BENGKEL KREATIF HELLO INDONESIA ADA DI TANGERANG SELATAN

 

Ada tempat keren banget kalau menurut gue di Tangerang Selatan. Kayak Hidden Game buat para pecinta Seni. Dimana kalau lo lihat pada postingan dibawah ini, lo akan melihat banyak sekali  karya yang mereka buat. Yuk, langsung aja di lihat. 

Pada saat di Bengkel Kreatif Hello Indonesia (BKHI), gue bertemu dengan Gus Kholis dan Umi. Beliau-beliau ini lah yang membangun BKHI. Tempat dimana kita akan bisa melihat banyak sekali hasil kriya yang dibuat sendiri oleh Gus Kholis. Selain kriya, kita juga bisa melihat lukisan hasil karya dari beliau. 


Berbincang dengan Gus Kholis juga salah satu diantaranya tempat ini menjadi keren. Dimana kita bisa bertanya apapun kepada beliau dan memang sangat universal sekali jawaban yang keluar dari beliau. Banyak ide dan gagasan yang keluar dari beliau saat gue berdiskusi dengan beliau. Dimana Gus Kholis ini memang memiliki sebuah pandangan yang sangat lebar sekali. 

Bukan hanya bicara seni saja loh, bicara budaya daerah, bicara tentang lukis, membuat karya sampai dengan politik (kalau ini cuma nyerempet aja sih). Jadi Buat gue sangat menyenangkan sekali berbincang dengan beliau. Kalau tadi tentang Gus Kholis, begitu juga dengan Umi (istri dari Gus Kholis). 

Buat gue Umi juga gak kalah kerennya dengan Gus Kholis. Hanya saja, kalau berbicara sama Umi kita akan mendapat wawasan yang luas tentang bisinis. Karena memang dari karya Gus Kholis yang ciamik itu, ada umi yang bisa mendistribusikannya kepada orang yang senang dengan karyanya Gus Kholis ini. 


Kalau kita melihat didalam tayangan youtube diatas, kita juga bisa melihat sebuah panggung besar yang ada didalam BKHI ini sendiri. Dimana panggung itu juga sering digunakan oleh Gus Kholis untuk Perform Art. Lengkap bener bukan ? udah bisa melukis, membuat kriya, bisa perform art pula lagi. 

Orang seperti beliau semoga diberikan terus kesehatan. Karena memang gue seneng banget sama orang yang memang terus menjaga budaya kita agar tetap ada. Orang seperti beliau lah yang bisa meyakinkan kita lagi bahwa memang budaya kita adalah budaya yang sangat luas dan kaya. Dimana budaya kita merupakan salah satu budaya yang memang harus dikagumi oleh bangsa luar. 

Hasil dari kerajinan dan seni kita sendiri juga memiliki identitas yang jelas. Banyak yang memang dijelaskan oleh Beliau kalau kita harus berani mengakuinya. Karena dengan begitu, maka budaya kita akan terus ada. 

Bagaimana kalau 10 tahun lagi generasi mendatang sudah tidak mengenal budayanya sendiri ? 

Itu sebuah pertanyaan yang di lontarkan oleh beliau. Kalau menurut gue sih masuk akal juga. Kita terus saja mengalam erosi budaya, karena memang kita terus saja di susupi oleh budaya-budaya dari luar. Bukannya anti kepada budaya luar, melainkan kita juga harus bisa terus menjaga apa yang sudah kita miliki sebelumnya. Karena memang itu adalah warisan dari nenek moyang kita. 

Kalau menurut lo gimana nih kawan ? 

Kalau untuk lokasi dari BKHI itu sendiri terletak di sebelah tanah tinggal yang ada dibilangan pondok aren. Nah buat lo yang memang cinta sama karya kriya, lukis dan mau buat pertunjukan, maka bisa dicoba deh bikin acara di BKHI. Gak susah kok tempatnya, persis di sebelah tanah tinggal Tangerang Selatan. Kalau lo coba masuk kedalam, maka lo kayak nemuin ruang rupa deh pokoknya.

 

 

Salam kreatif, 

#ariefabian

Comments