Menempel Sticker di gedung

May 20, 2018


Lagi musim niy, menempelkan sticker di gedung. Demam ini dimulai dari promo film sampai dengan kita lihat pada saat sekarang ini promo Asian Games. 

Pertanyaannya, berapa biaya untuk memasang Sticker pada sebuah gedung, dan bagaimana teknisnya. 

Banyak pertanyaan dari kawan-kawan gue, itu prosesnya bagaimana yah, kuat berapa lama, lalu nanti mencabutnya bagaimana, dan sebagainya. Untuk pemhasan kali ini gue tidak akan menyertakan biaya pajak. Karena memang kalau gue biasanya pajak sudah langsung diurus oleh client. 

Untuk biaya pasang, biaya pasang sticker branding pada gedung ini variatif, dimulai dari 180 ribu permeter. Harga 180 ribu permeter itu diluar dari penyewaan gondola. Biasanya pihak gedung juga yang menyediakan gondola. Karena mereka biasanya memiliki rekanan dengan vendor penyewaan gondola untuk maintanance gedung mereka.

Sekali lagi gue bilang variatif untuk harga yah. Gue survei kebeberapa vendor kira-kira sekitar segituan untuk harga branding untuk gedung. Jadi cara menghitungnya tinggal kalikan saja, Panjang x lebar x harga, yes that's it.

Bahan yang digunakan untuk sticker branding ini adalah sticker Avery. Lalu beberapa pertanyaan masuk lagi kedalam whats app gue, kenapa harus avery, kan bisa dikerjakan menggunakan Sticker Vynil.

Sticker Avery
Sticker Avery ini memiliki kelebihan tidak meninggalkan bekas pada saat nanti akan dicabut. Berbeda dengan sticker Vynil. Jika pada sticker vynil akan meninggalkan bekas pada saat dicabut, jika memang eventnya sudah selesai, maka pada sticker avery ini tidak meninggalkan bekas sama sekali.

Bahan avery ini juga digunakan untuk Branding Mobil, Branding Kereta, branding kapal, dan branding pesawat. Sangat mudah saat melepaskan sticker pada saat sudah selesai eventnya. Nah itu perbedaannya antara sticker avery dengan sticker vynil.


Lalu setelah selesai eventnya nanti, kita pasti akan dikenakan biaya untuk pencopotan dari sticker itu ?, jawabannya iya. Harganya pun sama dengan pemasangannya.

Wuidiw, besar biayanya dong ? 
Jawabannya nggak. Coba bandingin dengan pemasangan iklan pada media billboard. Untuk jangkauannya sama, Audiensnya sama, dan cakupannya sama. Tapi dibandingkan dengan biaya bikin iklan pada billboard, branding gedung ini sudah pasti lebih murah.

Berapa lama untuk pemasangannya ? 
jawabannya, untuk pemasangan 20 x 30 meter itu bisa menghabiskan waktu 3 hari. Ini diluar produksi stickernya yah. Itu hanya pemasangannya saja. Naik turun, naik turun gondola dan memastikan perencanaan dan eksekusinya juga membutuhkan waktu untuk pemasangannya.

Untuk Printingnya ? 
Printingnya biasanya menggunakan mesin-mesin jepang. Mimaki kalau gue lebih prefer dibandingkan mesin china. Dan tintanya juga memang tinta dari jepang, bukan china. 

Lama Produksinya berapa lama ? 
untuk ukuran 20 x 30 meter itu produksinya membutuhkan waktu sekitar 8 harian. Jadi kalau mau

Untuk sticker Averynya sendiri, Anda jarang sekali bisa menemukan pada digital printing biasanya. Biasanya mereka tidak stock bahannya, karena memang mahal. Untuk workshop digital printing yang biasa mengurusi spanduk dan banner, mereka nggak mau untuk menyimpan bahan avery ini. ]

Hampir bisa dipastikan uang mereka akan tidak muter, karena memang bahan itu jarang sekali diminta oleh pelanggannya. Bahkan gue survei kebeberapa tempat digital printing, mereka ada yang baru dengar bahan avery.

Yah karena memang sangat berbeda sekali pasarnya. Kalau memang mereka menyetok bahan avery ini, biasanya mereka memang khusus main di branding.






Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

2 comments

  1. kreatif juga yaa.. tampilannya jd unik,, drpd bkin spanduk sm baliho,, bentuknya gt2 aja nemplok atau ngegantung

    ReplyDelete

Like me on Facebook