Bab Perjalanan Gue pada era Youtube saat ini

 


Waktu terus bergerak, begitupun dengan kebutuhan visual saat ini. Dimana kita bisa melihat banyak hal yang sudah berubah. Kalau kita bicara tentang beberapa waktu yang silam, dimana era text pada twitter merajai pada saat itu lalu digeser oleh instagram yang mengedankan Foto dibandingkan dengan kata-kata, maka pergeseran pun terjadi. 

Yes, perlahan tapi pasti, orang banyak yang bermigrasi kepada dunia foto. Sedikit berbicara gambar yang menyampaikan pesannya. Lalu era bergerak lagi, dimana tiktok mulai hadir dengan full videonya, lalu Instagram sepertinya belajar banyak dari pengalaman sehingga dia update fitur menjadi memiliki IG Reels. 

Seiring dengan pergerakan itu, maka kebutuhan kebanyakan perusahaan untuk pemasarannya pun ikut berubah. Karena memang mereka butuh panggung yang memiliki penontonnya. Nah seiring dengan berubahnya strategi pemasaran maka berubah juga kebutuhan akan materialnya. 

Jika awal mereka mencari penulis-penulis blogger, lalu mulai mencari fotografer, sekarang ini yang jadi primadonanya adalah videografer. 

Seiring dengan perubahan itulah, maka gue juga harus ikut bergerak mengikuti kemana mereka bergerak. Sekarang gue coba membangun sebuah media yang bernama B Media digital, kalau lo mau lihat ada tuh instagramnya akunnya bernama bmedia_digital.


Disana gue menyiapkan designer dan seorang editor serta gue bangun studio tempat syuting. Nah karena memang kebutuhannya sudah sampai sini. Saat ini gue lebih banyak bermain di ranah video. Dimana gue persiapkan memang studio gue ini bertempur untuk mengerjakan material promo dalam bentuk video. 


GAK KONSISTEN ?

Kalau buat gue konsisten itu untuk bidang yang gue jalankan. Bidang yang gue jalankan masih di area marketing support atau branding support. Jadi begitu kebutuhannya bergerak maka gue juga harus bergerak. Kalau tidak bergerak, maka gue akan ketinggalan. Gue selalu mengejar, apa yang mereka butuhkan, karena menurut gue itu adalah pasar yang gue incer. 


Gue mengerjakan pekerjaan pembuatan video, pembuatan motion graphic dan fotografi. Buat gue itulah tantangan dijalan yang gue jalankan. Gue memilih jalan ini karena memang ini sangat menarik buat gue. Bergerak terus dan tidak monoton membuat gue jadi sedikit tertantang untuk selalu beradaptasi kepada banyak hal. Dan satu hal lagi, gue harus kolaborasi bersama anak-anak muda pada saat sekarang ini.Gue harus mensadari kalau memang saat ini adalah eranya mereka. Style design, tematik warna, taste, bisa dibilang mereka yang lebih banyak mendapatkannya dibandingkan gue.


Jika bisa berkomunikasi dengan mereka (Anak-anak muda) jujurnya mereka asik. Semuanya gue bawa asik aja. Dimana memang mereka masih memiliki semangat yang menggebu-gebu, dimana mereka masih memilki keinginan explore yang sangat tinggi, itu yang membuat gue jadi berasa muda lagi, he he he. 


Anda bisa menikmati karya-karya terbaru gue di channel youtube :

B Media digital untuk tayangan-tayangan channel youtube dan B Visuel untuk portofolio visual yang gue kerjakan sampai saat ini. Terima kasih buat yang sudah berkunjung, dan selamat mengikuti. 



Salam Kreatif

#ariefabian





Comments