WAJAH BARU SARINAH

Beberapa waktu lalu gue kebetulan meeting diseputaran Sarinah. Dan gue penasaran juga nih ingin melihat seperti apa sekarang dalamnya. Karena memang seperti yang kita tahu, Sarinah beberapa waktu yang lalu dipugar kembali oleh Bapak Erik Tohir dan belum lama juga sudah bisa dikunjungi nih sekarang. 

Cukup lumayan keren sih. Memang mau diapa-apain gedung sarinah ini merupakan salah satu gedung yang bersejarah di Kota Jakarta. Sekarang ini jika kita masuk kedalam, maka kita akan mendapatkan pahatan batu yang berkesan tradisional sebuah karya yang keren banget. 

Sarinah


Selain itu juga, kita akan bisa melihat beberapa foto dan dokumen tentang Sarinah dari masa ke masa. 

Sarinah

Kalau berbicara tentang Sarinah nih, maka yang ada dikepala gue adalah Hardrock Cafe nya dan MC D nya. Siapa yang punya ingatan yang sama kayak gue nih. He he he. Nah ketika gue masuk ke Sarinah lagi, nuansa etnik nya memang sangat berasa sekarang ini. Satu apresiasi yang keren sih kalau menurut gue.

Sarinah

ADA SATU YANG KEREN DI SARINAH nih, ini yang membuat gue berkesan dengan karya seni yang satu ini. Coba lihat deh gambar dibawah. 

Sarinah

Sarinah

Kalau melihat gambar diatas, kira-kira kita akan membayangkan apa ? lukisan ? sudah pasti lukisan. Memang kalau difoto nampak seperti lukisan. Tapi memang ini adalah satu karya yang dibuat dengan menggunakan jala (hampir seperti benar kenur) yang dibentuk sedemikian rupa hingga berbentuk seperti gambar diatas. 

Sarinah

Sarinah

Nah kelihatan jelas kan sekarang. Coba lihat pada bagian gambar atas, itu adalah rangkaian jala yang membentuk seperti lukisan. Keren banget, dan gue gak kebayang gimana bikinnya. 

Sarinah

 Kita sudah kehilangan pasar Raya di blok M yang menjual segala kerajinan khas Indonesia. Mudah-mudahan Sarinah ini akan selalu tetap menjual karya-karya lokal kita. Nah, makanya tuh, buat lo yang katanya cinta budaya kita sendiri, coba dong belanja di Sarinah. Dengan begitu para pengrajinnya akan terus bisa berkarya.

Pada bagian bawah, kita akan disajikan beberapa hasil karya dari Negeri kita sendiri. Dimana kita bisa melihat beraneka ragam tenun dan songket beserta dengan baju yang memang melambangkan tradisional kita banget. 

Sarinah

Nah, kurang lebih seperti itulah Sarinah sekarang ini dengan wajah barunya. Tapi memang karena gue cuma mampir saja, jadi gue gak eksplore sampai ke lantai dua dan seterusnya. Cuma memang gue melihat karya jala tadi makanya akhirnya gue mampir kedalam. 


Salam Kreatif, 

#ariefabian




Comments