HARI NI, BERANILAH "MENCOBA"

Gue udah kasih tanda kutip tuh yah dengan berani mencobanya. Anak-anak muda saat ini haruslah memiliki mental berani mencoba. Karena memang dari mencoba kita akan mendapatkan pengalaman yang tidak pernah kita bayangkan pada saat kita merencanakan. Gue selalu mencontohkan kepada adik-adik gue bahwa tidak ada yang pernah salah dengan lo coba-coba. 

Karena jujurnya gue bisa bilang, masa mereka sekarang dan yang akan datang adalah masa yang sangat sulit sekali dan haruslah kreatif. Kita tidak bisa dengan biasa-biasa saja untuk menghadapi masa mereka yang akan datang. Kenapa demikian ? karena memang masa mereka sekarang ini adalah masa dimana semua orang memiliki kesempatan yang sama. Informasi yang sama, dan memang ilmu yang sama. Sama-sama nonton youtube kok. 

Tanpa kita hilangkan, youtube bisa menjadi media belajar mereka yang sangat baik. Kalau jaman gue dulu mencari informasi masih dengan cara membaca, banyakin buku, dan selalu ke Gramedia untuk bisa membaca banyak buku dan hanya membelinya satu buku. Karena memang sumber informasi adanya hanya di toko buku. 

Internet memang era gue sudah ada, tapi sangat sulit sekali mencari informasi dengan pembelajaran visual seperti saat ini. Dimana pada saat jaman gue, tutorial design, tutorial animasi masih sangat sedikit sekali refrensinya. Walaupun Internet sudah ada. Setiap kali gue ketik di google cara belajar photoshop, maka yang keluar sudah bisa dipastikan itu adalah artikel. Nah, membaca didepan pc sangat memerlukan niat yang cukup berat kalau buat gue. Karena kembali lagi, Handphone belum bisa optimal didalam melakukan koneksi ke Internet. 

BPS Video

Berbeda sekali bukan dengan jaman sekarang. Dimana kita bisa mencari informasi apapun yang kita inginkan, dan bentuknya sudah banyak sekali dalam media video. Itu artinya, kita tidak perlu membaca, hanya menonton dan mereka semua sudah mempraktekkan caranya. 

Nah, cuma saja apa yang kita tonton belum tentu berani kita lakukan. Ketika kita ingin menjadi seorang designer, kita akan mencari tahu semua tentang Design. Baik dari Softwarenya, sampai dengan apa itu designernya sendiri. Cuma setelah kita sudah mengetahuinya, mencoba itu menjadi bagian yang tidak pernah ada diajarkan oleh youtube, karena itu dari dalam diri kita sendiri.

Lo berani maka lo akan coba, kalau gak berani, seumur hidup lo akan menonton youtube saja. Sambil berkata, semuanya gampang ternyata, tapi semuanya tidak ada yang pernah lo coba juga. 

Nah, jadi coba deh, berani mencoba adalah kunci dari lo mulai melangkah dari langkah pertama ke langkah kedua. Berhasil atau gagal akan menjadi ilmu lo selanjutnya. Banyak gue lihat pada adik-adik gue dalam banyak hal mereka bisa menjawab pertanyaan dari gue. Tapi kenyataannya mereka gak berani jalan sendiri dan akhirnya minta gue temenin. 

Dan memang gue sih selalu senang banget bisa berkolaborasi dengan adik-adik gue. Walaupun gue tahu, mereka pasti diujungnya tidak akan kuat, dan bener memang, karena mereka masih banyak membayangkan teori ideal tanpa harus melihat banyak hal pada saat lo membangun sesuatu. Jadi perspektifnya akhirnya berbeda, mereka ingin menguji teori mereka lewat kaki gue yang melangkah, tapi mereka gak tahu sebenarnya gue yang dapat ilmu barunya. Karena mereka gak melewati fase bertahannya. 

Tapi lagi-lagi gue bilang, gue akan tetap selalu senang apapun jadinya. Karena buat gue, sebagai abang gue udah bisa memberikan mereka pandangan bagaimana sebenarnya menjadi kreatif itu sendiri tanpa mereka sadari. 

Jadi hari ini, beranilah mencoba. Coba, coba dan coba lagi, gue sih saranin cobain bro, daripada nanti nyesel, Kalau gue sih gak mau nyesel ide yang gue buat ternyata berhasil dikerjakan oleh orang lain. Ide gue harus langsung gue eksekusi, jaman sekarang ini sih kita gak bisa menginkubasi ide kita lama-lama. Keburu dijalanan orang nantinya.


Salam Kreatif, 

#ariefabian

 

 

 

Comments