Akhirnya gue pakai juga, Telegram

November 19, 2018


Dulu ketika dikasih tau sama orang, masih gue simpan dibenak gue. Bahwa Telegram dapat mengirim video dalam durasi yang lebih panjang dari Whats app. 

Nah tiba giliran gue banyak terlibat di dalam visualnya #narjitv untuk pengerjaan videonya, maka akhirnya gue instal juga nih aplikasi. 

#narjitv
Karena setiap video yang akan tayang pada youtube channel #narjitv maka harus dikirim dahulu kepada si Artisnya langsung, Bang Narji. Maka dari itu, gue biasanya convert videonya kedalam format smartphone, tapi tetep aja kalau memang durasi video itu sekitar 20 menitan, file videonya pasti akan besar sekali. 

Ketika gue upload kedalam aplikasi whats app, upload sering sekali gagal. Jika video kurang dari 8 menitan, biasanya masih sukses upload pada whatsapp. Tapi kalau udah 10 menit keatas, biasanya gue gagal terus untuk mengirim kepada bang Narji.

Maka dari itu gue coba instal aplikasi telegram, dimana konon katanya dia bisa mengirim file dengan kapasitas lebih besar dari aplikasi whats app. Dan setelah gue coba, ternyata benar. Gue mengirim file video dengan durasi 18 menit berhasil. Tapi tetep, file di konversi kedalam format smartphone terlebih dahulu, tidak file HD nya.

Walaupun agak lama saat proses pengirimannya, tapi gue pastikan itu terkirim. Gue udah beberapa kali nyoba.

KENAPA GAK PAKAI EMAIL ? 

Nah, kenapa gak pakai email, pengalaman gue sih, untuk mengirim email segitu besarnya gue juga biasanya menggunakan wetransfer dibandingkan dengan google drive. Nah untuk beberapa orang yang belum terbiasa deengan we transfer, mereka biasanya agak males untuk mengunduh file tersebut. Padahal sama mudahnya dengan mengunduh file dari google. Ini cuma masalah kebiasaan aja,

Bahkan untuk beberapa orang seperti managernya Narji dan Bang Narji sendiri, sangat jarang sekali mengecek email mereka. Kecuali di Confirm bahwa kita kirim email. Mereka sudah sangat biasa bekerja menggunakan aplikasi chatting yang fungsinya hampir sama dengan email, karena bisa kirim file, dan kirim materi apa saja.

Kecuali untuk urusan kontrak, mereka biasanya memang menggunakan email. Tapi untuk hal yang lainnya, mereka biasanya lebih nyaman menggunakan aplikasi chatting.

Dengan aplikasi chatting mereka dapat langsung membaca, melihat, dan membalas dengan cepat jika memang ada yang kurang. Berbeda dengan email, mereka harus mengunduh, dan membuka aplikasi chatting lagi untuk membalas jika memang ada perubahannya.

Jadi kesimpulannnya, telegram dapat mengirim file video dalam size yang lebih besar daripada whats app, gue bisa bilang itu bener, bukan mitos.

Lumayan bisa kita gunakan, jika mana lo memang bergerak pada bidang audio visual maker. Jadi lo bisa kirim file draft video lo kepada klien dan dapat langsung direvisi by telegram.





Salam Kreatif,
#ariefabian

You Might Also Like

0 comments

Like me on Facebook