Cara mengurus sim card pada saat kehilangan Handphone

Hari kemarin gue mengalami kesialan, dimana gue kehilangan handphone selepas gue pergi selesai ngobrol dengan kawan gue di coffee shop. Bukan salah coffee shopnya, memang guenya aja yang teledor lupa pada saat selesai berbincang dan pergi meninggalkan tempat tersebut. Dan akhirnya gue jadi punya pengalaman bagaimana cara mengurus sim card jika kita kehilangan handphone. Buat lo yang baru mengalami hal yang sama cekidot aja nih pengalaman gue. 

Ada dua masalah nih dalam pengalaman gue kali ini. Yang pertama adalah membeli handphone barunya, dan yang kedua adalah melaporkan kartunya. Nah, pada saat ke-esokan harinya gue bangun tidur jam 11 siang. Pada saat hari ini adalah hari sabtu. Gue cuma langsung ngecek ke Laptop gue, XL Center buka hari sabtu sampai jam berapa. Ternyata setelah gue cek, XL center buka hari sabtu sampai jam 13.00 siang. Karena sekarang sudah jam 11 gue butuh waktu siap-siap, maka yang pertama gue kejar adalah melaporkan kehilangan kartu dulu baru membeli handphonenya. 

Alhamdulillah, sampai di XL Center gue masih jam 12.10 siang. Ambil no antrian dan langsung dilayani dengan baik oleh para CS mereka. Gue seneng sih menggunakan XL ini, karena memang pelayanan mereka pada saat seperti ini sangat cepat. 

Gue menggunakan kartu XL ini sudah lebih dari 10 tahun, jadi gue langsunglah lapor kepada CS-nya tentang kehilangan kartu ini. 


PROSES PENGGANTIAN KARTU SIM CARD 

Pada saat diproses penggantian kartu, CS menanyakan gue tentang KTP. Setelah KTP gue langsung diminta untuk menyebutkan No KK (kartu Keluarga) gue. Nah, jadi, kalau lo kehilangan kartu atau handphone lo, maka yang lo harus siapkan pada saat ingin melaporkan kepada Service Center Sim card anda maka Anda harus membawa KTP dan foto KK (Kartu Keluarga). Karena memang mereka membutuhkan no KK nya saja bukan fisiknya. 

Masalah yang gue hadapi adalah, pada saat gue registrasi, kartu XL sepuluh tahun yang lalu, gue menggunakan KK yang lama. Nah, data KK yang gue bawa adalah data KK yang baru, dan akhirnya gue harus menelpon kerumah untuk bertanya kepada orang rumah tentang no KK yang lama. 

Nah, ini fatal nih pren, kalau memang kita tidak bisa menunjukkan no KK yang lama, maka kartu gue akan hilang selamanya. Nah, buat lo yang masih baru-baru registrasi kartu sim card lo, dan sekiranya lo pakai dalam waktu yang lama, maka no KK saat itu harus di Save nih pren di email Anda, agar gak kejadian kayak gue. 

Setelah gue dapat KK yang lama, maka semuanya menjadi lancar kembali. Dan akhirnya pengurusan kartu gue selesai. 


PROSES PENGGUNAAN SIM CARD BARU.

Nah, setelah gue mendapatkan kartu sim card yang baru, maka gue langsung jalan ke toko handphone untuk membeli HP yang baru.

Setelah gue mendapatkan Handphone-nya, gue langsung memasang kartu baru yang gue dapat dari XL Center. Lalu gue pasangkan di Handphone barunya, langsung gue aktifkan dan masuk ke google lagi. Lalu gue install aplikasi-aplikasi. Sampai di aplikasi whats app, maka gue harus meminta kode OTP dari Handphone gue. Nah, disini gue inget nih sama yang dikatakan oleh CS dari XL Center tadi, kalau kartu baru, maka kita bisa baru mendapatkan kode OTP 24 jam dari kartu tersebut terbit. Itu artinya gue gak bisa pakai whats app sampai waktu esok hari dijam yang sama saat gue diberikan kartu baru gue dengan nomer yang lama gue. 


KESIMPULAN

Ada dua hal yang penting dari pengalaman gue, yang pertama kalau lo kehilangan sim card lo, dan ingin melaporkan kepada Service Center lo, maka jangan lupa bawa KTP dan KK, karena itu yang dibutuhkan untuk kelancaran mengganti kartu. 

Yang kedua, kalau lo masukkan kartu tersebut di Handphone lo, maka lo harus nunggu 24 jam untuk bisa mendapatkan kode OTP nih pren. 


Nah, jadi lo kudu sabar-sabar deh 1 hari untuk tidak bisa menggunakan aplikasi yang membutuhkan kode OTP. Kalau cuma instagram sih aman, dan beberapa sosial media lainnya juga masih aman selama dia tidak meminta kode OTP lo sudah bisa langsung menggunakan. 

Terima kasih sudah membaca blog pribadi gue yah pren. Kalau memang bermanfaat dan ada teman lo yang membutuhkan informasi ini, maka sebarkanlah kepada dia, agar dia bisa lancar mengurus penggantian kartu Sim card dia. 


Salam Kreatif,
#ariefabian

Comments