BARTER VALUE SPONSORSHIP PADA EVENT

 

Barter value untuk event, kenapa produk mau sponsorin event kita, dan bagaimana caranya kita membuat sebuah formulasi barternya untuk sponsor, yuk kita cek postingan gue kali ini. 

Sposnsor untuk sebuah event sangat diperlukan. Apalagi untuk event-event yang akan kita selenggarakan memiliki perencanaan budgeting yang sangat besar. Biasanya kita bisa meminta kepada sponsor untuk berpartisipasi didalam event kita dan kita sudah pasti akan mendapatkan tambahan budget dari mereka. 

Ada beberapa hal yang pertama kali harus lo fikirin didalam membuat sebuah proposal perencanaan barter value untuk sponsor ke event lo. Pertama banget yang harus lo fikirin adalah, masa yang akan datang ke event lo itu berapa banyak. Perhatikan dengan benar, setiap mata acara lo memang sangat sponsorable biar gampang nanti kedepannya lo mengajukan proposal sponsor lo. 

Setelah lo udah prediksiin berapa orang yang akan datang ke event lo, baru lo bisa lihat masa yang datang itu umurnya berapa kira-kira, dan masa yang akan datang ke event lo ini pengguna dari produk apa kira-kira, nah kita bisa bayangkan, kalau masa yang akan datang ke event kita anak muda misalnya, maka proposal sponsor bisa kita tawarkan kepada produk yang memang pangsa pasarnya anak muda. Kita bisa tawarkan kepada mereka, karena memang mereka bisa mendekat kepada calon pembeli dari produk mereka. Ini sangat penting nih, kalau memang lo mau mengajukan sponsorship kepada produk. 

 


BARTER VALUE 

Kita harus pahami dulu maksud dari Barter Value ini. Kalau kita harfiahkan kedalam bahasa Indonesia maka kita akan mendapatkan arti pertukaran nilai. Nah, pertukaran nilai seperti apa yang akan kita tawarkan kepada sponsor kita kedalam event yang akan kita buat. 

Setiap logo yang tertempel pada material promo sebuah event memiliki sebuah nilai. Sebegai gampangnya seperti ini, kalau memang event kita akan hadirkan dengan 2000 orang, maka hampir bisa dipastikan logo sponsor kita akan dilihat oleh 2000 orang, nah itulah nilainya yang pertama. Harapan orang memasang billboard di pinggir jalan, hanya untuk produknya, logo brandnya bisa dilihat orang. Maka itu adalah value yang pertama yang bisa kita kasih kepada calon sponsor. Makanya gue bilang diatas, rencana audiens atau masa yang akan datang ke event kita berapa orang itu penting. 

Siapa saja orang penting yang datang ke event kita bisa jadi faktor pendukung penting lainnya. Seperti contoh gini, ada satu produk yang susah banget masuk kewilayah Jawa Barat, nah kita membuat event yang bisa dihadirkan oleh Gubernur dari Jawa Barat, maka sponsor akan menggunakan kesempatan event kita sebagai alat untuk berbincang dengan gubernur agar bisa mengadakan kerjasama dengan petinggi setempat. Itu faktor pendukung lainnya. Walaupun banyak sponsor yang tidak akan gamblang membuka hal ini, tapi ktia bisa lihat dari Trafict penjualan sebuah produk di satu daerah, kalau memang produknya lemah didaerah yang akan kita buatkan eventnya, biasanya kita bisa tuh bilang dengan iming-iming membantu distribusi atau selling mereka di wilayah tersebut. 

Untuk mengadakan audiensi dengan sponsor, maka ada baiknya kita bisa mengenal produk tersebut dengan baik. Jangan hanya kita terngiang-ngiang dengan uang yang kita butuhkan saja untuk event kita, sebelum masuk maka kita harus pelajari produk tersebut dengan baik. Karena memang dengan begitu, kita bisa akurat dalam membidik sponsorship untuk event kita. Jangan menawarkan produk susu untuk orang tua sedangkan kita membuat event untuk anak-anak muda, gak nyambunglah, itu sudah pasti mereka tidak akan tertarik dengan event lo. 

Sediakan space mereka bisa berjualan adalah hal selanjutnya yang harus lo fikirin.Didalam sebuah event idealnya sebuah produk bisa melakukan 3 aktivasi dasar mereka yaitu, Selling, Sampling dan Branding. Nah, penuhi deh 3 kebutuhan itu, maka peluangnya mereka ingin sponsorin acara lo menjadi lebih besar. 

Selanjutnya adalah membagi katagori untuk sponsorhip pada event lo. Yang pertama biasa gue lakukan adalah gue buat minimal 3 kategori, yaitu : Platinum, Gold dan silver. Untuk paketan Platinum itu berarti event lo dibayarin sama sponsorship itu. Contoh, budget yang diperlukan oleh event yang lo mau buat 1M, maka sponsor tersebut akan membiaya 100% event yang akan lo buat. Artinya sponsor akan mengeluarkan uang sebesar 1M untuk event yang akan lo buat. Dengan begitu, artinya event lo tidak boleh lagi ada sponsor lainnya. 

Untuk paketan Gold, sponsor mau menanggung 50% dari nilai event lo. Misalnya tadi event 1M maka sponsor akan mengeluarkan uang 500 Jt untuk bisa ikut diacara. Dengan begitu maka, Event lo harus memasukkan kedua logo dengan porsi yang lebih besar dari logo lainnya. 

Lalu bagaimana dengan paketan Silver, paketan silver kita tinggal menanyakan kesanggupan dari Sponsor kepaada event kita. Jika total produksi event 1M biasanya sponsor akan memberikan 10% dari total tersebut. Nah, porsi logonya akan lebih kecil dari porsi sponsor gold. 

Jadi, besar kecilnya logo didalam sebuah event memiliki nilai sendiri. Jangan disamakan besarnya logo karena memang itu akan sangat merugikan buat event Anda. Apalagi saat meletakkan logo pada stage atau panggung event yang akan kita buat.

Nah, kurang lebih seperti itulah kalau kita berbicara tentang Barter Value Event untuk Sponsorship pada event yang akan kita buat. Untuk yang mau bertanya, boleh silahkan letakkan pertanyaan kalian di kolom komentar yah. 


Salam Kreatif, 

#ariefabian

Comments