Sosial Media yang harus dimilki oleh Designer


Hai Friend, ketemu lagi kita ....
Sosial media apa saja yang harus dimiliki oleh designer ?

Okeh, kalau menurut gue, seorang designer haruslah memiliki medium dalam menunjukkan portofolio apa saja yang sudah mereka kerjakan. Nah, jaman sekarang ini sudah sangat enak sekali, dimana sosial media sudah bisa dijadikan medium untuk para designer memamerkan portofolionya. Nah cuma ada beberapa sosial media yang harus dimiliki oleh seorang designer kalau menurut gue.

Karena memang ada beberapa platform sosial media yang memang dibuat untuk para desainer. Diantara lain :

1. Instagram 

Sosial media ini sudah pasti banyak yang tahu pasti. Dimana sosial media ini memang tergolong masih sangat umum. Banyak digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Sosial media ini berbasis foto atau gambar. Nah, sangat baik sekali nih kalau para designer memiliki sebuah akun pada sosial media ini. Karena memang dia bisa menampilkan porfotolionya pada akun instagram miliknya.

Instagram memiliki Gallery Foto yang memang bisa dilihat oleh orang lain. Jadi kalau lo pajang semua foto lo pada Instagram, maka portofolio lo bisa dilihat oleh calon konsumen atau client lo. Jangan lupa at Instagram gue @ariefabian3

2. Behance

Behance, udah mulai asing nih di telinga. Behance adalah sebuah Platform sosial media yang memang dibuat khusus para designer. User di Sosial media ini biasanya memang seorang desainer. Dan bisa dilihat pada link ini, Behance, dimana semuanya isinya adalah desain-desain atau portofolio Design. Jadi buat para desainer biasanya harus punya Akun pada sosial media ini. 

Sama seperti intagram, selain foto, behance juga bisa menyimpan file video Anda. jadi selain gambar, file video juga bisa kita masukkan pada sosial media ini. Udah buat akun behance belum ? 
Kalau sudah buat di follow yah akun behance gue, linknya ini.

3. Pinterest

Yup, buat gue yang ketiga adalah pinterest. Ini juga sangat penting buat para desainer. Kalau kita buka sosial media ini, maka isinya juga bisa kita lihat gambar-gambar para desainer yang terpajang disana. Pinterest ini memang sebuah platform sosial media untuk para desainer. 

Hanya saja, pinterest ini hanya bisa menampilkan gambar saja, sedangkan untuk video, kita tidak bisa menguploadnya. Makanya untuk yang satu ini gue punya akun cuma jarang banget gue update. 

4. Youtube

Wah, kok Youtube, bukannya youtube hanya untuk video saja. Bener banget, Youtube memang hanya untuk video. Tapi bukan berarti lo yang sebagai graphic designer gak boleh punya akun youtube. Bikin dong akun youtube, lalu masukan portofolio gambar kamu kesana. Dengan cara, kumpulkan semua portofolio desain lo, lalu jadikan video slide, dan upload deh. Dengan begitu kita bisa punya gallery Design di Youtube channel kita.

5. Dribbble

Nah yang terakhir ada dribbble. Ini Platform sosial media yang sangat susah sekali kalau menurut gue. Karena memang untuk bisa show off portofolio lo, lo harus di invite dulu sama seseorang yang memiliki akun disana. Nah buat lo yang punya invitation dari Dribbble, jangan lupa invite gue loh yah. 

Sosial media ini memang dibuat untuk designer. Dimana sosial media ini isinya adalah desainer semua. Cocok banget buat lo yang memang ingin menunjukkan portofolio lo disini. 


Nah Friend, kalau menurut gue sih itu 5 sosial media yang memang harus dimiliki oleh para designer. Bikin akun di lima sosial media itu, lalu pajang portofolio lo, dan tunggu deh. Tidak menutup kemungkinan kita bisa mendapat Klien dari luar negeri alias dari negara lain. Kalau menurut pengalaman gue sih itu sangat mungkin-mungkin saja. 

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh desainer Indonesia. Salah satunya, orang yang diluar negeri sana sudah sangat tahu sekali kalau memang harga desain di Indonesia masih sangat relative murah dibandingkan dengan desainer lainnya. So, terus kreatif, dan terus sharring yah friend. 

Terima kasih buat waktunya untuk membaca blog gue. Kasih saran dan komentar pada kolom komentar dibawah ini. 



Salam Kreatif, 
#ariefabian

No comments:

Post a Comment