Mac tidak bisa baca hardisk NTFS, KENAPA dan BAGAIMANA ?


Hai sobat sobat sekalian, ketemu lagi sama tulisan gue yang baru lagi gue tulis sekarang. Pernah ngalamin kayak gini gak ? 

Kalau lo biasa mengedit video, maka ini akan menjadi masalah besar buat lo, apalagi lo pelihara PC dan mobile device lo adalah macbook pro.Tentu ini akan bermasalah, ketika kita mengcopy file sementara kita di Macbook pro, lalu sesampainya dirumah, lo mau copy kedalam hardisk eksternal lo dan tadaaaaaa ternyata hardisk eksternal lo systemnya Fat 32 dan NTFS.

Gue gak mau ngejelasin apa bedanya fat 32 dan NTFS, kalau lo mau tau bedanya klik aja nih di blog ini. Tapi yang sangat menyengsarakan adalah, ketika sekalipun system di hardisk lo itu adalah Fat 32 yang notabene nya bisa di baca tulis dengan macbook lo, tapi begitu lo mau copy gak bisa. komentarnya adalah file terlalu besar, padahal di hardisk eksternal lo masih banyak kosongnya.

Itu dikarenakan pada system Fat 32 kita dibatasi dalam penulisan file kedalam hardisk tersebut. Benar, hardisk lo masih kosong banyak, bahkan untuk mengcopy file 5 GB saja kedalam hardisk yang memiliki System Fat 32 itu tidak akan bisa.

Nah satu-satunya cara, maka lo harus menginstal aplikasi pada macbook lo. Aplikasi itu akan bisa membuat Macbook pro lo jadi bisa baca tulis NTFS. Nah ini semua gue alamin, dalam bermain video, sudah pasti output filenya besar, iya kan ?

Karena biasanya file yang dihasilkan dari kamera akan memiliki size yang besar. Lalu gue cobain software yang sudah tentunya aman, karena memang gue udah cobain. lo bisa klik link softwarenya disini. 

Nah bener, aplikasi yang gue gunakan adalah mounty. Aman, gue udah cobain, dan gratis. Lo tinggal klik link yang ada dihalaman tersebut, lalu download, dan instal. Instalnya juga cukup mudah, lo tinggal instal dan drag iconnya kedalam folder aplikasi lo.


Nanti setiap hardisk yang lo colok akan nongol notifikasi, klik yes. Dan hardisk Anda akan berubah menjadi Mounty for NTFS. Lo bisa copy sekarang file video lo kedalam hardisk NTFS punya lo. Done.

System operasi yang gue pakai di macbook pro gue apaan, oke nih :


Yap, X EL Capitan. Gue lumayan agak ribet buat upgrade sistem OS di macbook gue. Yang penting masih sangat compatible dengan pekerjaan gue, yowes gue pakai aja.

Mudah-mudahan artikel gue bisa bermanfaat buat sobat sekalian. Karena memang jika mana gue ingin share tentang software pada blog gue ini, sudah pasti udah gue gunakan dulu alias gue cobain dulu. Kalau aman baru deh di share. Karena memang gue bukan endorse software ini. Hanya saja, begitu gue coba berhasil. Dan gue share ini takutnya sobat sekalian punya masalah yang sama dengan gue.


Thank you, salam Kreatif,
#ariefabian

No comments:

Post a Comment