Pengen Terus membuat Karya (Lagi)

 

Kalau ditanya, apa keinginan gue selanjutnya, jawabannya adalah membuat karya lagi. Lalu selanjutnya, jawaban gue pun sama membuat karya lagi. 

Karya yang gue maksud disini adalah sebuah karya yang selalu update dengan perkembangan dan kebutuhan dari sebuah jaman itu sendiri. Gue paling seneng banget lintas media, mulai dari percetakan seperti yang lo pada udah baca, sampai dengan saat sekarang gue main ke video dengan media Youtube Channel. 

Nama dari B Visuel sendiri adalah hasil dari kolaborasi dengan anak muda ditempat gue sekarang ini. Dimana Nama dari B Visuel yang memilih adalah anak muda itu sendiri. Dia bilang ingin ada yang beda dari sebuah penamaan visual yaitu dengan menggunakan kata Visuel. 

Kalau menurut gue, era sekarang adalah eranya mereka (anak-anak muda), maka gue harus bisa dengan baik berkolaborasi dengan mereka. Kalau kita berbicara youtube sendiri, penghuninya sudah hampir bisa kita pastikan isinya adalah anak-anak muda yang memang senang menonton. Maka dari itu strategi gue kali ini adalah harus berkolaborasi bersama mereka. 

Produk yang bisa bertahan sampai saat ini adalah sebuah produk yang mampu beradaptasi dengan jaman. Itu selalu gue pegang dan selalu gue terapkan kepad diri gue untuk selalu beradaptasi. Gue gak mau egois dengan memaksakan apa yang gue bilang bagus tanpa memikirkan saat ini, jaman ini adalah jaman mereka. 

Mereka memiliki taste yang berbeda, mereka memiliki move yang berbeda, teknik bermain warna yang berbeda, begitu juga kita bisa melihat komposisi yang mereka buat adalah sebuah komposisi yang sangat energik. Nah tugas gue adalah membuat balance itu semua, karena terlalu energik juga tentunya akan memorsir tenaga didepan membuat mereka akan kelelahan disaat lari jarak panjang.

Senang berbicara tentang produk kreatif, Jasa kreatif, jasa yang memang sangat terus berubah dan sangat seru kalau menurut gue. Termasuk gue gak bisa menolak kehadiran sebuah platform sosial media yang sudah banyak sekali saat ini untuk bisa gue gunakan dengan bijak. 

Maka dari itu, gue coba terus beradaptasi dengan cara melihat apa yang terjadi sekarang dan memprediksi apa yang akan terjadi esok hari, sebulan nanti dan setahun nanti. Itu bisa kita lihat pergerakannya kalau memang kita terus mengikuti perkembangan dari sebuah bidang yang kita sukai. 

Karena memang tantangan bagi klien-klien gue mulai kompleks sekali, mereka mulai memiliki banyak keresahan, dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. Mereka sebagai produk selain beradaptasi, mereka juga selalu mengejar ingin terlihat muda agar diterima oleh anak-anak muda yang sangat menguasai pasar sekarang. 

Maka kita harus banyak memahami bagaimana pola anak-anak muda pada saat sekarang ini dalam mengambil keputusannya. Coba juga memahami habit-nya, memahami apa yang dia sukai, dan sebagainya. Nah, untuk sampai kesana, maka kita memang harus bisa blend kepada mereka. Tidak cukup dalam kalau kita hanya melihat kebiasaan mereka lewat sosial media. Karena memang mereka semuanya sangat pintar sekali bermain image dalam membentuk sosial medianya. 

Nah, B Visuel yang baru seumur jagung, sudah menelurkan 90 karya video yang gue upload didalam channel Youtubenya. Asyik terus berusaha mengejar sudut pandang anak-anak muda sakarang. Walaupun Rebel, tapi menurut gue inilah kreatif sesungguhnya. Kita seolah-olah tidak bisa menebak, apa yang akan bakalan tren, karena memang pola fikir mereka yang sangat cepat sekali berubah. 

Setidaknya 90 karya yang gue buat kali ini, adalah karya yang gue buat bersama mereka. 


Salam Kreatif, 

#ariefabian

 




Comments