Seni Foild dan Embos

February 20, 2018


Bicara tentang cetak, tidak hanya bicara tentang tinta dan warna. Dimana banyak banget elemen yang lain yang bisa digunakan untuk mempercantik hasil cetakan Anda. 


10 Tahun yang lalu, gue mebuatkan cetakan untuk seorang pengacara di Batam yang bernama Manuel Tampubolon. Dan baru kemarin dia menelpon gue untuk membuat lagi cetakan yang sama persis seperti yang gue buat 10 tahun yang lalu (lama juga habisnya ini cetakan). 

Nah dia pernah memesan untuk Kartu nama, Amplop dan kop surat pada saat 10 tahun yang lalu. Padahal sekarang ini, gue udah hampir jarang mau mengambil pekerjaan cetakan. Tapi karena ini kasus yang berbeda, maka gue harus membantu orang yang sudah pernah percaya kepada gue. 

Manuel Tampubolon & Partner
Agak beban jika kita menerima sebuah project dari lawfirm ataupun sebuah kantor pengacara. Sudah pasti mereka akan meminta hasil yang perfect. Karena buat mereka ini adalah gengsi, maka memang harus dikerjakan secara teliti dan hati-hati. 

Apa kelebihan mencetak dengan model seperti ini ? 

Kalau kita lihat gambar diatas, warna yang keluar dari tinta hanyalah warna merah. Dan pada saat produksinya ini hanya menggunakan sablon tanpa menggunakan mesin. Atau bisa juga menggunakan mesin yang pisah warna dengan cat adukan. 

Dengan begitu maka warna merah sudah pasti bisa stabil, dan juga untuk semua warna foild sudah pasti bisa stabil (persis 99% untuk semua cetakan). Jadi dengan menggunakan model cetakan seperti ini, maka warna akan stabil untuk semua hasil cetakannya. Tidak akan ada yang belang dalam jumlah banyak. 

Manuel Tampubolon & Partner
Manuel Tampubolon & Partner
Untuk kekurangannya adalah pengerjaannya lama. Yup, sudah pasti ini pengerjaannya lama, karena semua dikerjakan dengan tangan alias Handmate. Pengerjaan Foild (Poli) itu dikerjakan dengan tangan bukan mesin. Mesin yang digunakan adalah mesin press. Maka dari itu untuk cetakan yang banyak foild dan emboss nya akan memakan waktu lebih dibanding cetak biasa. 

Wajarlah, namanya mau tampil beda, yah cara bikinnya juga sudah pasti beda. Iya kan ? 

Manuel Tampubolon & Partner
Untuk saat sekarang memang rasanya sudah jarang sekali kita melihat cetakan yang seperti Bapak Tampubolon ini. Karena memang saat sekarang adalah waktu yang sangat sibuk, dimana orang menginginkan sebuah kecepatan untuk sebuah proses. 

Makanya sudah hampir jarang sekali pada cetakan jaman sekarang menggunakan Foild seperti ini. Dan jika mana masih ada, sudah bisa dipastikan itu adalah produk perencanaan tahun 2001 an, he he he he .... 





Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments

Like me on Facebook