Dari gak ada menjadi ada, Itulah Kreatif

By November 02, 2016 ,


Ketika seseorang mengatakan sesuatu tentang desain yang hanya begitu-begitu aja, maka disaat itu juga gue siap memberikan edukasi kepada orang tersebut. 

Gue siap memberikan edukasi bahwa yang gue kerjakan adalah tidak begitu-begitu saja. Gue bahkan membuat sesuatu yang terkadang tidak ada menjadi ada. Itulah Desain dan itulah kreatifitas kalau menurut gue.

Ketika gue berdiskusi santai di Taman Kota BSD, maka gue ketemu dengan seseorang yang sedang mengamati sebuah usaha yang mana bisa dikatakan usaha itu terlihat sangat receh. Padahal kalau dari gue sendiri, banyak peluang diusaha apapun tinggal kemasan dan konsep yang akan menentukan dalam perihal Anda membangun.


Sebagai contoh gue berikan diatas, dimana siapa yang menganggap usaha pecel lele akhirnya bisa dikemas sedemikian rupa seperti diatas. Kalau berbicara jaman dahulu, pecel lele merupakan makanan khas pinggir jalan yang tidak pernah kenal kata branding.

Tapi dengan menggunakan kreatifitas, konsep dan desain, maka akhirnya sebuah usaha pinggir jalan bisa terlihat seperti gambar yang gue perlihatkan diatas. Dengan konsep warna hijau gradasi ke kuning itu, maka usaha Pecel Lele Lela berhasil membuat sebuah menu lele dengan kemasan yang ekslusif.

Pecel lele lela bukan satu-satunya, dan orang yang gue ajak diskusi ini, dia sangat tertarik dengan bisnis gorengan. Gue gak pernah pesimis dengan bisnis dipinggir jalan, karena jujur saja, berdasarkan pengalaman gue ngobrol dengan rombong rokok yang berada dipinggir jalan, ternyata penghasilan dia sungguh luar biasa tanpa gue duga pada saat itu. Maka dari itu gue gak pernah lagi memandang bisnis-bisnis yang berada dipinggiran jalan termasuk dengan gorengan ini.

Orang yang sedang berdiskusi sama gue mengatakan, tolong buatkan desain untuk medium berjualannya, ambil dari google lalu tinggal edit-edit terus kirimkan kesaya, kata orang itu. Sungguh pemikiran yang sangat praktis dan ideal pada saat ini.

Buat gue gambar yang ada di internet, bukan untuk di edit ulang, kalau memang kebutuhannya untuk komersil. Gambar yang di internet itu hanya bisa menjadikan refrensi berfikir. Karena kalau kita cuma melakukan editing pada gambar yang sudah pernah ada, lalu dimana bedanya antara kita dengan orang lain.

Apalagi gambar yang dimaksud merupakan medium 3 dimensi yang bisa dilihat dan dikerjakan secara desainnya dari beberapa sisi.

Gue minta waktu satu minggu untuk mengerjakan permintaannya dia, yang jelas gue gak akan melakukan permintaannya dengan cara mengedit gambar yang sudah ada. Yang gue lakukan adalah membuat dari awal mulai dari perencanaan medium untuk berjualannya.

Gerobak 3D untuk Go-rengan
Nah ..... jadi deh ... tada ...........

Setelah seminggu berinkubasi, maka medium yang gue buat untuk berjualan adalah gerobak. Dan bisa dilihat, ini bukannya gue ambil dari google lalu tinggal edit dan kasihkan ke orangnya. Untuk jadwal di Fabian Studio lagi akan bertransisi ke Fabian Project masih ada waktu luang gue untuk membuat konsepnya.
View lainnya dari gambar 3D
Nah, kalau gue buat dari software 3D, maka kita akan mudah jika ingin mengganti desainnya. Karena memang akhirnya gambar bisa di Replace (diganti) jika memang ornamen dari desain (logo,warna yang dipilih, maskot,dsb) tidak disukai.
3D Desain
Inilah kreatifitas, dari tidak ada menjadi ada, bukan mengurak-arik yang sudah ada. Dan akhirnya gue berhasil meyakinkan ke dia bahwa kreatifitas belum mati, mereka masih tetap ada sampai sekarang ini. Masih banyak yang bisa kita lakukan dengan kreatifitas, tidak melulu menganggap sebuah desain itu hanyalah begitu-begitu saja.

Dan setelah gue kasih gambar ini dia bertanya sama gue :
"berarti kamu bisa membuat desain interior dong rie ?"

Yah sudah pasti gue jawab bisalah .....




Salam Kreatif
Arie fabian

You Might Also Like

1 comments

  1. Keren. Kumpulan sinopsis Mohabbatein, Thapki, Gopi Bunga yang terluka http://informasidiary.blogspot.com/

    ReplyDelete