PENTINGNYA SURVEI LOKASI SEBELUM SYUTING

Survei lokasi merupakan hal yang tidak kalah penting sebelum produksi atau syuting. Dimana gue selalu akan melihat lokasi yang akan gue jadikan tempat syuting. Apa saja yang harus dilihat dilokasi sebelum kita syuting, yuk ikuti terus artikel gue yah. 

Lokasi syuting merupakan tempat yang akan kita gunakan untuk syuting kita. Gue biasanya melihat tempat ini terlebih dahulu sebelum melakukan syutingnya. Dimana gue bisa membayangkan tempatnya, matahari dari sebelah mananya, lalu merencankan set yang akan gue gunakan. 

arie fabian

Sebagai contoh pada saat gue mau syuting BPS. Gue akan melihat lokasi dan dimana aja tempat yang akan gue jadikan set untuk syuting kita. Jadi gue akan baca storyboardnya atau storyline yang udah dibuat, maka gue akan tentukan titik mana saja yang akan gue gunakan untuk set lokasi syutingnya. 

Kalau sudah tahu set nya, maka gue akan berkomunikasi dengan cameramen dan DOP untuk me marking set nya agar dia tahu dimana dia akan mengambil kameranya. Kita bisa tentukan sejak dari awal, jadi pada saat syuting kita tidak lagi mencari set yang akan kita gunakan.

Arie fabian

Gue gak mau saat kita sudah mulai syuting kita masih mencari set yang tepat, walau kita sudah mendapatkan lokasi untuk syutingnya. Kalau kita baru mencari set nya di Hari H maka itu sudah pasti akan banyak buang waktu. Pada saat syuting kita sudah banyak berurusan dengan jadwal orang banyak. Ada jadwal talent, ada jadwal klien, dan jadwal orang lainnya yang terlibat didalam film kita nanti. Maka dari itu, gue sangat menghargai waktu mereka, makanya gue selalu persiapkan dengan baik, jadi begitu mereka datang dan sampai dilokasi, maka sudah tidak ada lagi kita mencari-cari set yang akan kita gunakan. 

Khusus pada kandang sapi seperti gambar diatas, gue melihat area untuk pengambilan gambarnya haruslah di siasati. Makanya gue banyak berdialog kepada DOP gue untuk bisa melihat lebaran tempatnya, itu agar bisa menyiasati lensa apa saja yang harus kita persiapkan. 

arie fabian

Selanjutnya ada kebun hydroponik. Ini juga bisa dibilang harus banget kita siapkan lensa-lensa yang memadai untuk mengambil di set ini. Gue dan DOP terus melihat marking yang akan gue gunakan di tempat kebun hydroponik ini. 

Dengan persiapan yang matang, sudah melihat set sebelum melakukan produksi, maka kita harusnya tinggal produksi saja di hari H. Maka jika sudah demikian, gue udah bilang persiapan syuting atau produksi sudah 90% dan siap untuk kita lakukan syuting. 


Terima kasih sudah berkunjung ke Blog gue. Sehat selalu buat pembaca blog gue, dan salam Kreatif selalu. Mari kita terus berkarya dan terus mengembangkan kreatifitas kita untuk Indonesia. 


#ariefabian

Comments