Kenapa Struk ATM Tulisannya mudah hilang


Rie, Kenapa tulisan pada struk ATM itu mudah hilang ?

Harusnya complainnya ke Bank nya yah, kok ke gue ? 
ha ha ha ha ha ha ....

Oke, gue coba jelasin dari sisi percetakan aja yah. Karena kalau dari sisi yang lain gue gak paham deh. Jadi struk pada ATM atau Struk pada saat kita belanja di Alfamart atau Indomaret itu biasanya mereka menggunakan kertas yang permukaannya licin. 

Walau ada beberapa gue pernah temuin bahan Struk yang mereka gunakan menggunakan kertas semacam kertas roti, tapi kebanyakan struk yang kita punya menggunakan bahan kertas yang pemukaannya licin. 

Sebenarnya, kertas yang memiliki permukaan yang licin itu ketika diprint menggunakan tinta maka si tinta dan si kertas tidak senyawa. Alias kertas tidak menyerap tinta. Nah, karena memang sikertas tidak menyerap tinta, maka alhasil tinta hanya ada dipermukaan kertas saja. Tidak menyerap seperti kita print kertas HVS menggunakan printer rumah kita. 

Kertas HVS memiliki texture yang menyerap tinta, dengan begitu si Tinta akan kokoh berdiri diatas kertas HVS tersebut. Berbeda hal dengan luntur yah. Kalau luntur memang jenis tinta yang kita gunakan pada printer kita yang buat luntur. Kecuali printer Laser yang menggunakan tinta bubuk. 

Nah jadi permasalahannya pada struk itu adalah, bahan kertas yang tidak menyerap tinta itu yang membuat tinta tidak tahan lama pada pemukaan kertas. Kalau kita masukkan kedalam kantong, atau kita letakkan di tempat terbuka, maka udara mampu mengikis tinta tersebut. 

Maka lama-lama akan hilang tinta atau tulisan yang ada diatas struk ATM tersebut. Untuk mengakalinya biasanya gue mendigitalkan struk itu dengan cara memoto. Dengan kita foto maka file yang ada didalam komputer (akhirnya gue arsip didalam komputer) akan awet dan tahan lama selama filenya tidak hilang. 

Atau yang kedua bisa dengan cara memfotokopikan menggunakan printer kita. Kalau printernya sudah bisa fotocopi maka tinggal fotocopy dari printer Anda, kalau tidak bisa maka bisa anda scan terlebih dahulu dan print, lalu taruh deh di arsip dimana Anda akan menyimpan. 

Kalau permasalahan kenapa mereka masih mempertahankan print struk menggunakan bahan kertas itu ? silahkan tanya saja ke Banknya.Gue menemukan struk dengan bahan kertas yang seperti kertas roti jarang banget. 

Nah jadi itu sih penjelasannya kenapa tulisan pada ATM mudah hilang. Bukan luntur yah, tapi hilang. Karena tulisan di ATM itu tidak luntur, melainkan hilang dalam jangka waktu tertentu. Terima kasih sudah membaca blog gue, mudah-mudahan bermanfaat buat pembaca blog gue. 



Salam Kreatif, 
#ariefabian

4 comments:

  1. Yang mudah hilang itu printer thermal bang bukan printer tinta, dan yg licin itu kertas berlapis semacam karbon yang bila kena panas akan menghitam(coba deh setrika) hehe

    #cmiiw

    ReplyDelete
  2. Berarti itu struk yang dicetak pakai thermal printer kalo kena udara dingin hilang tulisannya yah?
    Wah bahaya juga ya kalau untuk bukti pembayaran, harus dicopy atau discan dulu.

    ReplyDelete