MEMBUAT VIDEO BERSAMA BAPAK ANDI MALARANGENG, DAN MEMBUAT KONTEN TALKSHOW

Penuh kesan yang menyenangkan, ketika gue meluncur kerumah Bapak Andi Malarangeng ini. Dimana gue bisa melihat dari dekat tentang sosok beliau. 

 
Ini adalah talkshow yang  berbicara tentang budaya. Jadi ada beberapa materi yang kita lempar untuk mewawancarai beliau tapi tetap dalam koridor Budaya bukan politik. Orang yang sangat ramah sekali, dimana gue dan tim memang diundang untuk membuat dirumah beliau. Ada dua set yang gue pakai untuk acara talkshow ini. 


Untuk acara talkshow, gue cukup banyak sekali membuat acara talkshow di Channel youtube. Kalau berbicara membuat konten talkshow seperti ini, maka yang dititik beratkan adalah pada materi yang akan dibawakan. Kalau bicara visual semua sudah standard dan bisa kita kemas menjadi menarik. Tapi kembali lagi, semua viewer akan melihat bobot atau materi yang akan dibawakan didalam talkshow ini. Nah maka dari itu, tim riset dan tim penggali materi memang haruslah orang yang kompeten di bidangnya. Kalau kita berbicara budaya, maka kita memang harus memberikan materi dari konten itu kepada orang yang memang ahli dibidang budaya. 
 
 
HARUS MAMPU MENGATUR FLOW PEMBICARAAN 


Didalam mengadakan acara talkshow ini, kita memang harus mampu membuat batasan tentang pembicaraan. Selain pembuat materi, Host disini juga memiliki peran yang sangat penting. Kita harus memang melihat kapasitas dari Host apakah memang dia menguasai matarinya atau tidak, karena sangat bahaya sekali, ketika kita menggunakan host yang tidak mampu mengatur flow pembicaraan. 

Seperti contoh, jika kita berbicara tentang Budaya, maka kita harus mengarahkan Host untuk tidak ketarik kedalam ranah politik. Ketika si Narasumber sudah mulai mengarahkan kepada materi politik, maka Host harus segera mengarahkan flow pembicaraan untuk kembali kepada Budaya. Itulah yang memang harus dikemas secara menarik sehingga para penonton dapat menikmati pembicaraan antara dua orang atau lebih pada sebuah talkshow tersebut. 

Pak Andi Malarangeng ini sangatlah jago mengatur dan membatasi arah pembicaraan. Jadi memang beliau memang sudah biasa sekali didalam berbicara dipublik yang sangat memudahkan tim untuk mengemas acara talkshow ini menjadi menarik. 

Tayangan ini akan di upload di Youtube Grundelan Republik. Kalau memang lo seneng dengan topik budaya, maka lo bisa tunggu deh kehadiran perdana dari Channel Youtube Grundelan Republik nantinya. 

Thanks sudah mampir ke Blog Gue. 
#ariefabian

Comments