Material yang digunakan untuk Huruf Timbul

By December 22, 2017 ,


Letter Sign atau huruf timbul biasa digunakan untuk unit usaha sebagai bagian yang penting dari Branding. Bahan yang digunakan untuk Letter Sign ini ada banyak jenisnya. Untuk lebih lanjutnya Anda bisa baca artikel gue kali ini. 

Contoh Letter Sign
Setiap material memiliki keunikan sendiri-sendiri dan kelebihan sendiri-sendiri. Maka ada baiknya Anda memang mempertimbangkan material yang ingin digunakan untuk pembuatan Letter Sign Anda.

1. KUNINGAN

Material kuningan ini bisa membawa kesan yang ekslusif. Mendekati warna Gold dan memang biasanya digunakan untuk warna gold.

Material Letter Sign kuningan
Material kuningan terbilang material yang paling mahal dari jenis besi (Steanless dan Galvanis). Hanya saja perawatan pada bahan kuningan ini memang harus ekstra, dimana kita harus lebih sering membersihkan minimal mengelap letter, dikarenakan jika kita tidak lap, akan terlihat kusam.


2. STEANLEES STEAL

Material yang kedua adalah Steanlees Steal. Dimana material ini hampir sama dengan Kuningan. Hanya saja material ini berwarna Steanlees (besi). Steanlees Steal tidak bisa diberikan warna. Jadi yah warnanya hanya itu saja.

Material Letter Sign Steanlees Steal
Material Steanlees ini sama dengan kuningan. Memiliki tingkat perawatan yang ekstra. Harus sering dilap, jika tidak material jenis steanlees ini akan mudah kusam. Untuk jenis material besi, steanlees memiliki harga termahal kedua setelah kuningan.

3. GALVANIL / GALVANIS 

Bahan yang ketiga untuk material letter sign yang berjenis besi adalah Galvanis/galvanil. Ada sebagian orang yang menyebut ini galvanil ada juga yang menyebut ini galvanis.

Contoh Material Letter Sign Galvanil/galvanis
Bahan ini memiliki kelebihan bisa diwarnai. Warna biasanya menggunakan Cat Duko. Material ini tidak memiliki perawatan khusus seperti steanlees dan Kuningan. Bahan ini cenderung lebih bandel dibandingkan 2 bahan yang berjenis besi lainnya. Warna bisa kita pilih sesuai dengan logo atau warna coorporate Anda sendiri.

Pengerjaan Letter Sign
Lama pengerjaan untuk Letter Sign ini satu huruf menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Semakin kecil huruf maka semakin sulit dikerjakan dan semakin lama pada pengerjaannya. Karena jika bentuk huruf tersebut kecil, maka detail huruf akan semakin sulit dikerjakan.

Diatas sudah dijelaskan material yang berbasis besi. Selain besi masih ada lagi material lainnya yang digunakan pada umumnya. Yuk kita lanjutkan .....

4. AKRILIK 

Bahan Akrilik juga biasanya digunakan untuk Letter Sign. Akrilik dibentuk dengan menggunakan mesin laser dan disesuaikan dengan keinginan kita.

Material Letter Sign Akrilik
Material Akrilik ini kebanyakan digunakan untuk Indoor alias didalam ruangan. Material Letter Sign menggunakan Akrilik biasanya dikombinasikan dengan menggunakan lampu LED. Atau ada juga yang di combine dengan Steanlees sebagai lapisan luarnya.

Material Letter Sign Akrilik
Material ini memang keren jika memang dikombinasikan menggunakan lampu Led. Salah satu kelebihan dari material akrilik ini lampu tembus kepada material ini. Jadi kalau kita menggunakan lampu maka akan menghasilkan sebuah letter sign yang keren. 

Kekurangan material ini, tidak begitu kuat jika diletakkan di Outdoor atau luar ruang. Jika memag diletakkan pada bagian depan gedung dan berhadapan langsung dengan matahari, dalam waktu tertentu maka akrilik ini akan pecah. 

Untuk harga menggunakan material akrilik ini jika banyak dikombinasikan oleh material lainnya biasanya akan lebih mahal dibandingkan dari material besi. Warna untuk jenis material Akrilik ini juga tidak bisa custom, kecuali mau ditutup lagi menggunakan sticker printing. 


5. MATERIAL KAYU

Material yang terakhir yang akan gue bahas untuk Letter Sign kali ini adalah material kayu. Sudah banyak kita melihat dibeberapa tempat makan, Letter Sign mereka menggunakan kayu.

Material Letter Sign menggunakan Kayu
Karena sekarang ini mesin laser sudah banyak digunakan, maka pengerjaan letter sign menggunakan material kayu ini bisa menggunakan mesin laser. Mengejar kesan Vintage atau Old School, menggunakan material kayu untuk Letter Sign Anda sudah sangat tepat sekali. Kayu bisa diberikan finisihing akhir dengan menggunakan Cat.

Harga paling murah dibandingkan dari material lainnya. Hanya saja kekurangannya adalah tidak setahan lama dari material besi. Gue biasa menggunakan Letter Sign menggunakan material kayu untuk Event. Karena memang lebih murah dibandingkan dengan material lainnya. Dan memang jika digunakan untuk event biasanya hanya untuk satu dua hari. Paling lama 30 hari dan itupun biasanya booth diletakkan didalam ruangan (indoor).

Nah, sekarang pilihan ada ditangan Anda sendiri. Anda ingin menggunakan material yang bagaimana untuk Letter Sign Anda. Jika memang masih bingung, Anda bisa bertanya langsung pada halaman ini atau bisa menghubungi gue langsung.

Letter sign ini termasuk katagori signage yang memang harus Anda fikirkan matang-matang. Karena memang Signage ini akan memfilter siapa yang akan datang ketempat Anda.




Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments