Folder (Map) Kreatif dan Seputaran Produksinya

By February 17, 2017 ,


Folder (map) adalah sebuah material promosi yang sangat representatif untuk sebuah Perusahaan. Berikut adalah model-model map yang bisa menjadi refrensi beserta dengan proses Produksinya.

Map dengan model Standard pada bagian depan dengan memodifikasi bagian lidah dalam untuk kantung kertas ini secara implementasi produksinya tidak begitu sulit. Jika Anda membuat Map dengan bentuk seperti diatas, biasanya akan memakan waktu produksinya sekitar 4 sampai dengan 5 hari. Yang lebih keren proses finishingnya menggunakan Laminating Doff. Dengan laminating maka akan dapat membuat map ini menjadi ekslusif. 

Untuk biaya produksi gue sih prediksikan sekitaran 3000 - 5000 rupiah per/map. Untuk bisa mendapatkan harga satuan segitu, maka minimal quantity yang Anda harus rencanakan adalah 3000 sampai dengan 6000 Exp. 


Map dengan model seperti diatas, secara bentuk memang unik. Untuk mengejar perbedaan tampilan untuk sebuah map memang keren. Tapi memang seperti yang gue bilang, kalau mau unik/beda maka biasanya kita harus rela mengeluarkan kocek lebih dari yang biasanya. 

Pada model map diatas, maka kita bisa melihat pada bagian dalam terdapat potongan yang berfungsi seperti kantung untuk dokumen. Pada saat proses produksi, maka pada bagian samping map (kantung) itu akan menghabiskan material kertas yang lebih panjang dari standardnya. Dengan begitu maka untuk belanja material kertasnya akan jauh lebih mahal daripada model standard yang pertama tadi. 

Kalau proses yang lainnya gue kira hampir sama dengan yang diatas. Dimana kita bisa melihat pada contoh visual diatas, itu hampir bisa dipastikan bahwa map diatas dilaminating doff. Untuk perkiraan harga gue bisa kira-kira untuk membuat map seperti ini membutuhkan biaya Rp. 7.000 sampai dengan 10.000 untuk per mapnya.




Untuk gambar diatas, sama dengan model pertama yang gue posting. Untuk gambar terakhir yang diatas, terdapat perbedaan pada bagian kantung dalam. Dimana didalamnya bisa menyelipkan CD yang biasa digunakan untuk Portofolio atau company profile Perusahaan dalam bentuk Visual. 


Map ini memang pastinya membutuhkan Jasa Kreatif perencanaan, baik secara visual maupun nanti pada saat produksinya. Dimana untuk membuat model seperti ini pada saat produksi sebenarnya harganya sama dengan model pertama diatas. Kisaran harga sekitar Rp. 3.000 sampai dengan Rp. 5.000 untuk per mapnya. Namun untuk membuat seperti ini Anda akan dikenakan Charge untuk perencanaan dan pembuatan Visualnya. 



Untuk model seperti gambar diatas, bisa gue pastikan pada saat pengerjaan produksi agak sedikit rumit alias tidak biasa. Pada bagian depan menggunakan dua kertas yang dilipat kedalam yang akhirnya bisa seperti dua bagian yang terpisah. Dengan ada bagian dalam dan ada bagian luar. Kita bisa melihat, pada bagian atas ada warna blok merah beserta logo, dan pada bagian dalam terdapat gambar orang beserta background-nya. 

Ini pun membutuhkan sebuah perencanaan yang matang untuk membuat model seperti ini. Dimana dalam proses lipatan membutuhkan orang yang memang berpengalaman untuk perencanaannya. Kisaran harga untuk model map seperti ini menurut gue adalah Rp. 7.000 sampai dengan Rp. 10.000. 

Proses pengerjaannya memakan waktu sekitar 10 sampai dengan 14 hari kerja. Karena ini tidak bisa dikerjakan terburu-buru untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Demikian seputar Informasi yang ingin gue sampaikan, mudah-mudahan bisa bermnafaat buat para pembaca blog gue. Sebuah keindahan memang biasanya dicari oleh orang demi mengejar perbedaan, baik bentuk, gambar dan lainnya harus difikirkan secara matang. karena akan sangat berpengaruh dengan proses pengerjaan dan biaya. 




Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments