Membuat company Profile Saat sekarang ini

 

Ketika jaman terus berubah, maka cara kita mempresentasikan sesuatu menurut gue juga harus berubah. Dimana kita harus bisa beradaptasi dengan apa yang sedang terjadi, kalau tidak begitu, maka kita akan ketinggalan, begitu juga dengan company profile untuk perussahaan Anda. 

Masih menggunakan lembar presentasi atau masih menggunakan slide power point yang dimana kita akan menceritakan kepada calon client kita dengan cara menjelaskan banyak hal itu sih kalau menurut gue cara lama.

Ada cara yang lebih baru, dimana kita bisa langsung play dan kita putarkan materinya dengan menggunakan video, lalu kita tinggal jelaskan tambahan kepada calon client kita. Dengan begitu kita bisa menghemat kertas, paperless dan juga tidak perlu banyak slide dan menjelaskan panjang lebar. 



Kita tinggal putar saja video profile kita, dan setelah selesai viedeo kita putar, langsung kita bertanya kepada klien kita, apakah kita jadi bekerja sama. Simple dan yang pasti semua marketing akan lebih efisien dalam mengerjakan pekerjaannya. 

Video yang memiliki durasi tidak lebih dari 3 menit ini akan sangat membantu kita untuk mempresentasikan siapa dan semua tentang Perusahaan kita. Kita bisa langsung menjelaskan kantor kita dimana dengan menunjukkan suasana kantor kita, dan juga kita bisa memperlihatkan pekerjaan-pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Semuanya bisa kita rangkum didalam video yang kita presentasikan. 

Ini akan membuat keseragaman dalam menjelaskan dari klien 1 kepada klien lainnya, dan juga dari setiap marketing kita yang bekerja.

Dan saran dari gue, jika memang lo mau buat video seperti ini, jangan buat durasi yang terlalu panjang. Buatlah durasi yang maksimal 3 menit, dan selebihnya silahkan Anda loby calon klien Anda dengan ajakan Anda. 

Dengan pembuatan company profile Perusahaan Anda menggunakan video, dapat menambah kepercayaan diri Perusahaan Anda. Pada saat proses pembuatannya, jangan terlalu berlebihan. Kalau buat gue, mending dress up ruangan kantor atau keseluruhan kantor lo dari pada menyewa kantor orang lain pada saat proses syuting. Karena biar bagaimanapun, kalau memang klien ingin mensurvei kantor Anda maka akan sama dengan video yang Anda presentasikan. Kalau berbeda apalagi sangat jauh perbedaannya, maka klien Anda akan menganggap Anda telah membohongi mereka, dan itu akan menjadi penilaian tersendiri bagi awal kerjasama Anda dan klien Anda. 

Begitupun dengan workshop Anda atau ruang produksi Anda. Jangan ditampilkan yang bukan sebagaimana mestinya. buatlah semuanya real dan memang benar begitu kenyataannya. Karena itu semua kembali lagi akan dinilai oleh klien Anda. 

Usahakan membuat video company profile Anda dengan jelas. Jangan selalu berpatokan kepada 5W+1H karena itu akan membuat video anda menjadi tidak kreatif, Usahakan semuanya mampu dimengerti oleh klien Anda. 

Harap selalu diingat, sekarang ini adalah eranya tiktok, dimana kita bisa melihat semua kebiasaan baru, kalau tayangan yang mereka tonton durasinya pendek-pendek. Maka dari itu seperti yang diatas gue bilang, maksimal 3 menit itu sudah sangat ideal, jangan lebih dari 3 menit karena pengalaman gue menonton sebuah video presentasi lebih dari 3 menit itu sangat membosankan. Maka dari itu kurang dari 3 menit itu sangat ideal bagi Anda untuk membuat video company profile Anda. 

Jadi ganti deh company profile Anda sekarang, jangan terus menggunakan materi yang konvensional, beradaptasilah kepada dunia baru yang digemari oleh masa sekarang, karena seperti yang kita tahu, marketing pada saat ini, sudah banyak diisi oleh kalangan milenial. Dan ketika kebiasaan mereka menonton video, lalu anda menyajikan dalam bentuk PPT atau power point, begitu teramat tersiksanya dia mendengarkan presentasi Anda. 

Anda memiliki pengalaman dengan tulisan saya, silahkan share dikolom komentar. Salam Kreatif, 

#ariefabian

Comments