Membuat Papan Nama dengan cara Konvensional

By October 16, 2016 , ,


Kalau dengan cara digital maka sudah banyak sekali yang mengetahui bagaimana cara membuatnya. Nah sekarang gue mau memberitahukan, bagaimana kalau jaman dulu membuat sebuah papan nama, yang mana pada saat jaman dahulu kala belum ada fleksi alias digital printing, ikuti postingan gue yuk .... 

Kalau pada saat jaman sekarang jarang sekali kita menemukan orang membuat sebuah papan nama dengan cara manual atau konvensional. Kebetulan sekali, nah sekarang gue mau memberitahukan bagaimana caranya membuat sebuah papan nama yang manual.

Alat-alat yang disediakan adalah :
1. Kertas karton
2. Ballpoint
3. Papan Akrilik
4. Pilox atau Cat
5. Cutter


Pertanyaannya, kenapa jaman sekarang masih ada yang menginginkan papan nama dikerjakan secara manual atau konvensional, jawabannya cuma satu, tahan lama. Yup, bener sekali, pengerjaan pembuatan papan nama dengan cara manual jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan pembuatan papan nama dengan cara digital.

Pertama-tama kita harus merencanakan ukuran papan nama yang akan kita buat. Jika kita menginginkan ukuran 80 x 100 cm, maka siapkan ukuran akrilik 80 x 100 cm, dan begitu juga dengan kartonnya.

Lalu langkah berikutnya adalah, mencari refrensi huruf yang akan digunakan. Jika ingin membuat papan nama dengan cara manual, maka akan sangat sulit sekali kita bisa menggunakan gambar, biasanya yang dibuat hanyalah tulisan saja. Seperti kali ini, gue akan tunjukan jika papan nama hanya bermain dengan tulisan saja.


Setelah model huruf sudah ditemukan, lalu gambar karton dengan tulisan yang akan menjadi papan nama. Setelah huruf sudah dibuat pada kertas karton, lalu sekarang tinggal cutting huruf yang sudah kita gambar pada kertas karton. Sebagai contoh gue kasih gambar dibawah :

Media karton yang sudah di Cutting
Nah kalau sudah dibuat, maka selanjutnya tinggal di tempelkan pada pada akrilik yang akan dijadikan media papan namanya. Lalu tinggal disemprot menggunakan pilox atau Anda bisa mencari busa, lalu celupkan busa tersebut kedalam cat, selanjutnya tinggal totol saja pada bagian yang sudah kita cutting.

Tulisan pada media karton
Nah setelah sudah maka proses tersebut sudah hampir selesai, Anda tinggal memasukkan akrilik tersebut pada papan neonbox yang akan Anda jadikan sebagai papan nama Anda. Gambar dibawah gue buat menggunakan Pilox warna hitam untuk dijadikan papan nama. Nah hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah.

Akrilik di semprot dengan menggunakan Pilox warna hitam
Nah, sekarang gue tinggal membuat nama dari penjahitnya, dan tinggal dipajang. Ukuran yang gue buat memang kecil sekali, dan papan nama ini dibuat untuk membantu tetangga paman gue yang tinggal di daerah Tomang Jakarta.

Dengan cara begini maka papan nama akan awet selama bertahun-tahun. Karena memang materinya langsung cat. Jika Anda menggunakan Cat, Anda bisa memilih cat yang memang awet dan tahan lama, kalau memang papan nama Anda ingin diletakkan pada luar ruang, maka Anda harus mencari cat yang memang khusus untuk luar ruang.




Salam Kreatif
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments