Mengatasi Gagal booting Windows pada PC

 

Kembali lagi gue utarakan, bahwa ini adalah pengalaman pribadi. PC gue mengalami hal demikian boot yang lama banget sampai tidak bisa masuk ke windows. 

Pada saat gue mengalami ini, maka gue dari awal udah curiga dengan SSD yang gue gunakan sebagai Drive C, tapi karena memang gue udah lama gak ngoprek komputer, maka tetaplah gue kembali memanggil sang ahli dimana itu adalah seorang teknisi komputer. 

Begitu teknisi datang, gue menunggu dia menganalisa apa masalahnya. Setelah dia cek, lalu dia mulai menyimpulkan bahwa masalah ini ada pada SSD yang terisi windows. 

Kenapa bisa sama ? 

Jadi pemikiran gue gini, setiap komputer dinyalakan, maka proses pertama yang dilalui oleh PC tersebut, maka PC akan masuk kedalam Bios. Lalu setelah BIOS, maka proses booting langsung mencari kemana dia akan mencari perintah selanjutnya.

Perintah selanjutnya ada pada proses susunan booting seperti yang ada pada BIOS. Kalau kita membuka BIOS kita, maka kita bisa melihat ada susunan booting yang tersusun, boot pertama kemana, kedua kemana dan seterusnya. 

Biasanya orang akan menyusin, booting setelah bios diarahkan kepada hardisk yang memiliki sistem operasi. Baik itu Windows, Linux, Unix, dan sebagainya. Nah, kalau dari proses bios itu nyangkut tidak bisa masuk kedalam windows, itu hampir bisa dipastikan bios tidak bisa mencari system operasi, dan kalau tidak bisa menemukan sebuah system operasi, maka itu artinya hardisk Andalah kendalanya. 

Karena kalau kita lihat, proses gambar seperti gambar diatas (Tulisan Gigabyte) menandakan VGA Anda tidak bermasalah, karena ada gambarnya. Kalau bicara memory, toh proses booting berjalan sampai masuk menampilkan gambar, kalau memang memory Anda yang bermasalah, maka kita tidak dapat menjumpai gambar seperti diatas, Biasanya komputer akan berbunyi BEEP. 

Nah makanya gue bisa menyimpulkan kalau itu adalah SSD nya, Jadi buat lo yang mengalami hal yang sama, siap-siap aja ganti Hardisk Anda terutama Drive C. 

 Dan siap-siap data yang ada di Drive C hilang semua. Kalau gue, dari awal windows tegak berdiri di PC, gue gak pernah menyimpan data di C. 

Nah, kira-kira hari ini gue mau sharing ini nih men temen. Terima kasih buat lo yang udah membaca tulisan dari pengalaman gue ini. Sehat selalu buat lo semua, salam kreatif. 

 

#Ariefabian

Comments