Membuat karya jangan termotivasi untuk menjelekkan karya orang lain

 

Masih banyak gue lihat ada orang membuat karya hanya untuk menjelekkan karya orang lain. Jadi motivasi dia membuat karya agar bisa terlihat lebih baik dari pada pesaingnya. Menurut lo gimana ? kalau menurut gue sih begini nih. 

Gue selalu bilang, tidak ada karya yang jelek. Ketika kita berkarya dan akhirnya digunakan oleh orang lain itu sudah pasti karya itu bagus. Jadi tugas kita membuat karya bukan ingin menjatuhkan karya orang lain, karena ingin tampil lebih baik.

Buatlah karya sesuai dengan jati diri Anda. Karya itu memiliki identitas diri Anda sendiri. Seperti halnya kita melihat, ketika seorang pablo picaso menggoreskan tintanya, dia tidak pernah berfikir bahwa karya dia lebih baik dari pelukis lainnya. Melainkan dia hanya ingin membuat sebuah karya yang memang orang mengenal bahwa ini adalah lukisannya picaso, memiliki identitas. 

Sangatlah tidak bijak membandingkan karya kita dengan karya orang lain. Kecuali pada saat pitching design, itupun tidak dibilang karya ini lebih baik dari pada yang lainnya. Terkadang menang tidaknya ditentukan oleh orang dalem juga, he he he. 

Kalau gue pribadi sih lebih fokus bagaimana karya yang gue buat bisa menyelesaikan masalah orang lain. Dengan semua yang gue kerjakan semata-mata memang ingin mencoba mengatasi permasalahan dari klien-klien gue. Tidak pernah gue berfikir kalau karya gue lebih bagus dari karya orang lain. 

Kalau karya yang gue buat akhirnya bisa menyelesaikan masalah orang lain, buat gue itu sudah lebih dari cukup. Kalau memang belum menyelesaikan masalahnya, maka gue harus terus cari, bagaimana caranya menyelesaikan masalah klien gue pakai karya. 

Kalau kita menggunakan barometernya orang lain untuk membuat karya kita lebih baik, maka itu adalah hal yang sangat tidak harus kita lakukan. Karena diatas langit masih ada langit, langit mana yang lo mau kejar ? 

Tugas kita membuat karya bukanlah untuk menjelek-jelekkan karya orang lain. Malah sudah seharusnya buat kita para pembuat karya saling berkolaborasi menghasilkan karya bersama. Itulah indahnya sebuah karya. Kita bisa menyerap pengalaman dari pembuat karya yang lainnya, kita bisa bertukar pikiran, yang akhirnya bisa mendapatkan wawasan baru untuk karya baru kita selanjutnya. 

Musisi, designer, Film Maker, atau  apapun yang berada di jalur seni, menurut gue bukan tempatnya disini untuk saling menjelek-jelekkan, saling menjatuhkan bahkan saling menghujat karya orang lain karena menurut kita tidak sebagus yang kita buat. 

Penikmat karya kita dari berbagai macam lapisan masyarakat. Ada segmen bawah sampai atas. Ketika sebuah karya yang bisa dinikmati oleh segmen bawah itu bukan berarti pertanda lebih buruk dari karya kita yang memang memiliki penikmat segemen atas (misalnya). 

Karena dengan adanya mereka, akhirnya semua orang dapat menikmati sebuah karya dan kita senang sekali melihatnya. 

Satu hal lagi, ketika ada yang bilang, "ha ha ha ha ... dia mah bikin design recehan rie" 

Menurut gue kata-kata itu tidak penting dan sangat tidak penting dikeluarkan. Seni atau design ini bukan perkara uang. Design ini bukan melulu perkara siapa yang dibayar lebih mahal itulah yang paling bagus. tidak melulu soal itu bos. Karena menurut gue semua itu ada tahapannya, ada jam terbangnya yang akhirnya menciptakan pengalaman. 

Kalau pun akhirnya dia nyaman dengan apa yang dia kerjakan dan karyanya bermanfaat, kenapa permalahkan uangnya lebih sedikit dari karya yang kita buat ? 

Kasihan, kita hanya berpatokan hanya pada uang.Tidak kepada rasa, tidak kepada saling-saling, tidak ada apresiasi kepada mereka siapapun pembuat karyanya, tidak bisa saling menghargai. 

Berkaryalah terus, jangan pernah berfikir kalau karya Anda lebih buruk dari orang lain. Kita sama-sama berjuang dalam membuat segala sesuatu agar terus bisa meningkat. Selamat membuat karya, dan selamat pagi kawan-kawan. 


Salam Kreatif, 

#ariefabian


Comments