Video Kompetisi Gojek dan Branding

By August 31, 2016 ,


Walaupun kompetisinya sudah berakhir beberapa waktu yang lalu, tapi tetap ada hal yang ingin gue bicarakan tentang Kompetisi Video dari Gojek ini. 

Kegiatan memviralkan diri melalui video kompetisi menurut gue sebuah cara yang sangat cerdas melawan kampanye Iklan yang dilakukan oleh kompetitornya. Kalau kompetitornya lagi giat membangun Billboard dimana-mana, maka Gojek memilih strategi kampanye iklan lewat sosial media dengan mengadakan kompetisi Video.

Gojek di Youtube
Gojek di Youtube
Alhasil .... kita bisa melihat gojek berserakan di youtube bahkan ketika kita mengetik Ojek Online saja masih Gojek yang urutan diatas, padahal kompetisi sudah berlalu beberapa waktu yang lalu. Dan yang terpenting, kompetisi video ini menjadi viral dibicarakan oleh banyak orang dibandingkan dengan Billboardnya kompetitor. 

Kompetisi Video Gojek
Hadiah yang diberikan oleh Gojek
Dan yang paling terpenting dari ini, win-win solutionnya. Hadiah yang diberikan oleh Gojek sangat menarik, Rp 250.000.000,- yang mana buat para pembuat film menjadi sangat menarik sekali. Jadilah film yang dibuat dan diserahkan oleh para peserta ada yang memang sangat baik sekali. Baik dalam penggarapan Story (cerita) sampai dengan pengerjaan teknisnya. 

Bagi gojek sendiri biaya Rp.250.000.000,- tentu tidak sebanding dengan pengeluaran yang dilakukan oleh kompetitornya, Grab. Dimana kita melihat sendiri, Billboard yang dipasang oleh Grab bukan hanya satu, dua billboard saja, melainkan banyak sekali, Billboard yang dipasang. Kita bisa menebak, biaya Billboard satu tahun saja paling tidak diatas Rp. 500.000.000.-
Tapi impact dari Brandingnya  ? kalau gue bilang sih masih terdengar gaungnya Gojek dibandingkan Grab. Yah mungkin memang daya jelajah gue lebih banyak didunia maya dibandingkan diluar, tapi pertanyaannya gue, orang yang kayak gue juga gak sedikit kok. 
Dan gue suka banget melihat hasil-hasil dari para peserta yang mengikuti kontes dari video kompetisinya. Salah satu yang gue suka, gue share nih dibawah :
 

Untuk tayangan youtube dari Agung Hapsah gue suka semangatnya, dan menurut gue itu juga udah keren banget. Dimana dia memberikan story yang memang menjadi kelebihan dari Gojek dan berusaha masuk kedalam materi chaos yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Kalau buat gue sendiri memang harus lebih banyak lagi kompetisi-kompetisi yang dibuat, agar dapat memberikan wadah bagi para insan kreatif menguji materinya pada saat kompetisi. Ini sebuah kegiatan yang penting kalau menurut gue, bahkan bisa memberikan dampak yang postif untuk dunia kreatif.

Terima kasih sudah membaca blog gue, sampai jumpa ditulisan gue yang berikutnya, berkunjung terus di blog gue yah ....




Salam Kreatif.
Arie fabian


You Might Also Like

0 comments