FEE MEETING CHARGE

Fee Meeting Charge ? itu pertama kali gue denger aneh juga. Pertama kali gue denger dari kawan gue sebuah pemilik dari Perusahaan EO lumayan cukup besar. Jadi ketika gue mau bekerja sama dengan dia, dia sempat bilang ke gue, kalau sama gue harga show directornya sekian compliment meeting 2 kali. Lebih dua kali akan dikenakan Charge. 

Awalnya gue berguman dalam hati, hah meeting charge. Nah pembicaraan itu sudah sekitar 4 tahun yang lalu, sekarang baru gue kena getahnya nih. Ada satu pekerjaan yang memang sedang gue kerjakan saat ini, gak usah cerita lah yah pekerjaannya apa. Tapi yang jelas pekerjaan itu jangka panjang, saat ini gue mengalami hal yang cukup gila juga nih. 

Dimana untuk brainstorming pekerjaan ini sampai di produksinya yang jelas-jelas sampai hari ini kita belum jalan produksi sudah hampir 10 kali lebih gue meeting. Nah, kepikiran juga gue sama pembicaraan teman gue nih, kalau memang kondisinya seperti ini gue pasti udah mulai terganggu juga. Karena memang apa yang di bicarakan hanya bergerak sedikit-sedikit saja. Ngerti lah yah maksudnya bergerak sedikit-sedikit, yang maksudnya perubahan dari meeting satu ke meeting yang lainnya karena dia memang masih belum matang menggiring pekerjaan ini. 

Gue jadi berfikir, apa memang kawan gue pada saat itu mengalami masalah yang sama dengan gue seperti ini kali yah, sampai-sampai dia bisa mengeluarkan pernyataan ada meeting Charge. Memang kalau kita lihat dunia event, dunia produksi visual itu dinamikanya hampir-hampir sama. Dimana kita akan terlibat didalam pembicaraan diskusi untuk mematangkan pada saat produksi nantinya. Nah cuma jujur aja, dimana gue bisa menghitung pengeluaran materil dan non materil sangat banyak pada saat kita akan pergi ketempat klien tersebut. 

Karena tempat studio gue dan klien memiliki jarak yang lumayan cukup jauh ditambah lagi dengan macetnya kota Jakarta yang lo tahu sendiri lah, kayaknya memang gue mau menerapkan apa yang kawan gue terapkan juga nih. Dan memang kalau dipelajari dari susunan dari kawan gue, dimana kalau 2 kali meeting itu masih bagian dari rangkaian pekerjaan namun jika memang lebih dia kenakan charge menurut gue sih itu masih fair. 

Kayaknya memang gue harus menerapkan ini deh. Karena cukup masuk akal sih kalau gue bilang, Dimana kita sudah pasti mengeluarkan biaya pada saat kita meeting apa lagi kondisi meeting dengan hitungan yang "tidak wajar". Maka dari itu, gue kayaknya harus menerapkan aturan itu, untuk mengantisipasi klien yang hobinya meeting. 

Menurut lo gimana nih kawan ? 


Salam Kreatif 

#ariefabian

Comments