ADA SATU HAL YANG LO GAK BISA PELAJARI DI INTERNET, APA ITU ?

Banyak orang bilang, dengan internet semua bisa kita pelajari. Kalau menurut gue sih nggak juga, ada satu hal yang tidak bisa lo pelajari di Internet, nah coba nih disimak. 

Semua persoalan saat ini seakan bisa selesai dengan kita menonton youtube. Semua masalah bisa kita temukan jawabannya kalau kita browsing di Mbah Google. Tapi kalau menurut gue tetap ada satu hal yang memang tidak bisa kita pelajari dari Internet, yaitu NYALI. 

Nyali itu hanya dari kita terus mengasah setiap kita bertemu dengan masalah, Walaupun jawabannya sudah ada di Internet, tapi mengatasi masalah itu terkadang butuh nyali untuk menyelesaikannya. Dimana kalau kita berbicara satu hal masalah kita yang memiliki resiko terhadap hidup kita, maka ketika kita buka di Youtube memang ada jawabannya, tapi berani gak eksekusi dengan cara yang sama dengan apa yang kita lihat di internet ? 

Jawabannya terkadang belum tentu juga. Ada sebuah hal yang memang terkadang diperkuat oleh kejadian, dari kejadian itulah kita akan membentuk pengalaman, nah melalui pengalaman itulah maka nyali kita akan lebih besar dalam mengambil keputusan. Hal itulah yang tidak mungkin akan kita dapatkan di internet. Jangan pernah mengandalkan menyelesaikan semua permasalahan dengan browsing dan terus mengadopsi cara orang lain untuk berfikir. Karena dengan begitu kita tidak pernah mengasah mental kita dan selalu takut salah didalam melakukan keputusan.

Kalau sudah demikian maka kita tidak lagi mempercayakan diri kita untuk menyelesaikan masalah yang kita miliki. Padahal untuk segala sesuatu yang bersifat spontan kadang datang menjelma menjadi masalah. Dan pada saat itu kita tidak sempat berfikir untuk browsing karena memang kita harus menjawab pada saat itu juga. 

Pada saat pertanyaannya dari Bos Anda misalnya, mau gak kalau kamu dipndahkan ke Papua untuk tugas kantor ? Nah, memang jawabannya ada di Google, nggak ada pasti. Jawaban itu harus dijawab dengan nyali. Mau diambil lo berarti ke Papua artinya gaji akan bertambah, atau memang lo tetap dikantor dengan gaji yang sama. Bagaimana kalau menurut lo ? 

Maka dari itu kalau gue sih selalu bilang, percaya kepada diri sendiri itu wajib. Mempercayakan diri kita untuk menyelesaikan masalah kita sendiri haruslah kita serahkan kepada diri kita, tidak dengan mengandalkan tools (Google, browsing, dll). Yang notabennya itupun tidak salah kalau kita browsing mencari jawaban atas pertanyaan kita. Tapi jangan semuanya lo percayain kepada tools tersebut, berikan juga diri lo untuk bisa menyelesaikan sebuah masalah tersebut. 

Gue melihat pada saat ini sepertinya sudah banyak ketergantungan kepada toolsnya. Sehingga kalau toolsnya gak ada dia seperti kehilangan nyawanya, padahal didalam diri kita sudah memiliki otak yang jauh lebih canggih dibandingkan tools yang dia miliki. Tapi karena cara menyelesaikan masalahnya selalu mengandalkan tools maka dia akan sangat takut sekali ketika kehilangan toolsnya. 

Nah, gue bilang selalu kepada orang yang mengikut kerja bareng dengan gue. Kalau memang anak-anak sekarang untuk permasalahan teknis lebih jago dan sangat jago kalau menurut gue. Membuat design udah pada canggih-canggih, membuat video juga demikian, tapi tau gak jauh yang lebih penting itu adalah mengambil keputusan disaat yang sulit dan lo harus putuskan. 

Maka dari itu coba beri kepercayaan juga kepada diri lo sendiri, lalu tempa masalahnya, jadikan pengalaman maka semua itu akan terefleksi dengan baik pada saat lo harus mengambil keputusan cepat. 


Salam Kreatif, 

#ariefabian

Comments