Multimedia untuk Sebuah Event

February 01, 2018


Apa itu multimedia untuk Event ?

Pertama kali gue denger kata-kata multimedia, maka yang ada didalam pemikiran gue adalah membuat sebuah program. Program menggunakan Flash atau macromedia director, eh ternyata salah. Pada jaman dahulu kala, kalau berbicara tentang Multimedia event, maka kita akan dihadapkan oleh Software-software diatas (Macromedia Flash dan Director).

Nah ternyata dunia sudah berubah. Walaupun ada yang memang terkadang kita harus membuatkan program, namun sudah tidak segitunya.

Intinya multimedia event adalah semua konten yang kita buat untuk kebutuhan screen atau LED yang berada di Stage pada sebuah acara. Nah kalau kita datang kedalam sebuah acara, maka kita akan melihat layar besar dibelakang acara tersebut.

Multimedia Event untuk Saka Farma
Konten yang diletakkan pada screen memang pada umumnya adalah video. Baik video animasi, video presentasi, maupun video lainnya.

Multimedia Event Pada Event Tastetival, LRT Adhi Karya
Multimedia Event, untuk Acara Oppo
Multimedia Event, untuk Acara Anniversary
Nah orang yang mengendalikan materi video ada didepan LED jauh dibelakang kerumunan. Tempat mereka merapat adalah FOH (Front of House), semua kontrol ada disini. Kontrol Sound, Kontrol multimedia, dan yang lain-lain. Jadi dari FOH inilah Stage dikendalikan.

Pertanyaannya adalah, apa setiap event harus memiliki multimedia untuk event ?
Jawabannya adalah belum tentu. Tergantung dari event itu sendiri, tapi hampir rata-rata semua event sudah disertakan dengan multimedianya.

Karena biasanya sudah ada panggung maka tanggung banget kalau gak pasang iklan, gak pasang video presentasi, gak pasang logo-logo acara, dan sebagainya. Anda bisa bayangkan, ketika MC berbicara tentang adlibs sebuah produk, maka video produknya muncul di screen belakang MC, pasti keren bukan ?

Multimedia Event untuk Acara Panin Market Outlook
Multimedia Event untuk Acara Panin Market Outlook
Apakah harus selalu video ?
Jawabannya juga tidak. Gue pernah membuat sebuah multimedia event berupa program. Program undian digital yang digunakan di Ballroom Ritch Calton di Pasific Place.

Jadi tergantung kebutuhan dari acara itu sendiri. Tidak hanya tentang video, tapi bisa konten yang lainnya. Bisa juga gambar still atau Jpg doang. Video atau animasi yang berada distage ini mampu membuat nuansa, mampu membuat emosi, mampu membuat acara menjadi lebih meriah, lebih khidmat, lebih seru, karena memang video dibelakang ini sebagai sarana penunjang dari Acara tersebut.

Untuk persiapan dari pembuatan konten-konten video ini biasanya sudah di prepare dari sebelum acara. Dimana memang kita duduk bersama untuk membicrakan tentang video apa saja yang akan dibuat, lalu setelah itu kita akan samakan waktunya dengan rundown acara itu sendiri.

Lumayan cukup seru sih menjadi pekerja Multimedia Event ini. Dimana kita memang jadi mengetahui hal-hal yang baru, karena memang akhirnya sang pembuat konten harus hadir pada acara tersebut. Karena memang dia yang mengerti dimana dan apa saja materi video yang harus ditayangkan pada sebuah acara itu sendiri.

Untuk lama pengerjaan dari Video event ini sangatlah relatif waktunya. Kalau dari pengalaman gue, kadang gue dikasih waktu 2 minggu sebelum acara, kadang ada juga 3 hari sebelum acara. Maklum lagi-lagi kebiasaan para eo yang memang seneng banget mepet-mepet.

Tapi untuk tingkat resiko pada pengerjaan ini jauh sangat lebih kecil resikonya dibandingkan dengan pengadaan souvenir Kit untuk Event. Untuk pembuatan konten video apabila salah maka gue bisa render ulang lagi atau edit ulang lagi, sedangkan untuk souvenir Kit sudah tidak ada ampun pokoknya.

Dan gue pernah mendapatkan pekerjaan kedua-duanya. Bahkan dalam sebuah event gue pernah mengerjakan semuanya. Souvenirnya gue yang buat, videonya juga gue yang buat, alhasil gempor juga, ha ha ha ha ....

Buat Anda yang ingin membuat konten video untuk Acara Anda, maka Anda bisa mencari para motion graphic, atau memang video editing untuk menyiapkan semua konten video untuk acara Anda. Selain gue, banyak kok gentanyangan diluar sana yang memang memiliki jasa untuk pembuatan konten multimdia event ini.

Sukses selalu untuk acara Anda, gue seneng banget kalau acara yang gue buatkan konten multimedia event-nya dan acaranya berhasil. Barometernya adalah client happy.
 




Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments

Like me on Facebook