Bukan kita harus punya apa baru bisa menciptakan apa, tapi dibalik

 

Sayang, gue gak punya laptop keren, jadinya gue gak bisa membuat design yang keren kayak dia. Sayang gue gak lengkap peralatan gue, makanya gue gak bisa membuat animasi kayak si X. Sering mendengar omongan kayak gini gak ? yuk kita bahas. 

Pertanda apaakah orang yanga gue sebutin diatas ? 

Orang malas

Yup, bener orang yang kayak diatas itu gue bilang adalah orang malas. Dia akan memiliki sejuta alasan untuk berkeluh kesah kepada keadaan agar dia terlihat hebat. Dia akan banyak menyalahkan keadaan dan menghindari kerja yang maksimal. Menurut pengalaman gue, ketika barang yang dia maksud dia sudah miliki, sudah pasti akan ada alasan baru lagi yang dia utrakan yang lagi-lagi untuk dijadikan alasan dia untuk tidak bekerja maksimal. 

Jangan nunggu punya apa untuk membuat karya apa. Tapi dibalik dong mindset-nya. Kita harus mengerjakan pekerjaan ini untuk bisa dapat device yang lebih canggih lagi, untuk mendapat uang dan akhirnya kita bisa membeli apa yang menjadi kekurangan kita didalam mengerjakan sebuah pekerjaan. 

Pernah dengar cerita tentang pixar studio. Dimana dia mengerjakan pembuatan film animasi Toys Story hanya dengan spek komputer yang ada saat itu. Mungkin kalau mereka semua beralasan komputer mereka kurang canggih dan hanya meratapi nasib, maka Toys Story tidak akan pernah lahir sampai hari ini. 

Kalau menurut gue keterbatasan bukanlah satu hal yang layak untuk dijadikan alasan sehingga kita tidak mengerjakan pekerjaan kita secara maksimal. Apalagi berbicara tentang keterbatasan alat, sangat tidak mungkin kita jadikan alasan untuk kita tidak bisa menjadi bekembang. 

Selalu menjadi tantangan, bagaimana kita caranya dalam melawan keterbatasan sampai mendapatkan hasil yang menakjubkan, justru itulah sebuah karya. Kalau memang semua orang ingin berkarya tapi harus menunggu semuanya lengkap dulu, gue rasa sampai sekarang tidak akan ada kita melihat sebuah karya yang keren. 


Tahu siapa orang diatas ? 

Tahu karya beliau dengan karakter tikus dan bebeknya. Yup, mickey mouse dan Donald Duck merupakan salah satu karya dari dia yang sangat kita kenal saat ini. Tahu cara mengerjakannya ? kebayang pada saat dia mengerjakan pekerjaan pembuatan film animasi pertamanya ? Komputer sudah ada atau belum ? kalau memang sudah ada, gue bisa pastikan, komputer yang ada pada saat itu tidak akan secanggih komputer sekarang. Kalau pada era walt disney sudah bisa bikin film animasi bagaimana pun caranya padahal teknologi pada saat itu masih belum sangat mendukung untuk membuat animasi, tapi walt disney berhasil menerbitkan film animasi yang tidak sedikit loh jumlahnya. 

Nah itulah pointnya yang pengen gue sampaikan, dimana kita bisa melihat kalau kita punya kemauan pasti ada jalannya. Kebanyakan kemauan kita kurang kuat, kurang gigih, pada saat kita menemukan kendala, maka dicari dulu apa yang bisa kita jadikan alasannya, baru kita berlindung dibelakang alasan itu. Padahal bukan itu kuncinya dari keberhasilan dalam menciptakan karya.

Steve Job menciptakan Macbook bukan menggunakan Macbook, Bill Gate menciptakan windows bukan dengan komputer yang canggih, lah komputernya aja belum ada yang secanggih itu, barulah sekarang dia membuat sebuah komputer yang canggih yang membuat orang-orang semakin manja dan akhirnya berlindung dibalik alasan yang hanya pada sebuah alat. 

Kalau buat gue, tantangannya adalah dengan alat yang kita punya sekarang ini, kita harus bisa membuat sebuah karya yang keren banget. Justru keterbatasan itu akan menstimulan otak kita agar bisa lebih kreatif lagi untuk membuat sebuah karya kita menjadi sangat indah, dan pada saat karya Anda selesai, orang akan berguman dalam hatinya, kok bisa sih membuat karya itu dengan komputer jaman sekarang, dan selebihnya, biarkan mereka menebak-nebak sendiri.  Itu baru keren kalau menurut gue.

Pernah pengalaman dengan orang yang kayak gini ? Ceritakan pengalaman lo yah dibawah atau dikolom komentar gue. Salam kreatif, 

#ariefabian






Comments