Upgrade komputer 1 Tahun Sekali

June 03, 2018


Upgrade komputer setiap tahun, Perlu gak ?



Ini pertanyaan kebanyakan dari kawan-kawan kepada gue. Dimana mereka menggeluti dunia grafis sebagai pemula alias baru nyoba-nyoba. Terus pertanyaannya adalah, perlu gak sih kita upgrade komputer setiap tahun ? 

Kalau dari jawabannya gue sih nggak perlu. 

Kalau gue sendiri upgrade komputer biasanya gue lakukan setelah 3 tahun sekali. Gak harus setahun sekali. Karena memang gue menghitung biaya susut dan pengembalian angka aset awal. Gue beli komputer baru di 3 tahunan biasanya memang komputer yang pertama udah balik modal. 

Kok dagang, iya memang daganglah. Gue kan memang dagang visual, jasa sifatnya. Kalau memang tidak balik modal berarti gue rugi judulnya. Nah untuk sebagian anak-anak yang udah terlanjur kaya, gue punya pengalaman sih mereka gak mikirin balik modal. Karena memang jujurnya mereka membeli device mereka tinggal tunjuk, merem ..... and ..... besok langsung ada dikamarnya. Ini salah satu gue pernah alami dengan kawan gue. 

Tapi itu tidak salah, bagus-bagus aja. Karena memang tidak semuanya mendalami bidang visual ini untuk berjualan. Ada yang memang sekedar hobi, dan ada juga yang memang iseng-iseng berhadiah. 

Tapi jelas, kalau gue sudah pasti pola fikirnya adalah dagang. Sebelum membeli yang baru, maka yang lama harus balik modal dulu. Kalau gak balik modal, berarti gak bakalan ada device yang baru. Karena device lama setelah dapat project, gue selalu sisihkan untuk membeli device yang baru. 

Nah biasanya ada aja tuh. Udah kekumpul lumayan agak banyak, lihat hp keren malah mikir, beli hp itu aja dulu kali yah, nanti juga kekumpul lagi buat beli kompi baru, he he he he .... 


PERMASALAHAN KENAPA HARUS UPGRADE / GANTI KOMPUTER. 

Nah kita tarik masalahnya dulu nih, kenapa harus upgrade/ganti komputer baru. Kalau kita berbiacara software yang kita gunakan alias software grafis, require yang dibutuhkan setiap mereka meng update produknya, mereka selalu meminta spek pc yang diatas sebelumnya. Sebagai contoh : 

Require Photoshop CS5
Require Photoshop CS6
Require Photoshop CC 2017

Nah, biang keroknya dari sini biasanya. Kebanyakan orang berfikir, setiap software versi baru keluar, maka mereka harus segera menginstal software baru tersebut. Padahal kalau menurut gue itu gak sepenuhnya bener. Mereka berfikiran kalau menggunakan software terbaru maka akan terlihat lebih cool, keren, dan memang pasti mereka lebih berfikiran kearah, efek yang ada di software yang terbaru pasti lebih keren. 

Ini sumbernya kenapa kita menjadi harus upgrade/ganti komputer disetiap tahunnya. Ini baru photoshop loh, yang lebih sadis biasanya ada disoftware visual efek atau video editing. Adobe After effect atau adobe premiere. Jadi ketika komputer saat ini atau laptop saat ini dia gunakan untuk Photoshop CS6 kenceng banget, tiba-tiba tahun depannya Photoshop CC keluar dan ketika diinstal di laptopnya agak tersendat-sendat, maka paradigmanya adalah ganti laptop (oh my god). 

Pertanyaannya, apa sih yang sudah kita bisa hasilkan dari software photoshop cs6 atau software terdahulu yang udah kita instal ? 

kalau jawabannya gue udah menghasilkan karya untuk bikin brosur, leaflet, undangan, gak woth it banget untuk ganti pc lo hanya untuk software terbaru yang membuat performa device lo jadi tersendat. Kalau gue mending gue un-install lalu instal lagi versi yang lama. 

Tapi kalau memang effort-nya dirasa penting dan memang membantu performa kerja lo dengan software yang versi terbaru dan memang woth it, itu sah-sah saja. 

Bukan gue menghalangi untuk lo beli yang baru walaupun uang lo tidak ada serinya. Melainkan fikirkan juga tentang kebutuhannya. Fikrkan tentang hal lain yang jauh lebih bisa membantu kerja lo, misalnya, daripada gue upgrade pc gara-gara photoshop, mending gue beli kamera, mending gue beli alat yang lain yang bisa membuat kerja gue lebih lebar. 

Jadi teknologi itu memang selalu bergerak dengan cepat. Teknologi selalu menjanjikan kepada kita akan kemudahan, tapi satu hal yang gue mau ingetin, jangan sampai kita hanya jadi konsumen belaka dengan mengikuti seri-seri yang mereka keluarkan secara terus menerus. Coba kita perhatikan langkah kita, coba kita tanyakan kepada diri kita sendiri, apakah memang sangat mendesak untuk membeli, mengganti, merubah, pc yang sudah kita miliki hanya karena kita gak bisa nyobain satu dua efek yang terbaru dari software yang kita gunakan ? 

Kalau perlu, yah silahkan .... 




Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

2 comments

Like me on Facebook