MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG EVENT

Kalau kita mendengar event, maka kita akan melihat banyak sekali pekerja yang ada didalamnya. Dimana kita bisa melihat dari mulai acaranya sampai dengan barang-barang yang ada di event tersebut. Nah, maka dari itu, gue kali ini akan menjelaskan nih, siapa aja dan apa saja sih yang ada didalam event tersebut. Yuk ikutin terus tulisan gue. 

EVENT ORGANIZER / EVENT MANAGEMENT 

Nah mendengar tentang Event Organizer maka kita akan kebayang orang yang mampui menyelenggarakan event tersebut. Mulai dari Rangkaian eventnya sampai dengan barang-barangnya. Nah tugas dari Event Organizer ini adalah memastikan bahwa segala sesuatu hal yang akan dikerjakan untuk pencapaian sukses event ini ada ditangan event organizer ini. Nah jangan salah nih kawan, event organizer ini belum tentu menyelesaikannya sendiri. Biasanya Event Orgainizer ini akan mengajak Show Management dan event support untuk membantu mereka mengerjakan event tersebut. 


Nah, jadi kalau kita berbicara tentang event organizer ini, tugas utamanya adalah mengerjakan perencanaan event, memilih Show Management, mengatur flow dari event, membuat gambar perencanaan material apa saja yang akan digunakan untuk event tersebut, sampai dengan menjalankan eventnya. 


Nah, seperti gambar diatas, dimana sebagai event organizer kita harus mampu membuat visual perencanaan beserta dengan semua design didalamnya. 

Dengan perencanaan yang dibuat oleh Event Organizer ini, harapannya adalah klien mampu memahami flow eventnya sampai dengan barang-barang yang akan digunakan pada event tersebut beserta memvisualisasikannya dalam bentuk presentasi. Event Organizer tugasnya hanya meng-organize sebuah event merencanakan dari A sampai Z tentang event yang akan dibuat. 

 

SHOW MANAGEMENT

Nah, ada lagi nih Show Management. Show Management adalah tim yang mengerjakan atau mengelola tentang Show nya. Dimana kalau ktia melihat sebuah acara, pasti dibawah dari EO tersebut akan memiliki Show Managementnya. Tugas dari Show Managemen ini adalah menjalankan Show dari awal acara sampai dengan Akhir acara diatas panggung.


Show management akan mendapatkan brief dari EO tentang rundown kasar yang sudah dibuat oleh EO, pada show management akan mengembangkan Rundown tersebut sehingga menjadi sebuah acara yang menarik. Nah itulah tugas dari Show Management. Show Management ini adalah team bukan perorangan biasanya. Didalam Show Management ini terdapat Show Director, Visual Djokey, MC Crew, Lighting Operator, Sound Operator. Nah, mereka memiliki peranan penting didalam menjalankan acara yang berada di Stage. Sedangkan Event Organizernya adalah bertanggung jawab atas keseluruhan eventnya. Nah, jadi ini dua hal yang berbeda yah. 

 

EVENT SUPPORT 

Ada lagi nih yang terakhir, Event Support. Event Support ini adalah Tim yang biasanya mengorganize semua kebutuhan dari event tersebut. Dimana didalam sebuah event banyak sekali pasti kebutuhannya.


Event Support ini adalah tim yang memang mengurusi semua perabotan yang dibutuhkan didalam event itu sendiri. Biasanya ini bagian yang di Hire oleh EO untuk mengurusi logistik dari Event ini. Sebagai Contoh LED, Stage, Backdrop, Photobooth, Kursi, Meja, dan yang lainnya. Jadi tugs si Event support ini mengurusi logistik untuk event tersebut. 


Event support ini akan meletakkan barang sesuai dnegan perencanaan yang dibuat oleh EO. Meletakkan LED, meletakkan bangku, meletakkan meja, dan seterusnya. Event support ini akan membantu EO untuk mengerjakan semua urusan logistiknya. Dia harus makesure semua barang yang dipesan dalam keadaan baik dan sesuai dengan perencanaan dari EO. 

Nah ketiga tim inilah yang berharmoni saling bahu membahu mengerjakan sebuah event. Jadi penanggung jawab acara adalah EO, penanggung jawab show adalah show management dan penanggung jawab logistik ada Event Support. 

Fabian project bisa menjalankan ketiganya. Baik menjadi EO, Show management, sampai ke event suppoernya. Tapi gue pasti berkolaborasi dengan partner-partner gue pastinya. Kalau memang Fabian Project diminta menjadi EO, maka gue akan berkolaborasi untuk show managementnya dengan teman gue, Event Supportnya bisa Fabian Project sendiri. Diminta untuk support doang, Fabian Project juga siap membantu event dari EO. 

Nah setidaknya itu sih yang gue lihat tentang Event, menarik dan memang sangat teamfull,. Dimana kerjasama, kordinasi dan komunikasi adalah hal yang sangat penting didalam mengerjakan atau menjalankan sebuah event. Bahkan tidak jarang juga kita menemui 1 event besar dikerjakan oleh 3 EO. Kerena memang itu scope nya sangat besar. 

Nah jadi, untuk Anda yang ingin membuat event, ada baiknya dulu mengerti struktur dari pengerjaan event itu sendiri. 


Salam Kreatif,
#ariefabian | Fabian Project.

Comments