Dengan Motion Grafis, sebuah video menjadi lebih asik dilihat

 

Kalau kita berbicara tentang motion grafis, jarang sekali banyak diketahui oleh orang awam, Tidak seperti editor video yang memang dapat dimengerti. Pekerjaan motion grafis sering sekali diminta oleh orang awam kepada video editor, dan bagi video editor, membuat motion grafis adalah pekerjaan yang berbeda karena itu bukanlah sebuah tanggung jawab dari seorang video editor. 

Disini gue mau bilang, pekerjaan motion grafis sering hilang dimata orang awam karena memang pekerjaannya dilihat sangat sedikit sekali. Ketika kita membuat sebuah video, ada semburan air bergambarkan kartun, dan ada efek-efek grafis didalam video tersebut, maka sesungguhnya seorang video editor tidak sampai diranah itu. 

Pekerjaan motion grafis ini menjadi sangat penting, karena memang ada hal yang memang harus di touch up didalam sebuah video agar menjadi sesuai dengan permintaan dari klien.


Pada video diatas,. pekerjaan motion grafis hanya ada dibagian belakang dari video itu. Dimana kita bisa meliat ada tulisan cascara yang mana keluar dengan efek air. Nah seperti itulah pekerjaan seorang motion grafis. Mereka biasanya menyematkan materi bikinan mereka pada iklan-iklan yang mereka kerjakan. 


Full motion grafis bisa dilihat diatas. Dimana pekerjaan seorang motion grafis bisa berasa pada saat mulai mengerjakan pembuatan efek pada suatu objek. Menarik memang, full imajinasi dan kreatif tentunya. Dimana akhirnya kita bisa melihat satu keseluruhan dari video menjadi menarik karena memang terkadang ada efek-efek yang dibuat oleh seorang pekerja motion grafer itu sendiri. 

Untuk fee yang didapatkan oleh pekerjaan motion grafis ini biasanya perdetik hargranya. Keren kan ? mereka menghitung sebuah karya mereka dengan hitungan perdetik. Semakin lama durasi motion yang mereka kerjakan maka harganya semakin mahal. 

Wuih enak banget, woi tunggu dulu. (simak dulu yang dibawah) 

Untuk menjadi seorang pekerja pembuatan motion, modalnya gak sedikit. Komputer yang digunakan sudah pasti bukan komputer dengan harga dibawah 10 juta pada saat harga sekarang ini. Mereka harus menggunakan sebuah komputer yang sangat super canggih karena memang yang mereka kerjakan memerlukan kecepatan dari komputer itu. 

Karena dalam proses mereka bekerja, mereka menggunakan software yang memang memerlukan spek dengan prosesor tinggi dan vga card tinggi. Itu yang mereka perlukan. Jadi dengan kata lain, menjadi seorang Motion Grafis harus modal besar diawal. 

Selanjutnya ada skill yang harus mumpuni. Berimajinasi liar, dan memang harus banyak melihat refrensi. Jika Anda ingin menggeluti bidang ini,. maka Anda harus siapkan waktu yang tidak sebentar untuk menekuni bidang ini. Sekolah Animasi saja tidak serta merta membuat Anda bisa menjadi seorang motion grafis yang hebat, karena semua kembali lagi kepada ketekunan menggali ide disini. 

Kebutuhan visual sudah semakin cepat berubah, itu menandakan bahwa seorang pekerja motion grafis pun harus terus up to date dengan style-style yang terbaru. Itulah seorang pekerja dari motion grafis. 

Dengan motion grafis, sebuah video menjadi lebih asik dilihat. 

 

Salam Kreatif, 

#ariefabian 

Comments