TIPS MEMBUAT FOTO BAGUS

 

Nah, mau tahu gak tips-tips membuat foto keren ? Kalau ada yang mau tahu, silahkan ikuti tips gue berikut ini. 


Kita sering sekali melihat, orang kok bisa yah memoto sebuah produk dengan bagus, hampir sempurna, terus bagaimana caranya mereka bisa sekeren itu ? 

Nah, oke sekarang gue coba buka nih tips-tipsnya. Bagaimana cararanya membuat foto yang bagus dan keren itu. 


JAM TERBANG SANGAT MEMPENGARUHI

Banyak orang yang bilang ke gue, kalau lo bilang jam terbang mempengaruhi, berapa fotografer muda atau pemula gak bakal bisa dapat kerjaan dong ? 

Maksudnya gak begitu. seorang pemula pun buat gue kalau lo gigih berjualan pasti lo dapat klien kok. Cuma menyesuaikanlah yah. Dimana kita bisa mengukur apa yang kita bisa kerjakan compare dengan klien yang kita bidik. Kalau buat gue, jam terbang sangat mempengaruhi dari si fotografer. Maksudnya bukan jam terbangnya menangani klien walau itu juga bisa. 

Namun jauh yang paling penting disini yang gue maksud adalah jam terbang membaca lo, jam terbang exolore lo dan jam terbang experiment lo. Jadi baca yang banyak, nonton yang banyak, eksplorasi yang banyak dan lakukan percobaan yang banyak. Coba buktikan apa yang lo tonton bisa lo buat persis dengan apa yang kita jepret. Lihat deh mulai dari komposisinya, lightingnya sampai dengan property dari produk yang kita foto. 

Kalau gue passion di foto produk, maka gue pelajari semua faktor yang mendukung untuk membuat produk itu menjadi keren. 


Kalau semua yang gue bilang diatas udah lo coba, maka terakhir lo belarjar storytelling nya. Dimana foto yang lo mau buat menceritakan apa.


BAKAT ATAU HARUS KURSUS ?

Gue gak percaya bakat, atau lebih tepatnya orang yang mempunyai bakat sekalipun dia tidak mau explore pasti hasilnya nol. 


Walau gue pernah melihat ada seseorang yang memang memiliki insting yang bagus, dia megang kamera, jepret dan hasilnya keren, tapi tetap saja, kalau dia tidak terus dukung dengan eksplorasi yang banyak, maka dia akan menghasilkan gambar seperti hafalan. Dia ngambil angle dari situ-situ aja, dia komposisinya begitu-begitu aja, monoton. 

Harus tetap eksplorasi yang banyak kalau menurut gue. Kalau bicara harus kursus. nggak selalu bener juga teori itu. Kecuali kalau memang uang lo berlebih bisa kursus yah gak ada salahnya juga. Cuma kursus bukan satu-satunya jalan kita untuk bisa menjadi seorang fotografer profesional. Gue juga banyak temen yang tidak kursus dia bisa jadi fotografer Profesional. Kembali lagi itu semua tergantung dari daya juang dan daya jelajah lo, segiat apa. 

Kalau memang setiap hari lo kulik tutorial, video fotografer profesional, dan terus mencoba dengan kamera lo, maka insha Allah hasilnya bisa sama dengan orang yang kursus. Oh iya satu lagi, fotografer itu komunitasnya kuat banget. Kalau memang lo gak sanggup untuk kursus, carilah teman yang memang pernah kursus atau sedang kursus, kulik saja ilmunya dari dia., hasilnya bisa sama. 


HARUS MEMILIKI KAMERA

Kalau yang satu ini kayaknya gak bisa ditawar deh, Kalau buat gue, memiliki kamera sendiri itu wajib ketika Anda memang ingin belajar fotografi. Setiap kamera berbeda-beda karakternya, setiap kamera juga berbeda-beda fitur dan tombol-tombol pengaturannya. Jadi minimal kalau memang lo punya kamera sendiri, lo sangat menguasai kamera lo. 

Kalau memang awal-awal, membeli kamera yang low end masih aman kok. Yang terpenting lo sangat menguasai merk kamera yang lo punya. Someday, jika Anda dapat project, maka Anda bisa menyewa kamera yang memang tipe pada merk Anda yang lebih tinggi. 

Sementara itu dulu tips dari gue, buat lo yang mau nambahin silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah. Thanks udah baca blog gue, salam kreatif. 

#ariefabian

Comments