Penambahan System pada Pengelola Parkir untuk Mall

By November 06, 2016 ,


System yang digunakan untuk pengelola parkir semakin hari semakin canggih. Dimana kalau kita berjalan di Mall seperti Grand Indonesia, mereka telah memberikan sensor disetiap area parkirnya lalu biasanya didepan mallnya diberikan LED untuk pemberitahuan bahwa tersedia tempat parkir kosong di setiap lantai parkirnya. 

Panel LED Parking Information
Nah seperti terlihat diatas, dimana ada LED yang memberikan informasi disetiap lantainya tersedia berapa parkiran yang kosong.Sehabis gue pulang dari Grand Indonesia tadi, gue nemu ide yang bisa menambah keren system pengelolaan parkir tersebut. Penambahannya akan gue ceritakan pada postingan gue kali ini.

Kalau informasi yang diberikan pada setiap lantai, maka orang yang ingin parkir harus menaiki terlebih dahulu lantai perlantai. Menurut gue ada hal yang lebih canggih lagi, dimana informasi tersebut diberikan pada saat kita akan mengambil karcis parkir. Jadi bisa ada dua caranya, yang pertama memang kita harus membuat both parkir seperti biasa dengan ada orang didalamnya, dimana orang tersebut memberikan tiket karcis parkir dengan informasi yang akan diberikan kepada tamu yang datang.

Ilustrasi penambahan system
Gue yakin setiap sensor yang dipasang pada bagian atas disetiap area parkir pasti terhubung dengan system, makanya LED bisa menampilkan berapa area parkir yang kosong berdasarkan informasi yang disampaikan oleh system si sensor yang diletakkan disetiap area parkirnya.

Nah kalau itu bisa dibuat system tambahan yang akan di berikan kepada both ambil karcis pertama, dengan harapan both tersebut ada orang didalamnya, maka si orang bisa menyampaikan informasi tentang area-area parkir yang bisa dituju oleh tamu yang datang.

Yang pertama disampaikan oleh tamunya adalah lantai terdekat dahulu, barulah kalau memang tamu bertanya area parkir kosong dilantai berapa yang dekat pintu masuk, maka si orang yang berada didepan akan memberikan informasi lokasi area parkir yang kosong sesuai dengan kebutuhan.

Atau yang kedua, kalau memang tidak mau mempekerjakan orang pada both masuk, minimal buatlah papan informasi didepan pada saat tamu mengambil karcis.Kurang lebihnya ilustrasi gue buat seperti dibawah :

LED Informasi Area yang kosong
Nah dengan adanya hal yang seperti ini, maka para tamu tidak harus roadshow mengunjungi lantai per lantai untuk mencari parkir ditempat yang kosong. Dia tahu lantai berapa yang harus dia tuju setelah mengambil tiket parkir.

Atau seumpamanya, pada saat kita ke mall pasti kita akan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Seumpama jika kita ingin nonton di XXI, Nah biasanya XXI itu terletak di lantai paling atas pada setiap mall. Maka dengan adanya sistem ini, kita bisa mengetahui, apakah terdapat tempat parkir yang kosong di lantai dimana XXI itu berada. Dengan begitu kita parkir dan tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mencapai XXI yang berada dilantai atas.

Atau memang pada saat kita mengambil karcis, biasanya akan ada dua tombol, tekan untuk mengeluarkan tiket atau meminta bantuan. Pada box itu kita bisa menambahkan 1 tombol lagi misalnya, dengan menanyakan kelantai berapa yang akan kita tuju. Ketika kita klik lantainya, maka panel LED akan menampilkan informasi area parkir yang kosong pada lantai itu.

Landasan gue berfikiran seperti ini karena kita mengetahui, semakin hari semakin langka tempat parkir pada sebuah mall. Dan adalah perihal yang sangat membosankan kita berkeliling tempat parkir demi mencari area parkir yang kosong.

Apalagi pada mall yang sering sekali dijadikan meeting point untuk beberapa kalangan. Pada saat makan siang, maka mencari parkiran untuk mobil kita dengan cara road show perlantai merupakan hal paling menjengkelkan.

Walaupun ada layanan Valet Parking disetiap mall pada saat sekarang ini, tapi itu juga bukan menjadi jaminan akan kepuasan pelanggan. Kalau memang bisa kita ketahui kalau memang setiap lantainya hampir padat alias tidak terdapat area yang kosong, mungkin itulah baru fungsinya valet parking kalau menurut gue.

Kalau gue lihat teknologi mulai membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah. Dan gue juga sangat mengapresiasikan beberapa layanan jasa pengelolaan parkir yang terus menerus melakukan inovasinya bersama teknologi, seperti salah satunya adalah memberikan sensor area disetiap lokasi parkir yang ingin kita tuju.

Maka dari itu, kalau memang tidak terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan konsumennya, maka sangat sayang sekali kalau menurut gue.

Ini sih sekedar ide spontan saja yang gue fikirkan berdasarkan pengalaman, dan beberapa keluh kesah dari kawan-kawan gue yang terjadi pada permasalahan parkir di mall-mall besar di kota Jakarta dan sekitarnya. Mudah-mudahan sih bisa bermanfaat buat para pembaca yang memang memiliki potensi bisa terus memperbaiki system yang mereka sudah buat sedemikian hebatnya yang kita lihat pada saat sekarang ini.



Salam Kreatif,
Arie fabian 

You Might Also Like

0 comments