MENGENAL VIDEOTRON DAN ARTI DARI P PADA VIDEOTRON

Kemarin gue baru saja selesai mengerjakan event G20 yang diadakan oleh Brin. Dimana gue menggunakan video Tron atau LED kalau gue bilang. Nah, kali ini gue ingin membahas tentang apa itu sebenarnya Videotron lalu ada juga istilah P20, P16, P10, dan seterusnya. Yuk kita bahas satu-satu. 

Apa itu videotron menjadi topik pertama yang akan kita bahas, Videotron ini pertama kalinya ramai di Indonesia sekitar 10 Tahun yang lalu. Pada saat itu videotron masih banyak digunakan untuk visual led di pinggir jalan. Lalu tidak lama, videotron ini mulai masuk ke dalam event-event. Videotron itu sendiri adalah panel layar dengan teknologi LED yang bertujuan untuk menampilkan gambar. 

Videotron ini dibagi menjadi dua sesuai dengan kebutuhan. Yaitu Indoor dan Outdoor. Jadi kedua jenis ini memiliki perbedaan pada rangkaian didalamnya. Untuk Videotron Indoor menggunakan lampu DIP dan pada outdoor menggunakan jenis lampu SMD. Jarak pandang pada indoor juga memiliki perbedaan. Untuk Indoor memiliki kerapatan pixel yang cukup baik, sedangkan indoor biasanya menggunakna kerapatan pixel yang lebih renggang. 

Nah, sekarang mari kita bicarakan P pada videotron. Biasanya kita akan mendengar tentang videotron P20, videotron P3,9, Videotron P2,5 seperti yang gue gunakan untuk event G20 di Ritz Chalton diatas, gue menggunakan Videotron P2.5. 

Nah arti dari P itu sendiri adalah Pixel sebenarnya.  Dimana P nya semakin kecil maka anda akan mendapatkan hasil yang sangat baik. Jadi arti dari P10 itu sama dengan pixel berukuran 10 mm. P2,5 berarti ukuran pixel pada panel tersebut adalah 2,5 mm. Begitupun seterusnya.

Harga LED atau videotron semakin kecil P nya sudah pasti harga sewarnya semakin mahal, atau lebih mahal. Kita bisa menyesuaikan dengan materi visual yang akan kita keluarkan. Kalau memang materi visual yang dikerluarkan Grafis-grafis saja biasanya P3,9 masih aman kok. 


Tapi kalau memang materi visual lo menampilkan slide power point atau tulisan-tulisan, kalau menurut gue sih better cari P yang lebih kecil. Tapi mau diapa-apain itu semua tergantung budget Biaya sewa LED ini biasanya dikenakan Charge per hari. Harga tergantung dari P nya. Nah kalau mau lihat pasaran harga yang sekarang bisa browsing, tapi ada baiknya juga di Kroscek sebelum menjadikan harga tersebut menjadi acuan. 

Karena gini gue kasih tau, ketika kita berbicara tentang LED atau videotron kita lihat harganya adalah Rp.500.000 per meter, maka lo jangan buru-buru masukkan harga tersebut menjadi panduan lo nanti dalam menyewa. Karena biasanya mereka akan mengenakan Charge dudukan dari LED tersebut (Rigging). Maka dari itu di Kroscek dulu, apakah memang itu harga totalnya cukup dengan Rp,500.000 saja, atau memang ada tambahan lainnya untuk RIgging, instalasi dan sebagainya. 

Dan satu hal lagi nih penting, Kalau memang ingin menggunakan LED atau Videotron pada event lo, make sure tempat pemasangannya sudah fix, atau pasti. Dimana kalau kita memang harus sudah memiliki perencanaan yang benar. 


Karena kalau kita sudah pasang itu led pada sebuah titik ditempat event Anda, terus Anda merasa kurang pas, minta di geser, menggeser LED yang sudah berdiri itu teknisnya bukan tinggal angkat lalu geser. Bisa rubuh itu rangkaian panel LED tersebut. Dalam proses memindahkan, maka kita harus copot satu persatu panel tersebut. Nah, itu jadi PR dan biasanya kalau gue sih akan gue kenakan Charge. 

Makanya biasanya, kalau memang ada yang pesan LED atau Videotron di gue, pada saat loading gue akan tanya dengan benar dan bilang ke Klien, ini adalah tempat yang akan dipasang, jika nanti kita disuruh memindahkan, maka akan kita kenakan Charge.

Nah,kurang lebih itulah cerita tentang videotron dari gue kali ini. Kalau ada yang mau bertanya-tanya silahkan tulis aja pertanyaan langsung di kolom komentar dibawah ini. 


Salam Kreatif, 

#ariefabian | Fabian Project





Comments