Apakah benar PERCETAKAN SUDAH MATI ?

 


Hayo ... Kalau ada pertanyaan kayak gitu jawabannya gimana kira-kira ? Coba lihat jawaban gue yuk. 

Banyak orang menggaung-gaungkan bahwa bisnis percetakan sudah mati. Tukang cetak bakal pada tutup semua, Percetakan bakal tidak ada lagi di muka bumi ini. Jiahahahahahaha.. 

Jawaban dari gue sih NGGAK. Darimana barometernya mati, kalau berkurang iya. Sekarang percetakan itu memang mengalami penurunan hopla percetakannya. Tapi kalau dibilang mati, masih terlalu dini, Kenyataannya, kalau kita ke bank setor uang, memang bisa digital ? walaupun sudah ada mesin atm setor tunai, kenyataannya di Bank kalau kita mau setor tunai masih aja antri tuh,

Nah kalau kita setor tunai, yang kita tulis dikertasnya itu bukti setor itu dibuatnya menggunakan apa ? ya sudah pasti percetakanlah. 1 bank memiliki berapa cabang, dan satu cabang memiliki berapa banyak kebuthan cetakan bukti setor tunai ? kebayang kan ? itu baru 1 bank loh. Ada berapa banyak bank di Indonesia. Dan itu baru bank. 

Buku pelajaran sekolah masih ada bukan ? gak bisa juga digantikan dengan website. Lah buku pelajaran itu sudah pasti dicetak. Resep dokter, yang mana ada kop suratnya pada resep tersebut, itu sudah pasti dicetak, dan masih banyak lagi. 

Pada dunia advertising iya, memang mereka mulai banyak mengurangi materi kertas karena memang sudah bisa digantikan dengan digital. Dan kalau menrut gue masih banyak hal lain yang belum bisa digantikan dari kertas. 

Ada sebagian pemikiran, sebuah kontrak tidak ditanda tangani diatas kop surat kertas, berasa kurang gimana gitu rasanya. Karena memang kalau digital kita tidak bisa memegang bukti fisiknya dan sebagian orang masih berasa kurang afdol.

Misal nih, kalau lo beli rumah, lalu sertifikat dan surat-suratnya digital semua, berasa ada yang kurang gak sih kalau lo beli rumah ? rasanya senengan nyimpan fisik bukan dibanding digitalnya ? 

Nah, kalau menurut gue, selama pemikiran itu ada, percetakan gak bakalan mati sih, Sekali lagi gue bilang kalau berkurang gue sepakat. Memang pada kenyataannya banyak yang memang mulai migrasi dari mesin cetak konvensional (GTO, OLIVER dsb) ke mesin yang digital.

Kalau menurut Anda bagaimana ? 



Salam Kreatif, 

#ariefabian 






Comments