Perbedaan dan Fungsi Adobe Premier dan Adobe After Effect

May 30, 2018


Keduanya sama-sama software yang berfungsi sebagai pengolah materi video. Lalu apa perbedaannya ?  Simak, tulisan gue dibawah ini. 

Tampilan Adobe Premier
Tampilan Adobe After effect
Bisa bedain ? 
Keduanya sama-sama memiliki aktifitas mengedit video. Lalu perbedaannya apa dong kalau memang fungsinya sama, dan buat apa adobe membuat dua software dengan fungsi yang sama ?

Jawabannya adalah kedua software ini tidak sama.
Jelas berbeda. Funsgi dari Adobe Premier adalah untuk mengedit video atau video Editing, sedangkan adobe After effect berfungsi untuk mebuat visual effect. 


Coba lihat video diatas. Video diatas terdiri dari 3 material. Pertama adalah bumper in, Video dan bumper out.
Video Bumper In
Materi Video
Bumper Out
Nah, bumper in dan bumper out dikerjakan dengan menggunakan software Adobe after effect, setelah selesai membuat bumper in dan bumper out, maka dijahit lah dengan video ditengahnya untuk dijadikan satu video.

Gue sih bilangnya selalu menjahit, menjahit itu prosesnya seperti menyambung video. Jadi kalau yang diatas pada dasarnya ada 3 video, lalu digabungkan dengan menggunakan software adobe premier.

Adobe premier membuat bumper in dan bumper out bisa ?
Jawabannya, nggak bisa. 


Nah, video diatas dibuat menggunakan software apa ?
Kalau untuk video yang diatas gue hanya menggunakan satu software saja, yaitu adobe After effect. Jadi kalau after effect lebih mengarah kepada pembuatan animasi atau kita sering menyebutnya adalah visual effect.

Pekerjaan after effect :




Nah kalau kita lihat diatas, semuanya adalah animasi. Jika memang digabungkan oleh video, baru deh adobe prremier lah jagonya.

Tapi sebenarnya, kalau gue lebih sering menggunakan dua-duanya. Proses visual effect gue gunakan after effect, sedangkan proses memasukkan sound untuk videonya gue masukan di adobe premier. Karena memang pada adobe premier gue bisa dengar langsung secara real time video dan lagu berjalan bersama. Kalau pada after effect, video dan musik agak lebih ribet mendengarkan pada saat editing.

Nah biasanya untuk editing video dan musik, maka gue gunakan adobe premier. Itu sih kalau gue. Banyak juga yang tidak menggunakan premier untuk mengedit musik pada videonya.

Jadi kesimpulannya adalah, adobe premier digunakan untuk editing video sedangkan adobe after effect digunakan untuk pembuatan visual effect.

Ikuti dan like blog atau suscribe youtube gue yah, jadi lo bisa tahu kapan gue update blog dan upload youtube. Terima kasih sudah berkunjung ke blog gue.




Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments

Like me on Facebook