APA YANG HARUS DIPERHATIKAN PADA SAAT SYUTING TALKSHOW YOUTUBE CHANNEL

Foto diatas merupakan foto dokumentasi tim gue pada saat membuat sebuah tayangan youtube untuk grundelan Republik. Dimana bintang tamunya adalah Cak Nawa. Ada beberapa hal yang memang harus sangat diperhatikan didalam kita membuat sebuah tayangan youtube Talkshow, yuk disimak tulisan gue kali ini. 

SET TALK SHOW 

Nah, kalau menurut gue, hal yang pertama harus diperhatikan adalah Set dari talkshow tersebut. Kita tahu, membuat tayangan mengobrol antara dua orang atau lebih adalah tayangan statis yang memang kalau kita tidak fikirkan setnya akan sangat membosankan. Gambar haruslah jangan terkesan ruwet dan memang menyenangkan. Untuk set gue biasanya akan gue fikirkan dengan benar.

Arie Fabian

Jangan terpaku pada set ruang tamu semata. Kita tahu set dengan ruang tamu yang kita dress up sudah banyak sekali kita lihat pada tayangan youtube. Maka gue membuat set diluar rumah dengan kesan yang lega dan memang fun.

PEMBAWA ACARA / HOST

Yang kedua yang harus difikirkan adalah Host dari Talkshow tersebut. Dimana Host memiliki peranan yang sangat penting didalam membawa pembicaraan kearah mana. Jangan asal memilih Host karena memang jantung acaranya ada pada dia. Dimana Host yang baik akan membawa sebuah acara talkshow menjadi sangat menarik. 

Host haruslah yang memang bisa mengarahkan topik menjadi menarik, pembicaraan jadi mengarah, mengerucutkan pembicaraan kepada tamu yang akan diundang, dan berani memang menanyakan dengan dalam pertanyaan yang memang kita kita bawakan. 

Pilihlah host yang sesuai dengan tema yang akan dibawakan. Kalau memang talkshownya akan membahas tentang olahraga, maka ada baiknya kita memilih host yang memiliki pengetahuan yang luas tentang olahraga. Menurut gue memilih siapa host untuk acara talkshow yang akan kita buat itu haruslah difikirkan dengan matang.

Memilih host juga penting untuk membawa tayangan kita menjadi menarik. Seperti halnya kita lihat, Deddy Cobuzier membawakan talkshow di youtube channelnya menjadi daya tarik sendiri. Karena memang akhirnya penonton akan dibuat penasaran dengan apa yang akan ditanyakan oleh Dedi terkait dengan tamu yang diundang.

TAMU YANG DIUNDANG. 

Satu paket dengan Host, satu ketertarikan penonton menjadi satu paket. ketika host nya sudah menarik barulah kita buat siapa bintang tamu yang akan kita undang, Kalau gue sih bisa melihat nih, setiap channel youtube berbeda-beda jenis penontonnya. Maka risetlah dengan benar, ketika tamu A diundang dan Tamu B diundang sampai dengan tamu yang lainnya diundang, mana yang dapat perhatian penonton. Kalau memang kita sudah mengetahui tamu mana yang disukai oleh penonton, maka riset kembali, kenapa penonton kita senang dengan tamu tersebut. Karena memang materinya kah, kelucuannya kah, atau bagian mana. 

Periksa kolom komentar, dan lihat apa saja yang di notice sama penonton. Kita bisa melihat itu semua biasanya kita cek pada kolom komentar. Karena memang apa yang mereka notice di kolom komentar, biasanya akan mudah kita tebak, siapa yang menonton youtube channel kita.

Arie Fabian

Memang no.1 adalah Host, tapi bintang tamu juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Bintang tamu memiliki tingkat ketertarikan sendiri kepada penonton Youtube Channel kita. Maka dari itu kalau memang bisa, kita juga bisa melihat kejadian apa yang sedang viral atau memang sedang diinginkan oleh kebanyakan penonton. Dengan begitu kita bisa mendapatkan perhatian dari penonton. Undang bintang tamu sesuai dengan keadaan yang saat ini inginkan.

MATERI YANG DIBICARAKAN

Materi yang dibicarakan juga menjadi sangat penting. Topik-topik yang sedang hangat memang ditunggu-tunggu oleh para penonton youtube kita. Apalagi berbicara tentang habit dari penonton youtube channel kita yang kepo banget. Maka dari itu memilih topik yang baik juga menjadi salah satu cara mendapatkan penonton atau view yang banyak juga pada channel youtube kita. 

EDITING YANG TELITI. 

Nah, tahapan terakhir yang harus difikirkan adalah tahapan pada editing. Dimana ini menjadi satu perhatian gue juga nih. Kalau memang bisa sutradara dari Talkshow ini juga adalah orang yang mengerti apa yang dibicarakan. Jangan hanya menjadi penonton dan hanya melihat gambar. Perpindahan dari kamera satu dan dua, kamera dua dan tiga, karena itu mau diapa-apain gambar bukan gambar dinamis (gambar bergerak). Gambar tersebut hanyalah gambar diam yang memang talentnya juga hanya diam duduk dikursi. 

Arie Fabian

Jadi mau pakai 10 kamera yang ada gambarnya hanya itu-itu saja, hanya saja angle yang berbeda. Mengedit Talkshoiw ini adalah mengedit kata-kata. Gue sering banget nongkrongin editor untuk membuang beberapa candaan yang gak penting, dan beberapa ketawa yang mengganggu, dan ada juga hal-hal yang lain seperti pada saat membicarakan orang lain kepanjangan menjadi annoying, dan sebagainya. 

Hal-hal tersebut baiknya kita fikirkan dengan benar. Karena memang inti dari tayangan ini apakah yang dibicarakan. Membosankan atau tidaknya tergantung dengan apa yang mereka bicarakan, bukan semata hanya gambar bagus saja. Gambar bagus memang menolong, tapi kalau kita melihat judul acara nya talkshow, maka kita sebagai penonton mempersiapkan diri untuk mendengar apa yang di talk (bicarakan) oleh para pelakunya didalam tayangan. 

IDEAL BERAPA KAMERA ?

Nah, ada juga yang bertanya ideal berapa kamera. Kalau bicara ideal kalau gue minimal dua kamera maksimal berapa banyak orang yang ada didalamnya. 3 kamera lebih baik, karena variasi gambar akan lebih banyak. Pilihan angle akan lebih baik, yang penting jangan satu kamera aja. Kecuali lo Soleh Solihun deh, boleh aja. 


Nah itulah yang harus diperhatikan jika memang kita ingin membuat Talkshow pada tayangan youtube kita. Jadi hal lainnya seperti lighting, property yang harus ada di set, itu menjadi minor walau penambah cantik tayangan. Akan tetapi beberapa faktor diatas sangat penting kita perhatikan terlebih dahulu barulah kita bicarakan yang minornya atau sunah kalau gue bilang sih. 

Salam Kreatif, 

#ariefabian


Comments