Pengalaman mengurusi sosial media Narjitv

#narjitv

Menjadi designer yang mengurusi konten sosial media klien kalau menurut gue susah-susah gampang. Karena memang kalau orang melihat menjadi seorang pembuat konten sosial media itu kayaknya gampang banget, tapi sebenarnya gak gampang juga sih. 

Sudah hampir mau jalan 1 tahun gue pegang sosial media bang narji. Dimana 3 bulan pertama itu susah banget. Karena kita harus dapat pattern dan programnya. Apa saja yang akan kita posting, dan schedulling jadi sangat penting. 

gue coba rutin membuat sebuah postingan 1 hari minimal banget 1 hari posting. Dengan diawali dengan menjelaskan activitiy dari bang narji sendiri. Ikut kebeberapa acara dia, mengerti tentang dia, do and dont, dan segala macamnya itu gue adaptasi 3 bulan. 

#narjitv

Ada foto yang bang Narji tidak suka diambil pada saat-saat tertentu, dan ada juga memikirkan privacy dari bang Narji itu sendiri. Dimana kita dalam mengambil sebuah gambar (memoto) harus juga memikirkan keselamatan dari bang Narji itu sendiri juga. 

Gue menanyakan kepada dia, gimana kalau gue foto anaknya dia, plat nomernya dia, nomer rumahnya dia. ambil gambar didalam rumahnya dia yang private, dan sebagainya. Kita harus mengerti mana yang aman untuk di publish dan mana yang membahayakan dia. 

Itu jauh dari perkara design. Belum masuk keranah teknis design, baru diseputaran keamanan. Jadi bukan hanya mampu menggunakan photoshop atau software design yang lainnya, melainkan hal-hal diluar teknis juga kita harus mampu memprediksi, kalau kita posting sebuah visual atau gambar disosial media, akan berdampak apa kepada sang figur, kalau memang membahayakan, maka ada baiknya kita tanyakan terlebih dahulu. 

3 bulan pertama, selalu ada postingan yang diminta untuk diturunkan dari IG narjitv, atas arahan baik dari manajernya atau dari Bang Narji sendiri. Nah fase itulah yang menurut gue sangat kritis yang harus kita pahami, apa maunya dari klien. Kalau kita gak bisa beradaptasi, maka akan membuat klien tidak nyaman, jika memang klien tidak nyaman, maka kerjasama akan dihentikan. 

#narjitv

Jadi kita harus belajar dengan cepat, kalau gue kemarin memang memasang target 3 bulan gue harus dapetin apa maunya dari bang narji. Setelah postingan activity, barulah gue dapat tematiknya dari designnya. Jadi memang awal-awalnya, postingan pada narjitv belum menggunakan design yang tematik. Dikarenakan memang masih trial. 

Dilanjutkan dengan warna, style, mood, dan lainnya untuk bicara visual. Kalau bicara tentang mood, kita sudah tahu sendirilah, bahwa bang narji ini memang seorang komedian, maka mood yang dibuat harus ceria, agar kesan lucunya dapat. Mulai dari Biru sampai sekarang sudah kuning moodnya, dan ditambahkan lagi efek grafis-grafis yang memperkuat dari foto itu sendiri. 

#narjitv

Kuncinya, setelah tahu apa yang dimaui oleh bang Narji, maka gue bisa langsung mengekspresikan grafis-grafis buatan gue. gue bisa explore seperti apa yang gue mau, dan sekarang sudah hampir tidak pernah dicomplain lagi dengan bang narji. Dan beberapa program di Postingan Narjitv juga sudah berjalan sesuai dengan apa yang sudah gue berikan konsepnya kepada bang Narji, 

#narjitv

Maintanance sosial media public figure merupakan pengalaman yang sangat berharga buat gue. Dimana gue bisa dapat pengalaman banyak tentang dunia komedi. Dan alhamdulillah gue sekarang diminta untuk memegang sosial media Paski Banten juga atas arahan bang Narji.Karena memang Bang Narji di Nobatkan sebagai ketua Paski Banten.

Paski Banten
 

Kalau boleh buka-bukaan, kalau seumpamanya lo memang seorang graphic designer, mengelola visual sebuah public figure secara teknis sudah pasti gak akan ada kendala. Kalau bicara taste, mood, dan style kalau menurut gue bisa dikejar. Tapi pendekatan emosional sampai dengan maunya si public figure itu sendiri bukan perkara mudah. 

Kalau memang dia tertutup, maka tugas lo harus banyak nanya alias bawel tentang apa yang dia inginkan dan tidak inginkan. Lo harus masuk kekehidupannya dia, melihat kebiasaannya dia, mengikuti jadwalnya dia, dan harus nanya pada saat nemu moment, ini boleh di upload apa nggak. 

Dan selebihnya tinggal masalah teknis aja seperti yang tadi gue bilang, taste, mood dan Style. Kita juga harus up to date dengan apa yang terjadi saat ini. Harus banyak baca berita, liat yang trending, liat trend dan yang lainnya. Pelajari public figure selevel dengan yang kita pegang, perhatikan gaya postingannya, ide postingannya, dan sebagainya untuk bahan kita riset ingin dibuatkan apa konten si publik figure yang kita pegang ini. 

#narjitv
#narjitv

#narjitv

Nah kurang lebih gitu deh pengalaman gue mengurusi sosial media bang narji alias Narjitv. Kalau lo juga punya pengalaman yang sama, ceritain deh dikolom komentar, Atau ada yang mau nanya-nanya juga boleh, tukar-tukar pengalaman. 

Makasih sudah mampir diblog gue yah, salam kreatif. 


#ariefabian





No comments:

Post a Comment