Printing Luar Kota atau dari Jakarta ? (untuk Event)

By June 03, 2017 ,


Gue diajak briefing untuk mensukseskan acara kawan gue yang rencananya akan diadakan pada tanggal 22 sampai dengan 30 juni 2017 ini. 

Itu berarti pada saat lebaran kita akan berada ditempat event. Kapasitas gue kali ini adalah memberikan saran untuk penyelesaian permasalahan printing untuk event tersebut. Mereka memerlukan Spanduk, Umbul-umbul, Giant Banner, X Banner, totalnya mereka membutuhkan kurang lebih 8 ribuan meter.

Karena untuk umbul-umbul ukuran 5 x 1 meter kuantitinya sampai dengan 1000 pcs. bisa dibayangkan 5 x 1000 sudah 5000 meter. Belum spanduk dan giant banner. Mereka bilang bagaimana cara menyelesaikan permasalahan printing ini, apakah kita print di Klaten (tempat event diselenggarakan) atau memang harus dari Jakarta.

Jawaban gue adalah, Jakarta. Masalah pertimbangan kenapa Jakarta adalah, untuk printing untuk kuantity 8000-an meter, maka gue sangsi Klaten bisa mengatasi itu. Gue sering sekali ke klaten, kalau mudik lebaran, biasanya gue akan singgah dikota Klaten ini.

Seinget gue Klaten memang memiliki tempat percetakan seperti digital printing ini. Tapi gue yakin, satu toko itu hanya menyimpan 1 mesin outdoor. Karena total 8000 meter itu gue akan print di mesin outdoor semua. Maka jika 8000 meter dijalankan menggunakan 1 mesin hasilnya akan memakan waktu 3 mingguan. Acara selesai baru materialnya jadi.

Mau pakai dua percetakan, resiko akan kualitasnya akan sangat sulit sekali mengontrolnya. Paling tidak, kita bisa lari ke Jogja, sama halnya Klaten, mereka rata-rata satu percetakan hanya memiliki 1 mesin outdoor.

Jadi kalau buat gue sendiri, gue lebih nyaman printing dibuat di Jakarta. Lalu dikirim, tinggal ditambahkan biaya distribusi saja. Kalau di Jakarta, tidak sulit menemukan percetakan yang bisa memelihara 3 mesin ditempat percetakannya. Kalau dijalankan menggunakan 3 mesin waktu pengerjaan akan lebih cepat.

Yang harus difikirkan adalah efisiensi kerja, harga produksi, supervisi, quality control, karena memang ini akan dibubuhi oleh logo sponsor. Kita tidak bisa menggunakan harga yang murah banget karena nanti akan berbanding lurus dengan aslinya. Mungkin harga bisa kita temukan harga yang sama dengan Jakarta, tapi kualitas gue masih agak sangsi.

Karena biasanya kalau memang mereka hanya mengejar kuantitas pekerjaan maka mereka jarang sekali yang detail dengan hasil. Karena memang biasanya mesin digital printing outdoor ini dibeli dengan cara cicil, dengan begitu maka setiap percetakan akan mengejar target cicil bulanan mereka, dan biasanya mereka melihat kita yang pengen print dengan ribuan meter akan di bujug dan diyakinkan kalau mana mereka bisa mengerjakan pekerjaan kita.

Padahal itu terkadang diluar kemampuannya. Yang terjadi pada saat kita berikan pekerjaan kita tersebut kepada mereka, maka mereka akan melempar pekerjaan mereka kepada rekanan mereka untuk print agar mencapai kuatity yang disepakati.

Dengan begini kita biasanya akan menemukan kualitas cetak yang agak berbeda. Karena memang dikerjakan di 2 tempat dengan jenis mesin yang berbeda. Mesin yang berbeda akan menyebabkan perbedaan pada hasil, itu bisa gue bilang hampir pasti.

Bahkan kadang merk-nya sama saja, kalau memang itu punya dua percetakan yang berbeda maka hasil juga bisa berbeda. Karena cara perawatan mesin kadang berbeda-beda.

Gue tetap merasakan lebih banyak kendala apabila proses printing dilakukan didaerah, baik di Jogja maupun di Klaten sendiri.

Dan yang harus diingat adalah, hampir semua percetakan disaat lebaran H-7 mereka sudah kebanyakan pulang kampung. Itu pasti akan menjadi masalah baru lagi pada timeline pengerjaan. Kalau di Jakarta, karena gue banyak tahu dan banyak kenal, biasanya masih ada yang H-3 baru pulang kampung.

Dan juga gue masih agak sedikit lebih mudah untuk proses menjaga kualitasnya bila di Jakarta dibanding di Klaten. Kalau Quantity sedikit gue sih prefer untuk cetak di daerah. Tapi kalau segini banyak akan sangat sulit sekali jika dilakukan di daerah.

Yang selanjutnya adalah kita harus fikirkan Stock bahan Fleksi. Karena gak semuanya memiliki stok sampai dengan beribu-ribu meter. Ini juga harus diwaspadai jika kita ingin melakukan cetak didaerah. Jadi kalau memang mereka harus menunggu stock kiriman barang bahan dari Jakarta maka ada waktu lagi yang terbuang minimal 1 hari untuk menunggu bahan itu dikirim dari Jakarta.

Jadi menurut gue Jakarta masih aman walaupun event ini untuk H-7 Idul Fitri. Asal memang timelinenya sudah bergerak di minggu-minggu depan.

Setidaknya kurang lebihnya itulah pertimbangan gue.





Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments