Syarat dari Membuat Video Green Screen adalah lighting yang benar

 

Pernah lihat beberapa proses behind the scene sebuah pembuatan film, seperti avenger, Superman dari DC dan sebagainya. Tapi pada saat kita mengerjakan greenscreen sendiri, maka hasilnya susah banget, karena memang pada saat kita bawa ke software editing video, maka bayangan yang muncul merusak gambar. 

Yes, memang syuting dengan menggunakan green Screen itu bukan juga perkara hal yang mudah. Dimana orang banyak sekali yang ngomong, ini pakai green screen aja nih, bisa. Lalu berkembanglah imajinasi liar, begitu ingin diaplikasikan, hasilnya tidak sesuai dengan imajinasi. Yes, itulah beberapa kendala.


Bisa dilihat pada proses syuting diatas. Dimana pada saat kita syuting, kita harus buat perencanaan yang memang matang. Untuk kebutuhan apa kita syuting dengan menggunakan green Screen ini. Pada proses yang gue buat untuk tarian ini, video yang diambil saat syuting green screen ini memang ingin dibuat dengan menggunakan background hitam dibelakangnya. Itu bisa dibilang menjadi sangat aman pada saat proses syutingnya. 

Tapi jika memang video green screen kita ingin kita sematkan kedalam sebuah adegan yang disambung dengan cerita yang real, ada baiknya pada saat proses syuting dilihat kembali proses penataan cahaya atau lightingnya. Pokoknya intinya jangan sampai ada bayangan yang keluar dari video green screen ini. Dimana kita harus bisa meletakkan lampu yang benar agar tidak timbul bayangan. 

Lalu yang selanjutnya, orang dengan green screen jangan menempel, alias agak jauhan dari background yang dibelakang. Itu membuat bayangan yang sangat fatal, untuk sebuah syuting green screen. 


Yang terakhir adalah, editing yang memang harus tahu bagaimana meletakkan hasil green screen ini dengan footage kita lainnya atau dengan grafis. Kalau memang mau disatukan dengan grafis, maka sebaiknya buat perencanaan terlebih dahulu. Karena kalau sudah syuting dengan green screen dan tidak cocok dengan grafis yang kita buat, membuat syuting ulang itu sungguh memakan biaya yang sangat banyak sekali. 

Setidaknya itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin membuat sebuah produksi video dengan menggunakan green screen. Sekali lagi, buat perencanaan terlebih dahulu sebelum produksi syuting dikerjakan. 

Salam Kreatif, 

#ariefabian


Comments