Konversi File Video Youtube untuk Kirim Melalui HP


Disetiap kali gue akan naikkan ke Youtube Channel, maka gue biasanya mengirimkan video draft kepada grup. Dimana video Draft itu gue kirim untuk meminta kawan-kawan untuk mengkoreksi bersama video yang sudah gue buat untuk dinaikkan kepada youtube. 

Nah, pertanyaan yang sangat mendasar adalah,kalau kita ingin mengirim video melalui pesan singkat seperti whats up, maka kita akan bermasalah dengan size. Kita tidak akan bisa mengirim file video dengan file size yang besarnya 1 Gb. Karena memang ukuran asli dari file tersebut, nah itu pasti ada triknya untuk kita bisa meluluskan niat kita mengirimkan video tersebut melalui grup di Whats up.

Kali ini software editing yang gue pakai adalah Adobe Premier, dan setelah selesai gue mengedit file video yang sudah selesai, gue baru fikirkan output file yang akan gue perlukan. Yang pertama adalah gue kirim ke grup dulu yang mana file yang gue butuhkan adalah file yang berukuran kecil, dan yang kedua baru nanti gue akan render untuk ukuran sebenarnya.


Nah sekarang kita punya beberapa kategori file yang berukuran kecil. Mulai dari adaptive low  Bitrate, Mobile Device 480 SD Wide, Twitter 720 HD, Vimeo 480 SD Wide. Nah yang pertama kita harus ingat adalah, membuat file menjadi kecil tapi jangan juga merubah dimensi dari video kita berubah. Itu agar biar tetap enak ditontonnya pada saat kita kirimkan file kita melalui Handphone.

Untuk video sekarang ini, dimensi ukurannya sudah pasti dengan ratio 1280 x 720, dan dimana biasanya size ukuran 720 nya diambil sebagai nama dari ukuran video tersebut. Seperti contohnya, Twitter 720 HD. Sebenernya Mobile device 480 SD Wide juga bisa kita gunakan, biasanya gue juga menggunakan rendering dengan file tersebut.

Untuk melihat file yang akan kita render nantinya menjadi berapa ukuran filenya, maka coba kita pilih salah satu. Sebagai contoh :


Gue memilih Mobile Device 480 SD Wide, maka gue akan mendapatkan file 275 MB untuk hasil jadi dari file video kalau gue merender video gue dengan settingan mobile Device 480 SD Wide. Kita coba yang kedua nih :


Nah kita bisa lihat, untuk settingan twitter720 HD maka file yang akan kita dapatkan 646 MB. Nah mana yang Anda sukai, silahkan Anda memilih, Buat gue, pasti akan gue pilih yang ukurannya paling kecil. sudah pasti 275 MB gue akan gunakan settingan itu. Dimana kita tau, mengirim file lewat whats up sudah pasti kita harus memikirkan file size yang akan kita kirim.

Kualitas gambarnya nanti gimana ?
kalau memang itu kebutuhannya untuk review tayangan dan diputar pada handphone atau ipad sekalipun, seharusnya itu aman-aman saja. Asal lo jangan upload ke Youtube file yang itu. Karena jika lo upload file yang itu, sudah pasti akan pecah gambarnya. Karena secara logika saja, gambar dikompres menjadi kecil maka pixel juga akan berkurang.

Sejauh ini gue aman-aman saja, baik meminta approval dari bang narji, maupun dari Adjie yang mana tayangan yang akan gue naikkan, sudah pasti gue harus minta persetujuan terlebih dahulu. Karena memang itu akan menyangkut dari pertanggung jawaban dari orang tersebut pada saat kontennya naik ke youtube.

So, itu dulu yah gue buat postingan untuk kali ini. Buat lo yang punya pertanyaan seputar video ataupun seputar youtube channel, coba aja tulis dikolom komentar dibawah ini. Kalau memang pertanyaannya bisa gue reply akan gue reply kalau gak bisa akan gue buatkan postingan baru buat lo yang bertanya.

Salam kreatif selalu, salam proses, salam terus membuat karya.



Salam kreatif,
#ariefabian

No comments:

Post a Comment