APA ITU CGI ?

Berbicara tentang film yang kita tonton didalam bioskop, semuanya tidak terlepas dari kemahiran para pembuatnya didalam mengerjakan sebuah film tersebut. Ada part-part dimana menurut kita tidak masuk akal tapi kok bisa yah, nah, kali ini gue mau coba menceritakan tentang CGI yang gue tahu nih. Simak terus yuk tulisan gue. 

Yang dimaksud dengan CGI adalah Computer Graphic Image. Dimana kita bisa melihat sebuah pekerjaan seorang computer graphic memberikan efek atau objek tambahan didalam sebuah film. CGI ini merupakan teknlogi yang diciptakan untuk membuat sebuah film menjadi keren. Dengan CGI inilah kita bisa melihat seorang anak berbicara dengan serigala dan Avenger bisa perang ditahun 2050. 

CGI ini dikerjakan oleh banyak orang dibelakangnya. Ada yang memang kerjakan membuat sebuah modelling 3D untuk objek hidup tambahan, ada juga orang yang mengerjakan efek-efek ledakan, ada juga orang yang kerjanya melengkapi sebuah karakter menjadi tampak keren. 

CGI

Seperti yang kita lihat pada gambar diatas. Dimana objek kuku dari kingkong ditambahkan didalam film kingkong yang aslinya pada saat syuting dia hanya memegang seperti boneka yang dilapisi kain hijau. Untuk yang mau bertanya kenapa warna hijau, gue udah pernah menulisnya di blog gue ini, lo tinggal lihat. 

Dan di Indonesia sendiri kita sudah banyak sekali bisa menjumapai sebuah film yang dikerjakan dengan menggunakan CGI. Beberapa film superhero kita misalnya, Gundala, Sri Asih yang mau tayang sampai dengan Gatot kaca yang sudah tayang.

Didalam pengerjaan CGI ini banyak sekali melibatkan orang didalamnya. Antara yang melakukan pekerjaan membuat karakter dengan menggerakkan karakter adalah orang yang berbeda didalam departemen CGI ini.

Proses CGI

Pada saat sekarang ini, sudah hampir semua film pasti memasukkan CGI didalamnya agar film tersebut menjadi menarik. Lalu pertanyaannya, sebuah film yang dikerjakan dengan CGI akan bisa lebih cepat pengerjaannya dong ? Jawabannya tidak. 

Secara pengerjaan pembuatan film dengan menggunakan CGI tidak bisa disimpulkan akan selesai lebih cepat juga. Karena memang proses pengerjaan CGI memerlukan waktu yang memang hampir sama. Yang paling penting jika kita memang ingin mengerjakan sebuah film dengan menambahkan efek CGI didalamnya, sudah hampir bisa dipastikan film ini harus direncanakan dengan matang dan penuh perencanaan. Karena dari mulai proses syutingnya harus sudah mulai difikirkan untuk nantinya akan diproses CGI nya. 

 

Seperti yang kita lihat pada gambar diatas. Proses syutingnya tetap berada di jaring, namun pada objek gajah ditambahkan dengan menggunakan CGI. 


APA YANG HARUS DIPELAJARI AGAR KITA BISA MENJADI COMPUTER GRAPHIC ?

Banyak hal yang harus kita ketahui tentang CGI ini. Ada yang memang membuat karakter kita harus mahir memainkan software 3D. Seperti Maya, Blender, Cinema 4D dan software 3D lainnya. Ada juga yang memang mengerjakan Visual Efeknya, seperti menambahkan efek api, air dan lainnya kita bisa belajar menggunakan software After Effect, Houdini, dan masih banyak lagi. 

Belajar software saja cukup ? 

Tergantung kemampuan kita menerjemahkan logic pada gambarnya. Ada beberapa yang memang harus ditempa melalui belajar untuk mendapatkan teorinya terlebih dahulu. Karena memang kita harus mengerti logika visualnya terlebih dahulu. 


Kalau mau menjadi Computer graphic kuliahnya harus mengambil jurusan apa ? 

Kalau  itu jawaban yang paling deket adalah DKV lah pastinya. Tapi kita juga harus dibarengi dengan kursus-kursus animasi, 3D modelling atau apa yang sesuai dengan yang lo inginkan. Karena memang kita mengetahui, di Indonesia sendiri sudah banyak animator-animator keren yang memang bahkan sudah pernah bekerjae bareng didalam pengerjaan sebuah film di Hollywood. 

Sebuah film tidak harus mutlak harus ada CGI nya, akan tetapi kalau ditambahkan CGI sebuah film akan terlihat lebih keren lagi. Untuk menambahkan realita, menambahkan karakter baru, dan sebagainya. 


Salam Kreatif,
#ariefabian

Comments