MENGUPAS KOTA DEPOK DENGAN SEJARAH BELANDANYA DI FILM PENDEK PERTAMA GUE.

Beberapa waktu ini gue ikutan festival film pendek Jawa Barat. Gue mengambil lokasi Depok yang masih merupakan daerah Jawa Barat. Pada film pendek ini, gue mau bercerita sedikit tentang kota Depok dari sisi sejarahnya. Alhasil, gue eksplore kota Depok dan melakukan riset kecil-kecilan. 

Kota Depok diwarnai dengan sejarah Belanda yang memang sangat kental. Kalau kita berjalan di sekitaran jalan pemuda dan dibelakang Rs. Hermina kota Depok, maka kita akan banyak menjumpai beberapa bangunan yang memang memiliki sejarah dengan Belanda. Ketertarikan gue mengambil judul Belanda Depok karena memang cerita ini sangat menarik buat gue. 


Di Kota Depok juga memiliki YLCC, Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein, disinilah kita bisa menggali tentang sejarah Bangunan Belanda yang banyak di kota Depok. Gue telusuri siapa itu Chastelein dan pengaruhnya terhadap kota Depok. Ternyata memang seru seperti dugaan gue. 

 

Memainkan sejarah lewat anak-anak

Sejarah kota Depok ini akan gue sematkan didalam cerita anak. Dimana gue akan membuat 2 karakter yang memang saling bermusuhan. Satu karakter Perempuan yang memiliki keturunan Belanda dan satu lagi adalah karakter anak yang kakeknya dulu pejuang yang mati di tangan Belanda. Dasar konflik gue buat dari situ. 

Si anak perempuan memiliki nama tengah Casthelein yang membuat karakter pria sangat benci karena memang dia mendengar bahwa kakeknya yang seorang pejuang mati di medan perang waktu jaman penjajahan Belanda. Nah gue kemas sedemikian rupa, sampai akhirnya si karakter perempuan mampu menceritakan tentang sejarah kota Depok dan diapun sebenarnya sangat nasionalis. 

Film pendek yang rencananya akan gue buat memiliki durasi 24 menit, yang nantinya akan gue upload di youtube setelah masa festivalnya selesai. Dan sampai saat ini gue masih terus menggali lebih dalam lagi agar film ini bisa menjadi informasi ringan seputar sejarah kota Depok. 


Gue udah hunting untuk rumah yang rencananya akan gue gunakan untuk keperluan syuting yang memang memiliki keturunan Belanda. Karena keturunan Belanda maka rumahnya juga harus rumah Belanda. Kebetulan pada saat gue survei, rumah ini sedang digunakan untuk syuting juga. 

Begitu juga degan sekolahnya, gue juga udah dapat lokasinya. Sambil menggali informasi saat ini gue juga sedang mengurus perizinan. 

Awalnya gue memilih kota Depok karena memang dekat dari tempat studio gue. Tapi setelah gue susuri beberapa sejarah kota Depok ini, gue jadi tertarik. Gue rencananya akan beraudiensi dengan Walikota Depok yang sedang gue buat perencanannya. Setelah matang, gue akan maju ke Bapak Walikota. 

Bercerita lewat film pendek memang menjadi tantangan tersendiri buat gue. Dimana ini adalah film pendek pertama gue yang akan gue buat. Selain dengan menggali ceritanya, disisi lain gue juga banyak meminta masukan dari para sutradara-sutradara kawan-kawan gue agar bisa membuat film ini menjadi bagus dan enak di tonton.

Nanti kalau sudah jadi, gue akan ceritakan kembali di blog gue ini. Terima kasih buat yang sudah membaca blog gue ini. 


Salam Kreatif, 
#ariefabian

Comments