TIPS UNTUK MEMBELI HARDISK (Pengalaman Pribadi)


Yup bener banget nih sob, kali ini gue akan membicarakan tentang pengalaman gak enak gue didalam membeli sebuah hardisk. Yuk cekidot. Beberapa waktu yang lalu gue membeli hardisk di sebuah marketplace nih sob. Karena pengalaman inilah akhirnya gue jadi dapat kejadian buruk banget dan sangat tidak menyenangkan. Dan inilah yang mau gue share ke sobat-sobat kalian semua, agar kalian tidak mengalami hal yang sama dengan yang gue alamin nih. 

Beberapa waktu yang lalu gue udah ngobrol nih sama bini gue, bahwa gue lagi butuh hardisk yang memang kegiatan gue sekarang banyak mengerjakan konten-konten untuk sosial media klien di #fabianproject

Nah, lo udah tau lah yah, kalau main di video ini, memang hardisk ini jadi boros. Lalu gue bilang gue butuh sementara yang 2 TB aja deh, karena sementara untuk sebulan gue rasa cukup lah 2 TB. 

Ngomong harga, gue udah jawab pertanyaannya dia nih, harga di kisaran 1 jt an. Okeh, kata bini gue seraya dengan dia mulailah memulai keahliannya dalam berselancar di toko-toko. 2 hari kemudian lalu bilanglah dia ke gue, bahwa hardisk udah dipesan yah.Oh, oke, lalu gue lanjutkan tanya kedia, kapa mesannya ? jawaban dari dia kemarin. Oooo gue menjawab. 

Berselang 3 hari gue tanya lagi nih, kok belum sampai, lalu dia bilang hardisknya udah dikirim dari Jakarta Barat terus sekarang posisi barangnya udah di Tangerang. Nah, gue agak bingung tuh, kenapa gue di Tangerang selatan, dikirimnya ke Tangerang Kota. Tapi dia menjelaskan tentang teori distribusi dan gue males mikirnya yah sudah lah yah. Anggap aja gue paham, SKIP. 

Pas hari ini idul Adha, hardisk itu tibalah dirumah. Lalu gue kaget nih liat kemasannya. Cekidot nih sob dibawah ini. 


Yang pertama kardusnya aneh, lalu gue langsung tanya lagi, ini beli baru bun ? gue nanya sama bini gue dong. Iya, jawabnya. Gue agak garuk kepala sih, jujur aja ini membagongkan. Oke lah, gue coba skip lagi nih masalah kemasan, gue buka, didalamnya gak ada walet-nya. Ini menambah variabel-variabel kebingungan gue didalam otak.

Hah, mungkin ini memang konsekwensi beli 2 TB lah. Gue beli biasanya memang yang 4 TB, jadi gue skip lagi nih sob. Lalu kejadian berikutnya gue colok lah di Kompi gue, JReeeeeng, nongol tuh drive baru. Hmmm ... okelah, gak masalah sama walet, gak masalah sama kemasan yang penting hardisknya nyala alias bisa alias ke detect sama kompi gue. 

Gue mulailah memindahkan data yang membuat beberapa hardisk gue. Jadi gue pengen hardisk yang baru gue ini memback up data klien gue dan akan gue simpan. Jadi gue mau pilih-pilih dulu deh data klien mana aja yang mau gue back up. 

Nah, gue lakukan pemanasan dulu nih sob, dengan mengirim file kecil kedalam drive yang baru tersebut. Alhasil berhasil gue kirim jpg. Lalu tahap kedua gue mulai deh kirim video, disini ada keanehan lagi nih sob. Kok transfer data kecepatnnya cuma 2.4 Mb, dan lama banget untuk mengirim file 4 GB. Maksud gue, lamanya ini bukan waktu yang normal seperti gue mengirim data ke hardisk sebelumnya,

Lalu gue tanpa sadar memindahkan file compro gue dan beberapa klien gue yang dalam bentuk Pdf yang mana menurut gue ini udah selesai dikerjakan, tapi ini baru yang dalam bentuk Pdf, belum video nih. Dasarnya semua file terpindah semua, mana gue cut lagi. setelah ada di drive yang baru gue cek lagi untuk membuka file tersebut. Dan jeng-jeng filenya dibilang corupt. Wah ini mah fix gue harus tanya nih ke bini gue. 

 "Bun, ini beli hardisk harganya berapa ?" itu murah yah, lagi diskon jadi 350 rb, WOWWWWWWWWWWWW gue kayak kesamber gledek rasanya. Gue bilang kalau sampai segitu harganya ini pasti sampah yang dikirim, bukan barang bener. Gue udah mengedepankan apatis kalau memang ada barang yang berani mengasih diskon sampai segitu miringnya, karena kalau memang itu bener, pasti otak orang itu miring deh, yakin. 

Gue lanjutkan untuk mengecek serial numbernya, dan BENG ... bener dah, ini gak terdaftar serial numbernya. DAMN ..... DATA compro gue, oh my .... 

 

Nah dari cerita diatas berikut beberapa clue dari gue. 

1. Kalau ada barang di Marketplace menjual barang dengan harga yang tidak normal, kedepanin nih rasa curiga lo dan kalau gue sih jujur, cenderung gue gak mau beli. Periksa dulu harga pasaran barang yang sama, apakah itu masuk akal menurut lo. Kalau harga beda dari kompetitor seribu dua ribu, itu sih wajar aja. Sampai 100 rb itu masih gue normalin, tapi kalau kayak kasus gue dari harga 1 jt jadi 350 rb, itu ajaib barangnya. 

2. Gue suka membeli hardisk merk WD atau Western Digital. Karena memang gue udah punya penglaman panjang sama produk ini. Dan gue tahu lah standard dari produk ini. Biasanya didalam kemasannya ada dompet dari hardisk tersebut dan pasti dompetnya itu keren atau minimal gue bilang layaklah. Maka dari itu kenalilah dulu produk yang biasa lo pakai, kalau bisa memang gunakan satu merek aja nih pren. Jadi lo tau lah kualitasnya. Gue gak menganjurkan lo buat pakai WD cuma kebetulan aja gue punya experience ini. 

3. Data itu sangat penting. Data yang gue kirim ke drive baru gue pindahin lagi ke hardisk sebelunnya, dan tetap menjadi corupt, gue fikir yang disono aja bisa corupt, hardisk juga bisa corupt nih sob sama data gue. Nah kalau bisa sih kalau lo beli hardisk dan mau coba, masukin dulu file yang gak penting, kalau bisa sih video. Karena nanti kita akan melihat tuh normalnya mengirim data gede ke hardisk yang baru. Untuk tambahan informasi, saat ini kecepetan transfer data udah ada di 240 Mb, nah kalau kasus gue diatas, 2.5 Mb, itu aneh sih. Karena proses memindahkan datanya jadi lama banget. Nah saran gue, kalau udah begini mending jangan lo terusin deh mindahin datanya. Daripada lo cemplungin data penting lo kesitu dan akhirnya corupt, bisa gawat. 

Nah, kalau menurut gue sih 3 hal itu tuh yang harus difikirin. Mudah-mudahan lo gak ngalamin masalah kayak gue yah sob. Sebelum membeli teliti harganya. Mending gak percaya kalau murah banget. Dan gue bisa jamin nih cerita selanjutnya, kalau barang ini di complain, maka akan sangat sulit. dan pasti akan gue complain. Udah ah sob, segitu dulu. Makasih yey udah baca blog gue.

 

Salam kreatif,
#ariefabian

Comments