Museum di Massachuset, Seoul Art Museum di Korea dan Chocago Cultural Center di United States. 


Karya Liu ini dianggap mempunyai kekuatan sebuah kritik diam, kritik terhadap lingkungan untuk kelangsungan hidup, dan kritik terhadap Negara. 


Banyak orang yang menentukan sikap lebih baik diam daripada melawan dan mencoba beradaptasi dengan perubahan yang terjadi secara paksa. Namun itu tidak dilakukan oleh Liu yang justru mencoba keluar dari kungkungan Pemerintah dengan menciptakan karya seni yang berisikan sindiran - sindiran. 


Seni merupakan perantara bagi Liu untuk menyampaikan pesan demi pesan tentang beberapa isue yang terjadi baik di Negaranya maupun di Dunia. 

Jadi dimanakah sang Liu pada gambar dibawah ini : 





Jadi tidak perlu khawatir dalam menyampaikan ekspresi Anda didalam sebuah karya. Apapun yang bisa Anda tuangkan kedalam karya merupakan hasil dari pemikiran Anda sendiri. Untuk menyampaikan pesan dalam karya Anda. Semua memang syarat bermakna, Seni memang perantara yang baik untuk menyampaikan pesan yang ingin kita sampaikan. 


Sumber gambar : 
http://inspirationfeed.com/inspiration/artists/30-pictures-of-invisible-man-by-liu-bolin/




Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments