Sebuah Persiapan Event Kemendes, Solo


Kali ini mengambil pengalaman gue waktu menggelar event pameran di Kota Solo. Dimana gue diminta untuk membuat perencanaan untuk sebuah pameran untuk UMKM kelolaan dari Kementrian Desa. 
















Survei satu kali gue merapat ke Hotel yang akan diselenggarakannya. Dilihat dari kebutuhannya, maka mereka membutuhkan 20 Stand yang tandanya mereka membutuhkan 20 stand Partisi. 

Dimana saat gue hitung dari lokasi luas area, sampai dengan keseluruhan tempat diadakannya acara, maka gue hitung, area cukup untuk dipasangkan stand sebanyak 20. gue buat sebuah layout untuk acara, dimana memang ada beberapa stand yang gue letakkan didepan dan ada beberapa stand yang gue letakkan didalam. 

Jadi acara akan berlangsung 3 hari. Hotel yang digunakan di solo pada saat itu adalah hotel Lor in, Solo. Lor in Solo ini memiliki halaman yang cukup luas pada auditoriumnya. Jadi memang pada halamannya bisa dipasangkan 16 partisi dan sisanya gue letakkan didalam.

Dari segi perencanaan, dimana pada saat gue estimasi, jika gue bawa barang gue dari Jakarta, maka cost overhead dari produksi jadi membengkak. Dimana gue harus menanggung perjalanan truk yang akan berangkat dari Jakarta beserta orang-orangnya. Beruntung orang gue yang di workshop memiliki koneksi di Solo, jadinya gue akhirnya pakai vendor lokal yang memang sudah memang kenal dari jakarta. 

Jadi kalau menurut gue, punya workshop sendiri juga tetap harus pintar-pintar menghitung budgeting. Kalau memang budget tidak masuk untuk menggotong barang sendiri, gue prefer pakai vendor lokal. Alhamdulillah fabian project memiliki banyak koneksi diluar kota. Jadi gue tidak begitu sulit untuk menentukan vendor kalau memang acara diluar kota.

Kembali lagi, yang penting perencanaannya kuat dan memang sudah kita buat dari Jakarta. Maka menggunakan vendor sendiri dan vendor lokal tidak jadi masalah harusnya. 


Buat lo yang membutuhkan support event kayak Kemendes ini, lo bisa hubungi gue atau Fabian Project. Kita bisa diskusi semuanya buat yang terbaik untuk pameran Anda.



Salam Kreatif, 
#ariefabian

No comments:

Post a Comment