Printing VS Web (Layar)

By September 08, 2016 ,


Ketemu lagi dengan gue, Arie fabian didalam blog gue, kali ini gue mau berbagi tentang Printing dan Web, dimana kita akan melihat perbedaan pada saat membuat desainnya. 


Yes, yang pertama pasti kita akan membahas CMYK dan RGB, dimana dua konsentrasi warna ini memang dibuat berbeda fungsinya. Kalau berbicara CMYK maka kita akan berbicara tentang Percetakan atau Printing. Dimana CMYK ini memang satuan warna yang digunakan untuk percetakan.

Sedangkan RBG sendiri memang satuan warna yang digunakan untuk kebutuhan Web atau memang kebutuhan layar (kalau gue bilang). Setiap kali dalam membuat desain kalau memang kita hanya untuk kebutuhan layar (website, Animasi, TVC, dll), maka kita memang lebih baik menggunakan warna RGB.

CMYK adalah 4 warna yang substractive, warna ini terdiri dari Cyan, Magenta, Yellow dan blacK. Sedangkan RGB sendiri adalah 3 warna addictive, dengan masing-masing warna adalah Red Green Blue. Lo bisa lihat pada gambar diatas, dimana pada gambar teori warna diatas dijelaskan kalau CMYK dimulai dengan warna Putih sedangkan RGB dimulai dengan warna hitam.

Perbedaan warna RGB dan CMYK
Lalu yang kedua ada :


DPI yaitu Dot Per Inch, dan PPI itu adalah Pixel per inch, dimana satuan titik didalam sebuah gambar itu terdiri dari dot. Semakin banyak dot itu maka semakin bagus hasilnya. Tapi teori itu memiliki perbedaan, antara kebutuhan print dan kebutuhan Web atau layar.

Kalau lo hanya ingin membuat sebuah desain yang akan di preview hanya untuk kebutuhan layar, maka 72 PPI sudah sangat cukup lo gunakan untuk gambar tersebut. Nah kalau memang kebutuhannya untuk percetakan, maka sebaiknya lo menggunakan 300 dpi.

File type untuk Print dan Web
Untuk file type sendiri kita bisa melihat gambar diatas. Dimana ada file yang memang biasanya digunakan untuk printing atau percetakan dan ada juga gambar yang memang untuk Web atau kebutuhan layar.

Pada diagram yang tengah, gambar biasanya digunakan untuk kedua-duanya. Bisa untuk website bisa juga untuk Printing. Dimana jenis file yang bisa digunakan untuk keduanya adalah : JPG, PNG dan PDF.

Yah, gue kira memang itulah perbedaan kebutuhan dari kedua jenisnya. Antara Printing dan website. Sampai jumpa lagi kawan pada postingan gue berikutnya.



Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments