Mobil Branding Cutting Sticker

October 09, 2018

Branding mobil, sering banget kita melihat pada saat kita berada dijalanan, mobil yang diberikan label logo ataupun tulisan informasi tentang sebuah Nama Perusahaan atau produk. 

Mobil Branding ini secara teknis memiliki 2 cara pengerjaan. Yang pertama bisa dikerjakan dengan cara printing (Sticker Printing) dan yang kedua menggunakan cara cutting sticker. Kalau menggunakan Printing maka pilhan gambar akan sesuka hati. Kalau menggunakan cutting sticker, maka peletakaan dan perencanaan gambar harus yang mantab.

Contoh, mobil dari kawan gue, Joe Tomb. Dimana dia menyapa gue minta dibuatkan untuk branding mobilnya. Dia memberitahukan gue, bahwa dia sudah nanya kepada kawan-kawannya, harga untuk branding mobilnya itu sangat mahal sekali.

Pas gue lihat modelnya, kenapa bisa mahal yah ?
Padahal itukan hanya cutting sticker. Dihitungnya hanya area yang akan dipasang. Berbeda dengan printing. Kalau printing sudah pasti dihitung persatu mobil. Akhirnya gue coba kerjakan dan buat perencanaannya.

Cutting Sticker Branding Mobil
Nah, kalau cutting sticker ini biaya yang dikeluarkan adalah 100,- /cm. Itu biayanya sudah beserta ongkos pasangnya. Nah, tinggal ukur dan buat aja deh perencanaannya.

Cutting Sticker Branding Mobil
Untuk warna sticker yang digunakan sama aja harganya. Tidak ada bedanya, yang membedakan adalah panjang dan lebar dari Sticker yang digunakan. Kalau dilihat dari perencanaannya, Joe Tomb ini hanya menggunakan satu warna sticker, yaitu warna putih saja.

Cutting Sticker Branding Mobil
Sticker mulai di cutting dan setelah dicutting stickerpun di pasang pada mobil Joe Tomb. Mobilnya jenis ayla, dan kita bisa lihat proses pemasangannya. Kunci dari pemasangan ini ada pada orang yang memasang. Gue biasanya sudah punya partner orang-orang yang memasang dengan baik. Karena kunci rapih dan tidaknya hasil pemasangan ada pada orang yang memasang sticker ini.

Baru yang kedua adalah para saat membuat perencanaan. Usahakan membuat perencanaan sesuai dengan badan mobilnya. Sticker yang diaplikasikan kepada badan atau bagian mobil lainnya haruslah pas sesuai dengan perencanaan mobilnya. Karena kalau hanya membuat desain saja tanpa memikirkan ukuran dari besar kecilnya bentuk, maka biasanya bisa beda nanti pada saat hasil akhirnya.

Cutting Sticker Branding Mobil
Nah disela-sela pemasangan, Joe tomb bilang, tolong sekalian kaca bagian belakangnya. Nah untuk kaca bagian belakang, gue biasanya menggunakan bahan Oneway Sticker yang diprinting. Untuk sticker printing oneway ini kita bisa bebas membuat gambarnya.

Cutting Sticker Branding Mobil
Nah, untuk bagian belakang, gue coba buatkan desain seperti gambar diatas. Lalu gue langsung print ke Digital Printing dan langsung pasang deh.

Cutting Sticker Branding Mobil
Lama pemasangan untuk mobil Joe Tomb ini menghabiskan waktu 4 jam sudah beserta dengan pemasangan kaca oneway belakang.

Cutting Sticker Branding Mobil
Nah, baru pertanyaannya apakah mobil Joe Tomb akan terkena pajak. Jawabannya dari dia, tidak. Dia sudah konsultasikan kepada lawyernya, bahwa kalau sticker seperti yang dipasang pada mobilnya tidak terkena pajak. Kecuali ada gambar produknya. Itu dari dia sendiri sih yang mengungkapkan.

Jujur kalau gue dari dulu, untuk pemasangan mobil branding nggak mau beserta pajaknya. Karena memang tidak begitu paham, dan kadang membingungkan.




Salam Kreatif,
#ariefabian

You Might Also Like

0 comments

Like me on Facebook