Hasil Cetakannya Bagus Tapi Jilidnya Gak Bagus

January 03, 2019


Pernah mengalami kejadian yang kayak gini ?
Nah yuk kita bahas kenapa penyebabnya .....



Jadi kawan gue cerita sama gue tentang keluhannya. Dimana pada saat dia nyetak, hasil jilidnya gak bagus alias gak rapih, tapi hasil cetakannya bagus. Atau ada lagi yang cerita sama gue, kalau buku yang dibuat dipercetakan, hasil cetaknya bagus tapi jilidnya kurang rapih. Kadang pada halaman masih ada paskrisnya lah, masih ada color chart cmyk nya, nah, sebenarnya itu potongannya yang meleset. 

Jadi permasalahannya ada pada tempat dimana Anda memilih cetakannya. Datang langsung ketempat cetak baik konvensional (Mesin GTO, Oliver) atau mesin digital (Indigo), mereka biasanya tidak siap dengan finishing cetakan. Finishing cetakan itu adalah : Potong, Jilid, Lem, Lipat dan sebagainya. Mereka biasanya hanya memiliki mesin cetak saja. 

Karena gini, Mesin cetak itu investasinya sudah sangat mahal sekali, Mereka biasanya tidak mempunyai satu mesin saja, kalau mereka harus menambahkan mesin finishing, maka mereka memerlukan space yang lebih luas dan uang yang lebih untuk menyiapkan mesin tersebut. Ditambah lagi karyawannya. Masih banyak percetakan yang melempar pekerjaan finisihing ketukang finishing. 

Nah, kalau pilihan mereka (percetakan) itu tepat, maka alhasil cetakan lo akan berbuah manis dan membuat lo tersenyum melihat hasilnya, bahkan pengen deh nambahin goceng buat jajan tuh tukang cetak.Tapi kalau mereka salah memilih tukang finshing maka mereka akan membuat lo bermuram durja. 

Dan ingat juga, ada beberapa percetakan yang tidak ingin prosesnya lama. Jadi gini, ada beberapa percetakan yang sudah terbiasa bermain dengan quantity banyak, sebagai contoh 20.000 pcs, maka jarang banget pembeli akan memeriksa satu persatu pesanannya. Beberapa yang bagus akan ditaro diatas, dan yang buruk akan terselip-selip diantara yang bagus. 

Dan ingat juga, kadang selera bagus mereka berbeda dengan selera bagusnya pelanggan. Mereka jarang banget yang up to date melihat bentuk yang baru. Jadi yang mereka tahu dari tahun ke tahun bentuk hanya seperti itu-itu saja. Tidak jarang dari mereka (tukang cetak) menolak untuk mengerjakan sebuah buku yang bentuknya aneh-aneh. 

Nah jadi sudah mulai paham kah ? 
Masalahnya pekerjaan finishing itu dilempar kepada rekanan mereka bukan mereka kerjakan sendiri. Kalau lo datang ke tukang cetak, coba tanya, mana mesin pond nya, mana yang bagian finishing, biasanya mereka tidak punya. Hasil cetakannya bagus, pasti, karena memang yang diawasi hanya cetakannya saja. Nah si percetakan jarang banget yang sampai mengontrol pekerjaan finshingnya, karena memang mereka dituntut untuk mengawasi percetakan sekaligus melihat mesin cetak mana yang masih nganggur, kalau sampai ada yang nganggur, maka biasanya bulan depan dia yang akan nganggur, alias kejar target.

Nah lalu kawan gue bertanya lagi nih, Jadi kalau mau cetak bagus dengan finishing bagus dimana dong rie ? 

Jadi gini, gue cerita diatas, bukan berarti semua percetakan yang bekerja sama dengan tukang finishing itu bagus, tapiiiiiiiiii ... lo harus ekstra deh nyobain satu-satu, dengan berkorban desain dan klien lo. Karena perencanaan yang lo buat itu sudah pasti keren dan disukaiin kan sama client. Ada beberapa yang bagus tetap. 

Kalau mau aman, pesen aja di Fabian Project, ha ha ha ha ha .... nggak bercanda, Fabian Project udah gak main lagi deh cetakan.

Gini-gini, lo bisa langsung datang ke Subur Printing. udah lo tinggal tidur aja deh tuh kerjaan lo selama dikerjain dia. Jangan permasalahkan budget mereka lebih mahal, mereka karena menjaga kualitas. Gue di Fabian kalau ada yang minta tolong cetak maka gue akan berikan kepada subur Printing aja. Daripada resiko salah, finshing gak bagus, dan sebagainya. 

Nomor duanya ada Mukti Printing. Itu juga lumayan. Bisa di Komplain kalau memang gak sesuai dengan dummy. Jadi setiap lo mau cetak, lo kasih dulu dummynya, kalau bisa bikin dua dummynya. Jadi dia (percetakan) pegang satu dan lo pegang satu. Jadi pas nerima hasilnya, lo bisa lihat deh cocok gak dengan dummy yang lo rencanain. 

Subur dan Mukti punya jaringan yang luas dan ada dimana-mana. Jadi mudah-mudahan ada didaerah lo. Jadi lo bisa serahin deh pekerjaan lo pada mereka, biar aman. 


Mudah-mudahan artikel gue ini bisa membantu para pembaca blog gue.



Salam Kreatif
#ariefabian

You Might Also Like

0 comments

Like me on Facebook