Membuat 30 Konten di Youtube Channel Kanal Bedu

Pengalaman membuat konten untuk Youtube Channel di Kanal Bedu kali ini akan gue ceritain nih. Baik dari persiapannya sampai dengan eksekusinya. Seru banget, memang berkolaborasi sama komedian memang seru abis pokoknya. 

Cerita berawal dari kawan gue yang ngajakin gue untuk garap konten di Channel Kanal Bedu. Dimana gue pertama kali ketemu sama bedu di bilangan Tangerang Selatan untuk diminta membuat konten Youtube Channelnya. Disana gue presentasi untuk menunjukkan program yang akan gue buat untuk bulan Ramadhan. Dimana gue ajukan beberapa ide yang memang sudah gue brainstorming bareng sama temen gue sebelumnya. 

Ramadhan sudah pasti tidak jauh dari seputar konten religi, cuma gue mau konsep ini dibuat agak fun dan memang tetap kemasannya ada unsur komediannya cuma porsinya tidak besar. 

Nah akhirnya setelah dilakukan Brainstorming yang cukup lama, keluarlah nama Menunggu bedu(g) Magrib. Dimana konsepnya adalah tayangan akan ditayangkan sebelum bedug magrib. Yang notabennya ini akan di publish secara waktu pukul 16.00 - 17.00 WIB. Maka gue membuat script dan bintang tamu yang akan kita undang. 

Proses mengundang bintang tamu disini memang dibantu oleh Bedu sendiri. Dimana kita sharing siapa saja yang memang Bedu bisa undang dan tim gue siapa saja yang bisa kita undang. Bulan Ramadhan ada 30 hari, maka kita akan membuat 30 konten.


Set dikerjakan oleh orangnya art dari Bedu. Dimana kita set studio dibilangan Kemang, Jakarta Selatan. Kita akan membuat 30 konten yang kita sudah susun dengan rapih baik secara timeline maupun bintang tamu yang akan diundang. Gue datang kestudionya setelah mereka selesai membuat set. Nah gue ukur tingkat cahaya yang ada dengan kapasitas lampu berapa banyak yang harus gue bawa untuk bisa mencukupi studio yang sudah di set oleh bedu. 

Gue persiapkan Visual Packnya, mulai dari Bumper, rencana thumbnail, logo, sampai dengan header dari Youtube Channelnya. 

Arie fabian

Gue buat logo baru dari kanal bedu seperti diatas. Dimana gue pasang muka bedu dengan font yang memang agak lucu tidak kaku. Alhamdulillah sampai hari ini logo itu masih menempel di Youtube Channel Kanal bedu.

 


Bumper clossing tayangan gue buat seperti diatas. Dengan tetap menggunakan logo baru yang sudah gue buat sebelumnya. Kalau untuk urusan bumper clossing, gue sih pengennya selalu membuat sebuah bumper clossing yang tidak ribet-ribet. Gue serlalu buat konsep bumper closing yang memang simple, karena memang bumper ini hanya sekedar mengingatkan kembali tentang nama program atau memang nama channelnya. 


Untuk Bumper Program sendiri gue buat dari beberapa bintang tamu yang akan kita undang. Karena memang kita sudah konfirmasi bahwa bintang tamu yang kita akan datangkan sudah pasti jadi bikin tayangan di Youtube Channel Kanal Bedu. Bintang tamu yang kita undang saat itu ada : Nissa Sabyan, Jarwo Kwat, komunitas Ondel-ondel Jakarta, Ustad Zaki Mirza, Aldi Taher David Nubianto, Awe, Candil, Kalina, Atien Simon dan banyak lagi. 

Proses pembuatan 30 konten memakan waktu 15 hari. Karena memang gue strategiin 1 hari kita membuat 2 sampai 3 konten. Dimana gue mengejar kita dapat tenang di 10 hari ramadhan terakhir. Karena gue gak mau juga ini jadi kayak striping Sinetron yang kejar tayang. Gue mau ini semua sudah beres maksimal di H-10 idul fitri. Alhamdulillah 15 hari kerja ini selesai. Hanya saja kita menyelesaikan ini di Hari ke 20 puasa, itu dikarenakan jadwalnya Bang Bedu juga sedang padat-padatnya saat itu.


 
 

Bisa dilihat diatas, kalau memang thumbnailnya warna oranye itu tandanya adalah konten yang gue buat, karena memang thumbnail itu gue yang buat.


Nah, gue ajukan thumbnail seperti itu, tinggal orang sosial media gue yang mengganti-ganti judulnya. Karena memang untuk kebutuhan Clickbait dan beberapa perhitungan yang memang orang Sosial Media gue sudah fikirkan untuk judulnya. 

 

TEAM YANG GUE BUAT UNTUK KANAL BEDU.

Untuk membuat sebuah strategi youtube konten, maka gue biasanya akan membuat team. Team yang paling inti adalah orang sosial medianya. Dimana gue bisa baca trend, tapi orang sosial media analist yang memang sudah melihat perkembangan dari Hastag, Judul dan sebagainya. Maka biasanya sebelum tayang, kita biasaya berdiskusi judul apa yang akan kita buat. 

Karena memang Youtube Channel Kanal bedu ini di Monetisasi, jadi memang harus bisa memikirkan faktor lain diluar dari hal-hal yang memang biasaya diatur secara IT nya. Nah gue mengerjakan Konten youtube Kanal bedu ini membutuhkan setidaknya : Kameramen, PU, dan Orang IT. 

Dimana gue sendiri yang banyak mengerjakan untuk Visual Packnya, strategi tayangan, gambar dari tayangan, lalu posisi bintang tamu mau diletakkan di tayangan keberapa, sampai dengan mengawasi syuting yang dikerjakan di Studionya Bedu. 

 

Jadi itulah yang memang gue kerjakan untuk 30 konten Ramadhan di Channel Youtube Kanal Bedu. Dimana bekerja bersama bedu bisa gue bilang sangat menyenangkan. Hampir rata-rata sih bekerja dengan komedian itu menyenangkan. Gue punya pengalaman bekerja bersama Narji dan terima kasihnya lagi gue bisa bekerja bersama dengan Bedu. Dimana gue sering banget melihat para komedian ini memang sangat asik untuk proses berkreatifnya. Buat gue, bekerja itu harus menyenangkan dan memang harus kita bertambah ilmu kita. 

Satu hal yang pasti, sebuah perencanaan memang satu ujung tombak yang sangat penting sekali untuk gue buat sebelum bekerja sama dengan para publik figur ini. Karena memang jujurnya, mereka tidak akan pernah mau membeli kucing dalam karung, dalam artian mereka memang mau melihat konsepnya secara jelas diawal, jadi kita bisa membayangkan bagaimana nanti proses 30 konten ini dibuat. 

 

BUDGETING. 

Berbicara tentang konsep yang gue omongin diatas, maka budgeting adalah hal penting yang utama yang memang harus kita jabarkan sebelum memulai produksi syuting. Jangan sampai kita membuat konten berhenti ditengah jalan. Semuanya biasanya gue jabarkan semua diawal. Mulai berbicara dari budgeting Pra produksi, produksinya sampai dengan Paska Produksi. Karena memang ini tayangan seperti sinetron yang setiap hari harus ada. Maka mengatur jadwal editingnya harus ketat dan memang taat jadwal alias deadline. Kalau 1 tayangan saja kita miss maka kita akan berat sekali mengejar tayangan yang kedua. 

Biasanya gue atur selesai syuting kita langsung edit 2 materi. Untuk jadwal penayangan itu kembali lagi gue diskusikan kepada tim IT gue. Siapa bintang tamu yang akan naik duluan, siapa yang akan belakangan, karena itu akan berpengaruh kepada jumlah penonton. 

Nah kalau sudah begini, maka kita harus memikirkan biaya yang memang harus kita ajukan kepada Bedunya sendiri. Waktu itu bedu masih berada dibawah naungan Ganesha Film, jadi gue meeting bareng bersama Ganesha Film yang di miliki oleh Pak Candu. 

Proses buidgeting pada Youtube konten ini juga harus dipertimbangkan, karena memang kita harus ukur beberapa income yang akan didapatkan oleh kanal youtube ini. Dimana gue juga ikut memikirkan, bagaimana youtube ini akhirnya bisa di moetisasi dengan benar baik secara Online maupun Offlinenya. 

Secara Offline kita bisa mendapatkan dari Sponsor yang akan masuk di tayangan kita, sedangkan kalau secara Online kita akan berbicara mendapatkan uang dari Monetize nya youtube. 


Alhamdulillahnya, pada saat beberapa tayangan kita jalan, Kino dengan produk Cap Pandanya masuk mengisi tayangan kita. Nah bisa dilihat deh pada tayangan di Kanal bedu, disana kita akan melihat Cap Panda ada dimeja. 

Setidaknya itulah hal yang memang kita harus fikirkan untuk budgeting. Bagaimana kita bisa membubat sebuah tim yang tidak main-main tapi dengan biaya yang tidak besar dalam artian disini juga bukannya kecil banget loh yah. Tetap, gue tetap menjunjung tinggi profesionalisme, dimana gue gak mau menghargai tim gue dengan asal-asalan. Mereka tetap harus di apresiasi dengan pekerjaannya mereka masing-masing. Maka dari itu, budgeting merupakan hal yang sangat penting nih sob. 

Nah, kurang lebih kayak gitulah cerita gue dalam membuat perencanaan youtube Channel Kanal Bedu, kalau memang mau ada yang berdiskusi dengan gue, yuk kita bisa ngopi bareng aja, he he he. Atau memang bisa bertanya di kolom komentar. 

Terima kasih sudah mau baca sampai habis tulisan gue, mudah-mudahan bisa menjadikan manfaat buat para pembaca blog gue ini. 

 

Salam Kreatif,
#ariefabian

Comments